'PENGABDI SETAN' Sukses Besar, 'Ibu' Harus Berterima Kasih pada Netizen

Jum'at, 20 Oktober 2017 09:18 Penulis: Mahardi Eka
'PENGABDI SETAN' Sukses Besar, 'Ibu' Harus Berterima Kasih pada Netizen Rapi Films

Kapanlagi.com - Film PENGABDI SETAN benar-benar "meneror" penonton. Bagi yang akan menonton, sudah menonton, atau akan menonton lagi, film ini memberikan bekas dalam benak para penonton. Sensasi menonton itu menular dari satu penonton ke penonton yang lain hingga menurut data yang tercatat di filmindonesia.or.id* PENGABDI SETAN terjual tiketnya sebanyak 2.820.681 tiket dalam 19 hari penayangan.

Film Joko Anwar ini telah menjadi film horor terlaris sepanjang sejarah perfilman tanah air. PENGABDI SETAN berhasil melampaui DANUR (I CAN SEE GHOST) garapan Awi Suryadi yang sebelumnya terjual 2.736.157 tiket. Bahkan jika mengacu pada informasi dari akun Instagram Joko Anwar***, film ini telah terjual tiketnya sebanyak tiga juta lebih dalam 21 hari penayangan. 

*filmindonesia.or.id merilis update per pekan. Data di atas diambil per Senin, 16 Oktober 
**data didapat dari internal Rapi Film

Bukan rahasia lagi bila penonton Indonesia punya kegemaran lebih untuk menonton film horor di bioskop. Dalam top 10 film terlaris berdasarkan data filmindonesia.or.id, ada empat film horor yakni PENGABDI SETAN, DANUR, JAILANGKUNG, dan THE DOLL 2. Dua tahun terakhir, meski film horor tidak berjaya seperti tahun ini, ada THE DOLL (2016) dan TAROT (2015) yang berhasil masuk 15 film terlaris. Namun, suksesnya PENGABDI SETAN tahun ini patut diamati karena punya pencapaian berbeda dibanding DANUR dan JAILANGKUNG. 

Kesuksesan PENGABDI SETAN sedikit banyak disebabkan oleh kalian, para netizen. Tak bisa dipungkiri aktivitas netizen baik di media sosial, portal video dan di situs berita dalam membicarakan film ini cukup tinggi. Di YouTube saja ada sebanyak 10.900 konten video yang menyertakan keyword Pengabdi Setan 2017 di dalamnya. Video tersebut secara beragam telah ditonton mulai dari puluhan ribu kali sampai jutaan kali. Trailer resmi yang dirilis Rapi Films saja telah ditonton sebanyak 4,3 juta kali. 

Nah, sumbangsih apa saja yang sejatinya telah kalian (para netizen) lakukan hingga PENGABDI SETAN sukses seperti sekarang ini? Berikut ini pengamatan kami. 

Mampu Menyentil Kreativitas Netizen

Sebelum filmnya dirilis, Joko Anwar (dan tim promosi filmnya) sudah mulai mencolek-colek netizen untuk mengarahkan perhatian mereka pada film barunya. Caranya adalah bermain dengan materi poster mereka. Judul PENGABDI SETAN memang ngeri-ngeri sedap. Selain membuat bulu kuduk merinding, judulnya ini punya potensi untuk diutak-atik. Joko dan tim pun pasti sadar bahwa netizen Indonesia tidak ada duanya dalam hal meramaikan jagad media sosial (masih ingat Om Telotet Om kan?)

Joko membuka sayembara (sekaligus tantangan) untuk para netizen supaya berkreasi dengan poster PENGABDI SETAN. Alhasil jika dihitung ada puluhan hingga seratus lebih poster-poster yang sudah disunting bersliweran di linimasa media sosial seperti Twitter dan juga Instagram. Bukannya menjaga nuansa horor, netizen justru bermain-main membuat judulnya menjadi lucu, di antaranya Pengabdi Autan, Pengap di Kostan, sampai Pengabdi Mantan. 

Apakah netizen justru makin penasaran dengan film horor ini? Tidak ada yang tahu saat itu. Yang pasti, PENGABDI SETAN sudah mendapat banyak like, comment, re-tweet, re-post dari sayembara mini ini. Itu sudah menjadi awal menjanjikan bagi Joko dalam meraih perhatian penonton yang tentunya sebagian besar adalah mereka yang suka menjelajah internet.

Salah satu poster plesetan PENGABDI SETAN. foto: Twitter/@ridoarbainSalah satu poster plesetan PENGABDI SETAN. foto: Twitter/@ridoarbain



Meme Ibu PENGABDI SETAN

Setiap film horor pastilah punya sosok sentral dan mengerikan. Dalam film ini, sosok yang punya peran demikian adalah Ibu (diperankan Ayu Laksmi). Mulai dari poster hingga trailer memberi clue bahwa sosok Ibu adalah biang rasa takut dalam filmnya. Bahkan tagline filmnya sendiri "Ibu datang lagi" yang mengerucutkan rasa penasaran penonton kepada sosok ibu dalam filmnya nanti. 

Sekilas tentang ibu dalam film ini. Dikisahkan sang ibu sakit dan tidak bisa beranjak dari tempat tidur. Untuk beraktivitas di rumah saja, sang ibu harus meminta bantuan anak-anaknya dengan cara membunyikan lonceng. 

Bersamaan dengan diputarnya film PENGABDI SETAN di bioskop, Joko sekali lagi menggelitik dengan mengunggah foto adegan ibu yang sedang duduk di ranjang. Foto ibu yang sangat pucat tersebut disertai dengan tagar #ibusudahbisa. 

"Meme itu kebetulan aku sendiri yang buat idenya. Aku kasih satu gambar dan bilang pindahin ibu dong soalnya dia udah kelamaan di ranjang. Aku rasa penonton itu kalau diikutsertakan dalam suatu campaign, mereka akan merasa ini film bareng-bareng. Kita nggak mau men-treat penonton sebagai konsumen aja," ungkap Joko. 

Seperti halnya posternya diubah dengan beragam versi, begitu pula gambar Ibu langsung disulap oleh para netizen dengan beragam versi. Ada yang sedang melakukan yoga, ada yang sedang main lompat tali, atau bahkan sedang naik kano bersama dengan Bu Susi, menteri kita. Dari tagar #ibusudahbisa di Instagram saja, ada seribu lebih post yang meramaikannya. Itu belum termasuk unggahan tanpa tagar, atau dengan tagar yang lainnya.

Di situs KapanLagi.com saja beberapa berita foto yang membahas tentang meme ibu dan trivia tentang ibu dalam filmnya dibaca sebanyak 226.550 kali. Jika dijumlah dengan berita dari situs lain dan juga unggahan pribadi di media sosial dan blog, silakan dihitung sendiri.

Tagar #IbuSudahBisa di InstagramTagar #IbuSudahBisa di Instagram

Sosok mengerikan yang kemudian dibuat jadi meme ini mengingatkan kita dengan meme Valak dari THE CONJURING 2 tahun lalu. Hantu dengan penampilan seperti suster dan juga wajah putih pucat mengerikan itu dibuat guyonan di media sosial. Bagaimana tidak, kalau Valak muncul di kaleng biskuit Khong Guan. Saat itu viralnya meme Valak berkorelasi positif dengan penjualan tiket bioskopnya. Apakah meme ibu pun demikian. Dengan melihat gencarnya meme ibu dan melihat jumlah penjualan tiketnya, aman rasanya mengatakan bahwa hasil yang sama diperoleh PENGABDI SETAN.

Sosok Ibu yang Jadi Hantu

PENGABDI SETAN dirilis berdekatan dengan film horor asal Amerika Serikat, IT. Film horor tersebut juga menonjolkan sosok mengerikan sebagai sosok antagonisnya. Sosok tersebut berwujud badut, namanya Pennywise. Hampir sama seperti Valak dan Ibu PENGABDI SETAN, Pennywise juga ramai bersliweran di internet. Secara komersil, film IT juga sukses. Namun, di mata penonton Indonesia, badut Pennywise kalah seram dibandingkan sosok Ibu. Selain karena penonton lebih mudah dibikin berteriak oleh sosok hantu lokal, sosok Ibu punya keunggulan lain. 

Selain wujudnya yang mengerikan, penonton diajak untuk berempati dengan tokoh Rini, ayah, dan adik-adiknya. Sehingga rasa takut yang muncul menjadi lebih kompleks sebab sosok hantu yang adalah bagian dari keluarga. Beda halnya dengan Valak dan Pennywise yang muncul tiba-tiba secara misterius, sosok Ibu punya sejarah dan kedekatan sendiri dengan para tokoh-tokoh dalam film PENGABDI SETAN. Hal itu membuat rasa takut yang muncul bukan semata takut saja melainkan juga penasaran, ragu, dan bisa jadi kecewa dan sedih. Benarkah begitu? Tanya kepada jutaan penonton yang sudah pergi ke bioskop dan menyaksikan kisahnya. 

Ramai-Ramai Video Pengabdi Setan

Saat mengetik kata "pengabdi setan 2017" di situs YouTube muncul lebih dari sepuluh ribu video yang mengandung kata kunci tersebut. Joko dan tim tahu bahwa untuk meraih perhatian penonton salah satu caranya adalah dengan eksis lewat konten-konten video. Beberapa tahun terakhir, studio pembuat film sudah paham tentang hal tersebut dan selalu merilis teaser, trailer, behind the scene, hingga exclusive interview di akun resmi YouTube mereka. Itulah juga yang dilakukan oleh PENGABDI SETAN. 

Tidak hanya itu, PENGABDI SETAN pun menggandeng YouTuber yang punya subscriber jutaan untuk turut "bersuara" tentang filmnya, salah satunya adalah Raditya Dika. Perlahan, PENGABDI SETAN mengamplifikasi pembicaraan tentang filmnya lewat video-video yang berbeda. Perlu diamati juga bahwa Rapi Films boleh dikatakan rajin dalam mengupdate info lewat video-video pendek dalam akun resmi mereka. 

Bermula dari strategi di atas, PENGABDI SETAN menjadi topik pembahasan panas di YouTube. Baik media massa, YouTuber, vlogger, beauty blogger hingga reuploader ramai-ramai membahas PENGABDI SETAN. Bahkan tidak sedikit yang nakal dengan memakai keyword satu ini untuk menjebak netizen ke dalam video tipuan mereka. 

Foto: YouTube.com/RadityadikaFoto: YouTube.com/Radityadika

Lokasi Syuting Ternyata... Angker

Netizen tidak hanya ramai membahas sisi instrinsik filmnya lho. Yang ekstrinsik juga nggak kalah ramai diperbincangkan. Salah satunya adalah kabar seputar keangkeran rumah tempat lokasi syutingnya. Joko dan tim sengaja memilih rumah tua di daerah Pengalengan, Jawa Barat untuk menampilkan kesan angker ala era 80-an.

Lokasi rumah ini pun jauh dari pemukiman dan nampak tidak layak huni. Itulah yang makin menguatkan Joko dan tim untuk menjadikan lokasi tersebut sebagai rumah utama. Terlebih lagi, rumah ini sudah dicap angker oleh warga sekitar. Warga enggan melewati rumah yang terletak di atas bukit tersebut dan memilih untuk melewati jalur lain. Kabarnya ada beberapa penampakan hantu belanda yang sering muncul di rumah tersebut.

Ada sosok yang mengawasi dari balik jendela © Ghost Photography CommunityAda sosok yang mengawasi dari balik jendela © Ghost Photography Community

Ada sosok yang mengawasi dari balik jendela © Ghost Photography Community

Cerita dari mulut ke mulut ini lantas berhembus pula di media sosial serta diberitakan di banyak media. Alhasil, keangkeran rumah tempat lokasi syuting PENGABDI SETAN ini menjadi viral. Bahkan, sampai ada tur keliling rumah tersebut yang dibuka untuk umum. Sekali lagi, netizen berjasa dalam menggaungkan tentang PENGABDI SETAN.

Hingga hari ini, PENGABDI SETAN masih tayang di bioskop-bioskop banyak kota. Belum ada pesaing yang punya kans menandingi viralnya promosi film satu ini. PENGABDI SETAN pun dilirik oleh para sineas dan pelaku perfilman. Film horor ini diganjar dengan 13 kategori, termasuk kategori utama yakni Film Terbaik dalam Festival Film Indonesia 2017.

Kita tunggu saja apakah PENGABDI SETAN berhasil melampau WARKOP DKI REBORN: JANGKRIK BOSS PART 2 yang tercatat telah terjual tiketnya sebanyak 4.083.190. Jika saat itu datang, tunggulah 'ibu' datang untuk berterima kasih kepada kalian. Hihihihi... 

PENGABDI SETAN masih berjaya

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING