FILM INDONESIA

Teaser Trailer 'A MAN CALLED AHOK' Sajikan Sepenggal Kisah Ahok

Jum'at, 07 September 2018 11:23 Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

Cast 'A MAN CALLED AHOK' © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Sebuah film biopik karya anak negeri akan segera tayang. Berjudul A MAN CALLED AHOK film ini diangkat dari adaptasi buku karya Rudy Valinka dengan judul yang sama. Bercerita tentang kisah perjuangan karir Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok dari Belitung hingga ke Jakarta yang penuh ketulusan.

Kemarin (6/9) film ini baru saja mengeluarkan official teasernya lewat kanal YouTube. Disutradarai oleh Putrama Tuta dan dibintangi oleh Daniel Mananta sebagai Ahok, seperti apakah jalan ceritanya?

Film ini dimulai dengan disorotnya alam Belitung yang indah. Dengan lahan hijau yang luas dan danau kecil di sekitarnya. Kisah ini dimulai dengan sebuah wejangan Denny Sumargo yang berperan sebagai ayah Ahok. "Kalau nak berburu harimau, ajak saudara sekandung. Kalau kau berburu dengan saudara sekandung, walau berhadapan dengan harimau ganas, dia ndak akan lari," ujarnya.

1. Wejangan sang ayah

Wejangan lain muncul. Berbeda dengan wejangan pertama yang menyarankan Ahok untuk berkerjasama dengan saudara-saudaranya, wejangan ke dua menyarankan Ahok untuk menjadi laki-laki yang berprinsip.

Bukan tanpa alasan, wejangan semacam ini rupanya juga dipegang teguh oleh sang ayah. Sebuah cuplikan sikap tegas sang ayah melawan kecurangan di wilayahnya yang menunjukkan betapa sang ayah tidak hanya menyuruh tapi memberi teladan bagi anak-anaknya.

2. Lawan sistem busuk

Suatu ketika sang ayah diceritakan berpulang ke rumah Tuhan. Tapi tidak dengan nilai-nilai kehidupan yang ia tanamkan pada anak-anaknya, termasuk Ahok. Nilai-nilai ini dipegang teguh oleh Ahok.

Ia berjuang keras untuk melawan sistem busuk yang berlangsung di daerahnya, Belitung, seperti  yang dilakukan oleh ayahnya semasa hidup. Tujuannya jelas, membuat perubahan. Sebuah quote yang menunjukkan betapa tegasnya Ahok dalam menumpas sistem busuk. "Gue yang sikat itu maling-maling!" katanya.

3. Pelayan Belitung Timur

Tak berhenti sampai di situ. Ucapannya ini ia buktikan dengan sungguh-sungguh. Hingga suatu saat ia berjuang untuk membangun tanah kelahirannya, Belitung, dengan jalan menjadi politisi yang tak segan terjun ke lapangan.

Sebuah kutipan dari orang terdekatnya yang diperankan oleh Edward Akbar, suami Kimberly Ryder. "Aku ndak akan pilih kau sebagai pemimpin, Hok. Tapi untuk jadi pelayan Belitung Timur, kau orang pertama yang akan kupilih," jelasnya.

4. A MAN CALLED AHOK

Dan lagi, wejangan sang ayah mengingatkannya untuk terus berjuang dengan tulus. Ahok terngiang nasihat almarhum ayahnya, "Jangan pernah berhenti mencintai negeri ini, Hok."

Benar saja, Ahok terus berjuang hingga akhirnya menapakkan kakinya ke tanah Jakarta. Lalu bagaimanakah kelanjutan ceritanya? Diperankan oleh Daniel Mananta, Denny Sumargo, Edward Akbar, Eriska Rein hingga Sita Nursanti, film A MAN CALLED AHOK akan segera tayang di bioskop-bioskop kesayangan kalian. Jangan lupa nonton ya!

5. Surat dari Ahok

Bentuk apresiasi Ahok mengalir untuk film ini, terutama untuk Daniel Mananta yang memenkan dirinya pada dilm ini. Secarik surat dibagikan oleh Daniel Mananta lewat akun Instagramnya. Secarik surat dengan tulisan tangan Ahok terlihat di sana beserta sebuah ayat Alkitab sebagai penyemangat.

Untuk Daniel Mananta "Ahok"

Sehat dan sukacita menyertai hidupnya.

"Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu... Dan bersyukurlah." Kolose 3:15.

Pada bagian akhir surat ini tertulis tanggal dan tempat surat ini ditulis. Tertulis, "Mako Brimob, 23-3-2018." Itu artinya surat ini telah ditulis 6 bulan yang lalu dari tempat Ahok ditahan selama ini.

(Credit video: YouTube.com/The United Team of Art)

 


REKOMENDASI
TRENDING