FILM INTERNASIONAL

8 Rekomendasi Film Tentang Kiamat yang Menegangkan, dari Perubahan Iklim Ekstrim - Kepunahan Manusia

Senin, 28 November 2022 19:44 Penulis: Dhia Amira

Rekomendasi Film Tentang Kiamat (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Film menjadi sebuah hiburan yang banyak dipilih untuk mereka yang sedang membutuhkan hiburan. Ada banyak sekali genre film yang dibuat, salah satunya genre dengan mengambil tentang kisah akhir dunia. Seperti, beberapa rekomendasi film tentang kiamat ini.

Ya, rekomendasi film tentang kiamat ini bukan hanya akan menghibur, namun juga banyak adegan yang menegangkan. Kisah uniknya juga menjadikan beberapa rekomendasi film tentang kiamat ini menjadi salah satu film yang cukup populer.

Berikut ini daftar rekomendasi film tentang kiamat yang bisa KLovers tonton. Ada film dengan kisah bencana alam, hingga virus zombie. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. DEEP IMPACT (1998)

Rekomendasi film tentang kiamat yang pertama yaitu ada film DEEP IMPACT, yang tayang pada tahun 1998. Walaupun ini menjadi salah satu film lawas untuk bencana alam, namun patut kalian tonton. Di awal kisah, kita akan ditunjukkan seorang astronom amatir remaja bernama Leo Beiderman sedang berada di sebuah pesta bintang bersama teman-temannya. Ia mengamati dan menangkap sebuah objek tak dikenal di langit malam.

Hasil pengamatan langsung ia kirimkan kepada astronom senior bernama Dr. Marcus Wolf. Sang doktor pun melihat hasil pengamatan Leo, kaget karena objek tak dikenal tersebut adalah sebuah meteorit super besar yang sedang mengarah dan siap menghantam bumi. Dr. Marcus segera pergi ke dinas antariksa dengan membawa hasil penelitian Leo. Namun di perjalanan ia mengalami kecelakaan dan tewas.

Setahun kemudian di tahun 1999, seorang jurnalis dari stasiun televisi MSNBC bernama Jenny Lerner sedang menyelidiki seorang Menteri Keuangan bernama Alan Rittenhouse yang dicurigai memiliki simpanan wanita bernama 'Ellie'. Namun Jenny shock ketika mengetahui bahwa Ellie itu bukanlah manusia. Namun Extinction Level Event atau peristiwa tingkat kepunahan.

Presiden mengungkapkan bahwa Amerika Serikat dan Rusia telah membangun sebuah pesawat ruang angkasa paling canggih bernama Mesias. Pesawat tersebut akan mengangkut tim terpilih untuk diterbangkan ke angkasa dan mencoba untuk mengubah jalur komet dengan bom nuklir. Hal itu diharapkan bisa menyelamatkan bumi dari tumbukan dengan batu meteor.

2. THE DAY AFTER TOMORROW (2004)

Rekomendasi film tentang kiamat yang kedua ada film berjudul THE DAY AFTER TOMORROW yang tayang pada tahun 2004 silam. Film ini mengangkat isu tentang pemanasan global. Dikisahkan situasi bumi yang tertimpa musibah badai salju dahsyat akibat pemanasan global.

Ironisnya, bencana tersebut sudah terlebih dahulu diprediksi dan teruji berdasarkan sains. Namun, masih banyak orang yang meragukan bahkan menertawakan. Ya, tak saja menyuguhkan kengerian, THE DAY AFTER TOMORROW juga jadi media kritik untuk mereka yang memandang isu pemanasan global secara sebelah mata.

3. KNOWING (2009)

Selanjutnya ada film KNOWING yang menjadi rekomendasi film tentang kiamat, yang tayang pada tahun 2009 silam. Film ini dibuka dengan kisah pada 1985, seorang siswi bernama Lucinda Embry tengah mengikuti acara pembukaan sekolah. Dalam acara ini semua siswa, termasuk Lucinda, diminta menggambar hal apapun yang kira-kira akan terjadi 50 tahun ke depan.

Semua siswa menggambar hal unik dan lucu khas anak-anak kecuali Lucinda. Lucinda menuliskan sejumlah angka acak di dalam kertas lalu memasukkan kertas tersebut ke dalam kapsul yang sediakan guru. Kapsul ini kemudian ditanam di lingkungan sekolah untuk dibuka kembali di masa depan. 50 tahun kemudian, tepatnya pada 2009, sekolah tersebut mengadakan perayaan 50 tahun hari jadi.

Semua siswa diminta untuk membuka kapsul yang ditanam di sekolah dan membacakan isinya. Kapsul milik Lucinda ditemukan oleh anak laki-laki bernama Caleb Coestler yang tidak bisa memahami isi dari angka yang tertulis dalam kertas. Suatu hari, ayah Caleb, Prof.John Coestler tak sengaja melihat angka dalam kertas itu dan menjadi tertarik.

John mencoba menyusun angka-angka tersebut dan ternyata isinya adalah sebuah ramalan bencana. Angka-angka tersebut merupakan sebuah kode tanggal, lokasi kejadian, serta jumlah korban beberapa bencana yang terjadi di tahun tersebut. Seperti bencana meledaknya bom di menara WTC, Badai Katrina, hingga peristiwa kecelakaan pesawat yang belum lama terjadi.

Dan yang paling mengejutkan, adanya ramalan peristiwa kiamat berupa serangan badai matahari yang akan menghancurkan bumi beserta seluruh isinya. Menyadari adanya ancaman kiamat di bumi, John pun memutuskan mencari tahu keberadaan Lucinda. Guna memastikan ramalan ini dan juga mencari cara agar bencana kiamat ini bisa dicegah.

4. 2012 (2009)

Ingat dengan isu kiamat tahun 2012 yang sempat menghebohkan? Pada tahun itu, isu kiamat tersebut menjadi kontroversi. Banyak yang tak percaya, tapi tak sedikit pula yang meyakini. Berangkat dari isu kiamat tersebut, film 2012 kemudian diproduksi.

Film 2012 memberikan gambaran kiamat yang lebih mirip musibah maha dahsyat. Musibah besar terjadi menimpa bumi secara misterius, dan manusia berusaha menyelamatkan dirinya. Menariknya, kiamat atau musibah besar dalam film bencana alam ini merupakan hal yang telah diprediksi sebelumya.

Sehingga, langkah-langkah penyelamatan telah dipersiapkan. Namun sematang-matangnya persiapan, musibah dahsyat tetap jadi hal yang susah dilawan. Dan menjadi salah satu rekomendasi film tentang kiamat yang sayang untuk kalian lewatkan.

5. THE BOOK OF ELI (2010)

Kemudian ada film THE BOOK OF ELI yang tayang pada tahun 2010 silam. Berbeda dengan film-film sebelumnya, film ini sudah memperlihatkan bagaimana kehancuran bumi dan cara untuk menyelamatkannya. Film THE BOOK OF ELI mengisahkan pasca perang besar yang berkecamuk, dunia dilanda kehancuran total.

Di mana-mana yang ada hanyalah puing-puing bekas gedung-gedung dan manusia terpaksa harus kembali ke awal peradaban untuk kembali membangun peradaban yang telah mereka hancurkan sendiri ini. Salah satu dari beberapa orang yang berhasil selamat dari perang adalah Eli.

6. SAN ANDREAS (2015)

Film SAN ANDREAS juga masuk ke dalam rekomendasi film tentang kiamat yang selanjutnya. Film SAN ANDREAS ini mengambil latar belakang tentang bencana alam yang penuh aksi mendebarkan. Di mana para pemainnya terdiri dari Dwayne Johnson, Carla Gugino, Alexandra Daddario dan lainnya.

Film ini berkisah mengenai bencana alam gempa bumi yang terjadi di Los Angeles. Ray Gaines seorang pilot berusaha menyelamatkan keluarganya yang terjebak dalam bencana gempa bumi berkekuatan 9.1 skala richter. Setelah berhasil menemukan sang istri, keduanya lalu mencari keberadaan anak mereka.

Namun tantangan kembali muncul saat helikopter mereka bermasalah bahkan terjadi lagi bencana gempa bumi sekaligus tsunami. Dan menjadi salah satu rekomendasi film tentang kiamat populer yang sayang untuk kalian lewatkan.

7. I AM LEGEND (2007)

Film I AM LEGEND adalah salah satu film zombie terbaik yang dibintangi oleh aktor ternama Hollywood, Will Smith. Will Smith menjadi satu-satunya survivor bersama anjing setianya dalam film ini. Uniknya, para zombie dalam film ini digambarkan hanya keluar saat malam hari saja, karena zombie-zombie tersebut takut dengan cahaya matahari.

Dalam film I AM LEGEND ini, Will Smith berperan sebagai pria bernama Robert Neville yang menghabiskan hari-harinya untuk mencari makan dan keperluan lain, serta mencoba menemukan vaksin yang bisa melawan virus mengerikan itu dan melanjutkan eksistensi manusia di muka bumi. Dan menjadi rekomendasi film tentang kiamat yang sayang untuk kalian lewatkan.

8. GEOSTORM (2017)

Dan rekomendasi film tentang kiamat terakhir yaitu, ada film berjudul GEOSTORM yang tayang pada tahun 2017. Film ini mengisahkan tentang perubahan iklim yang dahsyat membahayakan kelangsungan hidup Bumi, pemerintah dunia bersatu dan menciptakan Program The Dutchman, yaitu sebuah satelit bersih di seluruh dunia, mengelilingi planet ini.

Satelit tersebut dipersenjatai dengan teknologi geoengineering yang dirancang untuk mencegah bencana alam. Setelah berhasil melindungi planet ini selama dua tahun, sesuatu mulai menjadi salah. Dua saudara laki-laki yang terasing ditugaskan untuk menyelesaikan kerusakan program sebelum Geostorm di seluruh dunia dapat menelan planet ini.

Itulah beberapa rekomendasi film tentang kiamat yang bisa KLovers tonton. Bukan hanya seru saja, namun juga begitu menegangkan.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING