DREAMWORKS Ada di Ambang Kebangkrutan?

Jum'at, 23 Januari 2015 16:32 Penulis: Fitrah Ardiyanti
DREAMWORKS Ada di Ambang Kebangkrutan? DreamWorks / © DreamWorks Animations SKG®
Kapanlagi.com - DreamWorks Animation punya beberapa isu besar, salah satunya adalah kebangkrutan yang mulai mengancam, seiring dengan meruginya studio ini dalam beberapa tahun terakhir. Masalah ini membuat perusahaan mengumumkan rekonstruksi besar-besaran produksi film mereka mendatang. Mereka mengurangi output dari tiga film dalam setahun menjadi hanya dua film.

Seperti yang dilansir Coming Soon, Bonnie Arnold dan Mireille Soria telah ditunjuk sebagai Co-Presidents of Feature Animation at Dreamworks yang baru dan mereka dituntut untuk mampu mengubah studio demi masa depan. Tapi apa yang membuat DreamWorks Animations sampai mengalami krisis? Well, yang paling bisa disalahkan adalah RISE OF THE GUARDIANS, TURBO , dan Mr. PEABODY & SHERMAN. Mengapa? Karena tiga film tersebut telah merugikan studio sebesar US$ 153 juta atau setara 2 triliun rupiah!

RISE OF THE GUARDIANS, menghabiskan dana dua kali lipat dari anggaran yaitu 3 triliun rupiah. Sayangnya, film ini nggak berhasil balik modal, padahal biaya pembuatan dan promosinya sangat tinggi. RISE OF THE GUARDIANS menyusul jejak SINBAD: LEGEND OF THE SEVEN SEAS yang juga menguras kantong DreamWorks.

RISE OF THE GUARDIAN yang bikin DreamWorks merugi / © DreamWorks Animations SKG®RISE OF THE GUARDIAN yang bikin DreamWorks merugi / © DreamWorks Animations SKG®

Namun itu bukan yang terakhir. TURBO juga gagal memenuhi ekspektasi DreamWorks ketika gagal unggul pada pasar internasional. Dan kerugian ini semakin menjadi ketika Mr. PEABODY & SHERMAN juga tak balik modal tahun lalu yang membuat DreamWorks Animations harus kehilangan 741 miliar rupiah. Walaupun THE CROODS dan HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 2 menjadi hits pada 2013 dan 2014, namun dua film ini tak mampu menutupi kerugian atas tiga film sebelumnya.

Atas kerugian ini, 500 orang pekerja DreamWorks harus diberhentikan untuk menutupi defisit. Jeffrey Katzenberg, DreamWorks Animation’s Chief Executive Officer, dengan tegas menyatakan bahwa masa depan perusahaannya masih tetap aman. DreamWorks masih berharap bisa kembali bukan hanya selangkah, namun dua langkah ke depan.

Dalam jangka tiga tahun ke depan DreamWorks hanya akan fokus dalam enam film. KUNGFU PANDA 3 dan TROLLS yang akan dirilis pada 2016, BOSS BABY dan THE CROODS 2 yang akan dirilis pada 2017, dan LARRIKINS serta HOW TO TRAIN YOUR DRAGON 3 yang dirilis pada 2018. Tidak ada keterangan lebih lanjut tentang beberapa film yang pernah diumumkan sebelumnya seperti MUMBAI MUSICAL, MADAGASCAR 4, PUSS IN BOOTS: NINE LIVES dan 40 THIEVES. Film-film ini rencananya akan tayang pada 2017 dan 2018. Namun sepertinya semua dibatalkan. DreamWorks berharap mampu meraih keuntungan dengan film HOME yang akan dirilis 27 Maret mendatang.

(cin/tch)

REKOMENDASI
TRENDING