Fakta-Fakta Unik 'GREEN BOOK', Film Pemenang OSCAR 2019

Rabu, 27 Februari 2019 10:16 Penulis: Editor KapanLagi.com
Fakta-Fakta Unik 'GREEN BOOK', Film Pemenang OSCAR 2019 GREEN BOOK © Universal Studios

Kapanlagi.com - GREEN BOOK, film yang sukses meraih banyak penghargaan. Tak diduga dapat mengalahkan banyak film populer seperti A STAR IS BORN, BLACK PANTHER, dan BOHEMIAN RHAPSODY. GREEN BOOK membuktikan jika mereka layak disaingkan meskipun memiliki rating yang tidak terlalu tinggi.

Selain mendapat banyak prestasi, film garapan Peter Farrelly yang berdurasi 130 menit ini juga hangat diperbincangkan karena menyimpan kontroversi. Lalu apa saja fakta-fakta unik dibalik film tersebut?

GREEN BOOK © Universal StudiosGREEN BOOK © Universal Studios

1. Berangkat dari Kisah Nyata

Film produksi Participant Media dan DreakWorks Picture itu mengangkat kisah nyata tentang persahabatan beda ras dari Don Shirley dan Tony Valleonga. Seorang pianis kulit hitam ternama kelas dunia keturunan Amerika dan Afrika, bersama pria kulit putih asal Bronx yang merupakan sopir sekaligus bodyguard berdarah Amerika dan Italia.

Cerita dimulai pada tahun 1962 ketika mereka melakukan perjalanan menuju Deep South, sebuah daerah selatan Amerika Serikat tempat Shirley akan melaksanakan tour dimana penduduknya juga terkenal rasis seperti sopirnya, Tony.

GREEN BOOK © Universal StudiosGREEN BOOK © Universal Studios

2. Cast yang Mantap

Bintang film yang ikut mewarnai film ini diantaranya Mahershala Ali dan Viggo Mortensen. Keduanya adalah aktor yang memiliki karir cemerlang dalam dunia peran. Pasalnya, mereka merupakan aktor pemenang dan nominator ACADEMY AWARDS. Mahershala Ali, seorang aktor yang memenangkan penghargaan OSCAR ketika membintangi MOONLIGHT dan HIDDEN FIGURES berperan sebagai Don Shirley, sedangkan Viggo Mohertensen yang masuk dalam nominasi OSCAR ketika beradu akting di EASTERN PROMISE dan THE LORD OF THE RINGS memerankan Tony Vallelonga dalam film GREEN BOOK.

GREEN BOOK © Universal StudiosGREEN BOOK © Universal Studios

3. Proses Syuting, Viggo yang Perfeksionis

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan nyata, proses pembuatan film GREEN BOOK sepenuhnya dilakukan di Louisiana. Mereka menggunakan lokasi New York hanya satu hari, yakni saat adegan Tony berhenti untuk istirahat di kamar mandi. Selain itu, sutradara Peter Farrelly juga memaparkan bahwa ketika syuting Viggo Mortensen melakukan adegan minum susu hingga tiga kali. Hal itu dilakukan karena Viggo yang perfeksionis tidak suka dengan caranya ketika memegang minuman.

GREEN BOOK © Universal StudiosGREEN BOOK © Universal Studios

4. Pendapatan Luar Biasa

Siapa sangka film drama komedi ini dapat meraih keuntungan hingga US$ 3 juta. Film yang menghabiskan dana sekitar US$ 23 juta tersebut, berhasil mendapatkan total US$ 26 juta lebih sejak rilis pada 11 September tahun lalu. Ketika menduduki urutan ke-22 di Box Office, GREEN BOOK telah memperoleh US$ 320 ribu dan US$ 5,5 juta saat di posisi kesembilan.

GREEN BOOK © Universal StudiosGREEN BOOK © Universal Studios

5. Sempat Medapat Penolakan

Tak terduga, rupanya film GREEN BOOK sempat mengalami penolakan dari keluarga Don Shirley karena mereka menganggap hubungan Shirley dan Tony Vallelonga hanya sebatas atasan dan bawahan. Namun, semuanya terelakan ketika muncul rekaman wawancara Shirley pada awal tahun yang mengungkap bahwa mereka bersahabat. Bahkan ternyata persabahatan mereka telah terjalin lebih dari 50 tahun, setelah melakukan perjalanan selama dua bulan mereka kembali bekerja sama dalam tour sekitar satu tahun dan berakhir ketika Don Shirley akan tour Eropa. Itu karena Tony menolak untuk jauh dari keluarganya, hingga akhir hidupnya mereka hanya terpisah tiga bulan di tahun yang sama yakni 2013.

GREEN BOOK © Universal StudiosGREEN BOOK © Universal Studios

6. Diperankan Keluarga

Pantas saja dalam proses syuting, Nick Vallelonga putra dari Tony Vallelonga. Kerap kali meneteskan air mata karena penggambaran yang didapatkan begitu nyata, sangat dekat dengan tokoh aslinya. Pasalnya dalam film GREEN BOOK keluarga Tony sebagian besar langsung diperankan oleh keluarga asli Tony sendiri. Tak heran, hingga saat ini film tersebut berhasil membawa 38 piala dari 102 nominasi yang diterima.

Mahershala Ali saat menerima penghargaan OSCAR 2019 © OSCARMahershala Ali saat menerima penghargaan OSCAR 2019 © OSCAR

7. Memborong Penghargaan

Dalam ajang GOLDEN GLOBE 2019 film GREEN BOOK berhasil meraih tiga penghargaan untuk nominasi Best Screenplay dan Best Picture Musical or Comedy, serta Best Supporting Actor untuk Mahershala Ali. Tak cukup itu, film tersebut kembali memenangkan banyak penghargaan dari OSCAR 2019 sebagai Best Picture, Best Original Screenplay, dan Best Supporting Actor untuk aktor yang sama. Mengalahkan beberapa film bergengsi seperti A STAR IS BORN, BLACK PANTHER, dan BOHEMIAN RHAPSODY

 

Penulis: Annesa K. Ramadhany

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING