Fakta Mencengangkan di Balik Pembuatan Animasi Disney 'MOANA'

Senin, 28 November 2016 10:52 Penulis: Agista Rully
Fakta Mencengangkan di Balik Pembuatan Animasi Disney 'MOANA' © Disney

Kapanlagi.com - Disney kembali menghadirkan film animasi baru tahun ini, MOANA. Bukan Disney namanya kalau tidak menghadirkan karakter dan kemasan baru pada setiap animasi yang mereka buat. Kali ini, Disney mengangkat karakter utama gadis asli Hawaii yang jarang dimunculkan sebelumnya, kecuali pada animasi LILO & STITCH.

Moana, merupakan proyek Disney untuk mengeksplorasi sejarah, budaya, dan cerita rakyat laut Polinesia. Tokoh utama dari animasi ini adalah seorang manusia setengah dewa, Maui (didubbing oleh Dwayne Johnson) dan seorang gadis Hawaii bernama Moana (didubbing oleh Auli'i Cravalho) yang berarti lautan.

Selain latar belakang ceritanya yang berbeda, film yang juga digarap oleh kreator FROZEN dan ZOOTOPIA ini juga memiliki fakta-fakta unik di baliknya lho. Apa saja sih yang perlu kamu tahu di balik pembuatan film MOANA ini? Simak dulu yuk!

MOANA, film animasi Disney yang menggunakan pengisi suara termuda © Disney MOANA, film animasi Disney yang menggunakan pengisi suara termuda © Disney

1. Riset untuk pembuatan animasi MOANA sudah dilakukan sejak tahun
2011

Disney selalu dikenal matang dalam mengerjakan suatu proyek, termasuk
proyek animasi MOANA ini. Untuk menghadirkan budaya dan kebiasaan yang nyata dari masyarakat Polinesia, Disney rela mengerahkan tim observasi tiga kali dalam tiga tahun untuk melakukan riset. Riset pertama dikirim untuk meneliti latar belakang geografis. Mereka dikirim ke pulau Fiji, Bora Bora, Tahiti, dan Samoa agar didapatkan gambaran lokasi yang real. Trip pertama untuk riset animasi ini dilakukan pada Oktober 2011, lalu riset untuk musik dan budaya dilanjutkan pada Maret 2014, dan trip terakhir diadakan pada November 2014. Niat banget ya?

2. Kisah MOANA berasal dari sejarah

Kisah MOANA dipercaya terjadi pada 2.000 tahun yang lalu. Hal ini didasarkan pada sejarah ketika bangsa Polinesia menjadi bangsa petualang paling terkenal sedunia. Dulunya, mereka hanya menggunakan rasi bintang dan arus laut untuk berpetualang. Sayangnya, legenda ini menghilang begitu saja setelah 1.000 tahun. Oleh sebab itu duo Ron Clements dan John Musker mencoba mengangkat kisah yang hilang ini dalam bentuk film animasi Moana agar kisahnya dikenali oleh generasi jaman sekarang.

3. Pengisi suara Moana merupakan aktris pengisi suara termuda

Terlibat dalam proyek animasi MOANA membuat Auli'i Cravalho diperkenalkan sebagai aktris pengisi suara termuda sebagai putri Disney. Bagaimana tidak? gadis asli Hawaii ini berhasil menjadi pengisi suara Moana meski usianya baru 16 tahun. Dirinya mengikuti audisi yang mewajibkan pesertanya mengunggah video di Youtube. Gadis asal Oahu, Hawaii ini merasa sangat tak pede karena saingannya sangat berat. Disney pun mengklaim, Auli'i adalah peserta audisi terakhir dan mereka langsung kepincut dengan kemampuannya.

Auli'i Cravalho pengisi suara Moana/©instagram.com/auliicravalhoAuli'i Cravalho pengisi suara Moana/©instagram.com/auliicravalho

4. Tatto dan kemampuan Maui merupakan hal yang paling susah untuk
dianimasikan

Salah satu keunikan animasi ini adalah tato Maui kecil yang digambar secara tradisional dengan animasi 2D. Tato 2D tradisional Maui ini menjadi salah satu karakter penting dalam animasi ini karena tato ini memiliki kemampuan berkomunikasi dengan pemiliknya. Di sisi lain, dalam pembuatannya tato Maui merupakan bagian yang paling susah dianimasikan karena tato-tato Maui juga bergerak mengikuti tubuh Maui seperti bernafas atau berjalan.

Maui juga merupakan karakter yang dibuat berdasarkan sejarah dewa Polinesia asli menurut cerita penduduk setempat. Oleh sebab itu, untuk membuat karakter Maui semakin nyata, semakin banyak kemampuan yang diberikan pada Maui. Kemampuannya untuk berubah menjadi apapun cukup menyulitkan animator dalam penggarapan karakter Maui ini sendiri. Benar-benar totalitas!

Maui merupakan karakter yang sangat susah untuk dianimasikan © DisneyMaui merupakan karakter yang sangat susah untuk dianimasikan © Disney

5. MOANA merupakan film animasi tercanggih yang pernah dibuat Disney

Moana merupakan animasi yang dibuat beberapa tahun yang lalu. Namun fakta mengejutkan di balik animasi ini adalah kecanggihan teknologi yang digunakan oleh Disney. Pada pembuatannya, sebetulnya teknologi yang digunakan oleh animator Disney kala itu tidaklah secanggih jaman sekarang. Faktanya, Moana justru menggunakan 80% pengambilan gambar visual efek, lebih banyak 30% dari pembuatan animasi BIG HERO 6. Visual efek yang paling banyak digunakan adalah grafis untuk laut dan air. Saking susahnya bahkan tim animator Moana sendiri merasa kesulitan dan tak percaya bahwa animasi ini dapat diselesaikan 5 tahun yang lalu dengan teknologi tidak secanggih saat ini. Nggak heran, jika seminggu penanyangannya, MOANA sudah menduduki peringkat teratas box office Amerika Serikat.

(kpl/agt)

Editor:

Agista Rully


REKOMENDASI
TRENDING