Film 'EXODUS' Dituduh Rasis, Ridley Scott Angkat Bicara

Sabtu, 30 Agustus 2014 13:51 Penulis: Mahardi Eka Putra
Film 'EXODUS' Dituduh Rasis, Ridley Scott Angkat Bicara dok. 20th Century Fox
Kapanlagi.com - Film terbaru sutradara Ridley Scott yang berjudul EXODUS: GODS AND KINGS mendapat banyak kritikan terkait dengan pemilihan aktor dan aktris di dalamnya. Film tersebut dituduh rasis lantaran menampilkan sosok utamanya yang adalah Nabi Musa, dengan aktor kulit putih. 

Terkait dengan tuduhan itu, sang sutradara pun punya pembelaan tersendiri. Ia mengungkap bahwa Mesir adalah daerah yang punya banyak budaya. "Mesir, seperti sekarang ini, adalah pertemuan dari banyak kebudayaan. Hal tersebut disebabkan karena daerah tersebut jadi persimpangan antara Afrika, Timur Tengah dan juga Eropa," ujar Scott kepada Yahoo. 

Dengan pemahaman seperti itu, Ridley pun memutuskan untuk menggaet Christian Bale dan Joel Edgerton untuk menjadi Musa dan Firaun dalam filmnya. "Kami menggaet banyak aktor dari etnis yang berbeda untuk menggambarkan keberagaman budaya, dari Iran sampai Arab," tegasnya lagi.

Ridley pun membeberkan bahwa ada banyak teori tentang etnisitas di Mesir. Ia dan tim produksi telah mendiskusikan hal tersebut berulang kali sehingga muncul kesepakatan yang dicapai. 

Dalam filmnya nanti, Ridley menggaet Christian Bale sebagai Musa, Edgerton sebagai Ramses (Firaun), Aaron Paul sebagai Yosua dan Sigourney Weaver sebagai Ratu Tuya. Karena pemilihan para aktor tersebut lah, film ini dikritik karena memasang para aktor berkulit hitam untuk peran kecil saja seperti pembantu atau budak. Derasnya kritik tersebut sampai dibuatkan tagar BoycottExodusMovie di Twitter. 

Melihat trailer dan juga banyak foto-fotonya yang sudah beredar, seperti apa pendapatmu? Jika masih bingung, ada baiknya kamu tonton sendiri filmnya pada 12 Desember mendatang di bioskop terdekat.

(dig/dka)

REKOMENDASI
TRENDING