Harusnya 'AMERICAN SNIPER' Tak Berakhir Seperti Itu

Selasa, 17 Februari 2015 14:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Harusnya 'AMERICAN SNIPER' Tak Berakhir Seperti Itu AMERICAN SNIPER/©americansnipermovie.com
Kapanlagi.com - True story mengenai seorang penembak jitu dalam film besutan sutradara Clint Eastwood tidaklah berakhir dengan indah. Dalam sebuah penembakan di Stephenville, Texas pada tahun 2013, penembak jitu top dari kesatuan Navy SEAL, Chris Kyle dibunuh oleh sesama veteran perang. Namun semua yang telah menonton film ini pastinya tahu jika kisah ini tidak dimasukkan dalam film AMERICAN SNIPER.

Hal ini berkaitan dengan permintaan istri Chris, Taya Kyle, yang meminta tim produksi untuk tak memasukkan adegan ini. Berita ini diperoleh dari Jason Hall, penulis naskah film ini, yang ditemui saat menghadiri WGA (Wiriter's Guild Awards) 2015. Ia mengakui jika dalam naskah awalnya, adegan yang menampilkan kematian Chris Kyle ini termasuk di dalamnya. Namun momen dramatis ini harus dihilangkan karena permintaan janda Chris Kyle.

Bradley Cooper sebagai Chris Kyle/©americansnipermovie.comBradley Cooper sebagai Chris Kyle/©americansnipermovie.com

Taya memikirkan anak-anaknya dan bagaimana mereka akan mencerna film ini. “Saya sadar, karena saya juga punya anak yang masih kecil. Mungkin mereka nggak banyak mengingat seperti apa ayah mereka. Maklum mereka masih berumur 4&6 tahun. Tapi saya nggak mau film ini nantinya akan terus ada di benak mereka, karena menampilkan bagaimana ayahnya mati tertembak di belakang kepala,” jelas Jason Hall.

Namun, sebelum memutuskan untuk menghilangkannya secara keseluruhan, Jason dan timnya sempat berdebat, apakah ada cara yang lebih halus untuk menggambarkan adegan puncak paling dramatis ini. Mereka berusaha membuatnya dalam beberapa versi, namun akhirnya memutuskan untuk menghapusnya.

“Kita sempat membahas kemungkinan untuk menampilkannya. Saya menulisnya dalam lima cara yang berbeda dan membahas bagaimana kita akan merekamnya. Namun pada akhirnya, saya berpikir jika film ini bercerita tentang kehidupan Chris, bukan kematiannya. Kita juga harus berhati-hati supaya tak malah mengagungkan sang pembunuhnya,” terang Jason.

Untuk memenuhi permintaan Taya, AMERICAN SNIPER akhirnya memilih ending di mana Bradley Cooper berjalan menuju Rough Creek Lodge, lokasi di mana ia akan dibunuh. Walaupun endingnya tak sesuai dengan kejadian aslinya, film ini tetap menuai sukses di box-office dan masuk dalam nominasi Best Picture Oscar 2015.

(cin/tch)


REKOMENDASI
TRENDING