FILM INTERNASIONAL

Inilah Deretan Superhero Marvel dan DC Yang Beragama Islam

Jum'at, 25 September 2015 09:52 Penulis: Rahmi Safitri

Superhero Muslim © istimewa

Kapanlagi.com - Berbicara tentang superhero sekarang, yang pasti teringat adalah Marvel dan DC. Maklum dua pencipta komik itu saat ini tengah menjadi penguasa singgasana box office dunia.

Buat penggemar komik pastinya tahu dong kalau superhero itu bukan hanya Superman, Iron Man, Black Widow, Captain America, dkk. Masih banyak banget sebenarnya pahlawan-pahlawan super yang dimiliki oleh Marvel maupun DC.

Akhir-akhir ini perusahaan pembuat komik seperti mengeksplorasi latar belakang untuk superhero-nya. Mulai dari berdarah Asia, (maaf) berkulit hitam, sampai superhero yang beragama Islam.

Lalu siapa aja sih superhero-superhero muslim itu? Yuk langsung saja simak halaman berikutnya untuk cari tahu!

1. Sooraya Qadir alias Dust

Sooraya Qadir adalah seorang mutan perempuan Muslim Sunni kelahiran Afghanistan. Sooraya ditolong oleh Wolverine dan Fantomex dari perbudakan. Mereka menyelamatkan Sooraya ketika dia terpisah dari ibunya. Dia kemudian dikirim ke markas X-Corps di India.

Sooraya memiliki kekuatan mutan mengubah dirinya menjadi butiran pasir. Bahkan dia juga dapat menciptakan badai pasir. Oleh karena itu dia menyebut dirinya sebagai Dust.

Sooraya bergabung dengan sekolah X-Men dan menetap di Xavier Institute for Higher Learning. Ia aktif sebagai anggota New X-Men, kelompok mutan yang terdiri dari pelajar muda dari Xavier Institute.

Salah satu bukti kalau Sooraya adalah Muslim yang taat adalah saat dia berdoa dulu kepada Allah sebelum ber-teleportasi bersama teman-temannya ke Limbo. Waktu itu dia ditawan oleh Belasco dan para setannya. Awalnya dia merasa takut dengan para setan tersebut, tapi seteah melihat temannya tewas dia langsung melawan dengan pikiran kalau pun dia mati juga maka Allah akan bangga padanya.

2. Josiah al hajj Saddiq

Josiah mewarisi kemampuan keluarganya yang bisa beradaptasi dengan super soldier serum seperti halnya Steve Roger alias Captain America. Ia bergabung dengan pasukan Amerika Serikat selamat perang Vietnam.

Dalam komik Crew # 1, karya Christopher Priest, Joe Bennet, ia diceritakan menemukan agama Islam dan akhirnya menemukan tujuan hidup setelah menjadi Muslim. Padahal sebelumnya dia tumbuh di panti asuhan Katolik.

Josiah pun lalu melaksanakan ibadah haji. Bukan hanya itu, Josiah juga menjadi seorang menteri muslim dan mendirikan masjid di Little Mogadishu, Brooklyn.

3. Faiza Hussain

Faiza Hussain adalah satu-satunya putri dari keluarga keturunan Pakistan yang tinggal di Essesx, London. Faiza adalah seorang dokter yang merupakan penggemar dari superhero-superhero Inggris.

Suatu hari, Faiza bekerja di UGD rumah sakit saat sedang terjadi invasi Skrull (alien). Kala sedang mengobati pasien, Faiza terkenal senjata laser milik Skrulll yang kemudian memberinya kekuatan. Kemampuan ini pun dimanfaatkan oleh Faiza untuk membantu Black Knight.

Setelah berhasil mengalahkan Skrull, Faiza Husaain lalu mendapat pedang Excalibur. Dia bergabung dengan MI-13 (badan intelijen Inggris) dan menjadi asisten dari Black Knight.

4. Monica Chang

Monica Chang adalah kepala Divisi Artificial Intelligence S.H.I.E.L.D, badan yang menaungi para Avengers. Salah satu misi yang dijalankan oleh Monica adalah menginterogasi Hank Pym (pencipta Ant-Man) yang berhasil mengalahkan Ultron dengan virus.

Sayangnya, Ultron setelah dikalahkan malah menjadi Dimitrios, Artificial Intelligence yang ganas. Berdua dengan Hank Pym, Monica mengumpulkan tim untuk memburu Dimitrios yang melakukan cyber crime di seluruh dunia. Dalam komiknya, Monica Chang pernah menunaikan shalat sebelum menjalankan misi.

5. Kamala Khan alias Ms. Marvel

Kamala Khan adalah anak bungsu dari dua bersaudara keluarga Amerika- Pakistan di New Jersey. Kamala mendapatkan kekuatan super ketika pulang dari pesta, di mana dia tiba-tiba terselimuti oleh Kabut Terrigen yang mengandung zat mutan. Sejak itu ia jadi memiliki kekuatan gen inhuman seperti shapeshifter, healing factor, dan elastisitas.

Kamala memanfaatkan kekuatan baru yang dimilikinya untuk kebaikan berdasarkan pengetahuan agama Islam yang tertanam di lingkungan keluarganya. Dia akhirnya menggunakan nama Ms. Marvel sebagai identitas superhero-nya karena sangat mengidolakan Carol Danvers (Ms. Marvel sebelumnya).

Kamala jadi superhero Muslim pertama Marvel yang punya komik solo. Sejak Februari 2014, dia pun resmi mengambil alih karakter Ms. Marvel.

6. Simon Baz alias Green Lantern

Simon Baz adalah orang imigran keturunan Lebanon-Amerika yang tinggal di Dearborn, Detroit. Saat masa krisis finansial, ia terjerumus ke dunia pencurian kendaraan bermotor. Suatu saat, ia mencuri truk yang berisi bom yang dipasang oleh teroris. Keberaniannya menggagalkan usaha terorisme itu membuatnya terpilih menjadi Green Lantern yang baru sekaligus jadi karakter asal Amerika keturunan Timur Tengah pertama yang menjadi anggota Green Lantern Corps.

Simon Baz pertama kali muncul dalam komik DC yang diciptakan oleh Geoff Johns dan Doug Mahnke pada tahun 2012.  DC Comics lalu memasukkan Baz sebagai anggota Justice League of America (Avengers versi DC) pada 2013.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING