FILM INTERNASIONAL

Kisah-Kisah di Balik Karakter Komik Marvel Populer Ciptaan Stan Lee

Selasa, 13 November 2018 11:50 Penulis: Ayu Srikhandi

Stan Lee © Shutterstock.com / Marvel

Kapanlagi.com - Tokoh-tokoh komik Marvel memiliki kepopuleran yang luar biasa. Selain karena kesuksesan komiknya, adaptasi ke versi film juga memiliki kontribusi yang nggak sedikit. Meski begitu, nggak banyak yang tahu bagaimana kisah bagaimana Stan Lee bisa membuat karakter-karakter yang fenomenal tersebut.

Karya yang dibuat Stan Lee di tahun 1960-an itu memiliki cerita yang berbeda-beda. Dari Captain America, Fantastic Four, Spider Man, X-Men, Hulk, Thor, hingga Iron Man.

Stan Lee memang nggak sendirian dalam menciptakan karakter superhero ini. Ia bekerja sama dengan Jack Kirby, Steve Ditko, dan beberapa artis lainnya. Dalam setiap karakter komik Marvel yang diciptakan memiliki cerita-cerita yang berbeda di baliknya yang bisa jadi nggak diduga oleh penggemar.

1. Fantastic Four

Secara nggak langsung, Fantastic Four tercipta karena DC loh. Awalnya, Martin Goodman publisher dari Marvel atau yang saat itu masih dengan nama Timely pergi bermain golf dengan seorang eksekutif dari DC yang pamer soal komik mereka Justice League of America yang laris. Saat kembali ke kantor, Goodman langung meminta Stan Lee yang merupakan pegawai satu-satunya di divisi komik untuk membuatkannya cerita superhero untuk Marvel.

Stan Lee yang pernah bekerja sama dengan Jack Kirby untuk membuat karakter Captain Amerika bekerja bareng lagi. Keduanya kemudian menciptakan karakter superhero Fantastic Four yang benar-benar populer.

2. Silver Surfer

Di tengah-tengah menggarap Fantastic Four, Stan Lee dan Kirby bekerja bareng lagi untuk Galactus Trilogy. Di sini lah Stan Lee benar-benar tertarik pada karakter Silver Surfer yang kemudian menjadi fokus dalam beberapa karyanya.

Kalau Kirby berencana menggambarkan Silver Surfer merupakan karakter yang dingin dan terasa banget seperti alien, berkebalikan dengan Lee. Stan Lee menggambarkan Silver Surfer sebagai sosok yang angsty karena terjebak di bumi. Beberapa menduga kalau karakter ini merupakan analogi atas perasaan Stan Lee yang menjadi komikus meski cita-citanya adalah seorang penulis novel.

3. Spider-Man

Terciptanya sosok Spider-Man ternyata bermula dari kegagalan Kirby menggambarkan desain untuk superhero bertema laba-laba ini. Stan Lee kemudian menggandeng seniman lain, yakni Steve Ditko.

Artis satu ini berhasil membuat desain kostum dan adegan perkelahian berbau akrobatik denga luar biasa. Stan Lee lah yang kemudian menghidupkan karakter Spider-Man dengan kepribadiannya yang memiliki selera humor ini.

Quotes legendaris dari komik Spider-Man yang selalu muncul dalam setiap adaptasi filmnya juga merupakan ciptaan Stan Lee, "Di balik kekuatan yang besar, terdapat tanggung jawab yang besar juga."

4. X-Men

Karakter X-Men diciptakan setelah Fantastic Four, Spider-Man, Hulk, Thor, dan banyak lainnya. Selama bertahun-tahun terus menciptakan tokoh-tokoh komik baru, bukan hal yang mengherankan kalau Stan Lee mulai jengah dengan kebiasaan mereka yang harus menceritakan bagaimana kisah awal superhero ini mendapatkan kekuatan.

Stan Lee pun akhirnya menemukan solusi untuk karakter baru yang diciptakan, yakni dengan membuat mereka sebagai mutan yang memang sudah lahir dengan kekuatan super, mereka layaknya manusia biasa tapi dengan kekuatan superhero.

Awalnya, X-Men bukan karakter ciptaan Stan Lee dan Kirby yang populer, tapi ternyata kini mereka jadi superstar dari Marvel.

 

5. Iron Man

Bisa dibilang, Iron Man merupakan karakter paling populer dari Marvel saat ini. Sebenarnya ada alasan tersendiri kenapa Stan Lee membuat sosok ini. Di era protes soal hak asasi dan perang Vietnam, pemuda di Amerika membenci segala hal yang berbau perang dan militer. Siapa yang menyangka, karakter yang diciptakan Stan Lee berdasarkan apa yang dibenci publik justru populer dan jadi favorit.

Stan Lee kemudian menciptakan sosok Tony Star dari hal-hal yang dibenci oleh anak-anak muda masa itu. Ia juga mengaku kalau memasukkan karakter dirinya pada sosok yang diciptakannya tersebut.

"Jadi aku mengatakan, aku akan membuat karakter dari yang dibenci semua orang dan membuat mereka menelannya. Saat itu aku masih muda, tahu apa kamu jika masih muda? Jadi aku memutuskan membuat seorang pria yang punya perusahaan alat-alat militer. Dia adalah multi-miliuner, aku membuatnya sedikit seperti Howard Hughes (miliuner Amerika), dan sedikit mirip aku juga. Aku ingin dia sangat-sangat kaya, dan tentu saja seperti superhero Marvel, dia punya kelemahan, jadi aku membuatnya memiliki jantung yang lemah... Lucunya, buku ini laris sekali," kisah Stan Lee seperti yang dilansir Ew.com.

Meski Stan Lee telah berpulang, karya-karya ciptaannya yang luar biasa akan selalu dikenang oleh penggemar. Rest in peace Stan Lee.


REKOMENDASI
TRENDING