Prancis Izinkan Remaja di Bawah 17 Tahun Nonton 'FIFTY SHADES'

Jum'at, 13 Februari 2015 17:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Prancis Izinkan Remaja di Bawah 17 Tahun Nonton 'FIFTY SHADES' FIFTY SHADES OF GREY/© Focus Features
Kapanlagi.com - Orang-orang Prancis dikenal sangat santai. Laissez Faire berarti santai, biarkan semua berjalan seperti yang seharusnya. Jadi saat mereka dihadapkan pada sesuatu yang sedang booming dibicarakan hampir di seluruh dunia dan dilabeli sebagai sesuatu yang porno, mereka tetap santai.

Prancis tidak ikut-ikutan melarang film paling banyak dibicarakan dan menuai protes tahun ini, FIFTY SHADES OF GREY. Malah, Menteri Kebudayaan Prancis telah mengeluarkan rating yang mengejutkan bagi film besutan Sam Taylor-Johnson ini. Mereka mengizinkan remaja berusia di atas 12 tahun menonton film erotis nan romantis ini!

Presiden Rating Prancis, Jean-Francois Mary, mengatakan jika film ini tidak seperti yang orang bayangkan. Ia menyatakan jika terlalu banyak orang yang sentimental terhadap adegan seks, terutama BDSM (Bondage, Dominance, Sadist, Dominance), dalam film ini.

Salah satu adegan dalam FIFTY SHADES OF GREY/© Focus FeaturesSalah satu adegan dalam FIFTY SHADES OF GREY/© Focus Features

Hal ini tentunya sangat kontras dengan negara tetangganya, Inggris, yang melarang para remaja untuk menonton film ini tanpa didampingi orang dewasa. Bahkan The Malaysian Film Censorship Board, langsung melarang film yang diangkat dari karya E.L. James ini tayang di negaranya. Begitu juga di Indonesia.

Memang film ini berisi banyak adegan sensual dan 'panas' yang kurang memungkinkan ditonton oleh remaja di bawah usia 17 tahun. Namun seperti yang dikatakan Jean-Francois Mary, film ini telah mengalami banyak sekali pemotongan dari novel aslinya. Produk akhirnya sangat jauh dari kata provokatif. Terlebih di IMAX.

FIFTY SHADES OF GREY memang digadang-gadang akan mampu mendapatkan penghasilan yang bombastis pada 13 Februari mendatang. E.L. James sendiri punya banyak fans fanatik yang pasti akan rela berjejalan di bioskop saat premiernya besok. Well, by the way apakah kamu setuju dengan tindakan Prancis?

(cin/tch)


REKOMENDASI
TRENDING