FILM INTERNASIONAL

Seluruh Kostum Iron-Man Di MCU Dari Pertama Sampai 'AVENGERS: ENDGAME'

Selasa, 07 Mei 2019 18:48 Penulis: Dhimas Nugraha

Iron-Man credit: imdb.com/Iron-Man 3

Kapanlagi.com - AVENGERS: ENDGAME menjadi film terakhir dari Tony Stark (Robert Downey Jr), superhero dengan baju besi, Iron-Man. Selama di MCU, Tony Stark selalu muncul dengan berbagai macam kostum besinya tersebut. Memulai di tahun 2008, Iron-Man terus berinovasi dari tahun ke tahun hingga laga terakhirnya dengan Iron Armor Mark 85 untuk mengalahkan Thanos.

Nah, kali ini adalah deretan baju besi milik Iron-Man selama sebelas tahun bersama Marvel Cinematic Universe. Sejak filmnya yang pertama IRON-MAN hingga di film yang terakhir AVENGERS: ENDGAME.

1. Mark 1

Mark 1 adalah baju besi pertama buatan Tony Stark muncul pada film IRON-MAN (2008). Saat itu ia sedang berada di sebuah markas teroris. Untuk bisa melarikan diri, dibantu dengan salah satu ilmuwan, ia menemukan sumber energi baru yang bisa menambah daya hidupnya. Sejak saat itu Tony selalu memakai energi tersebut di dadanya.

2. Mark 2

Mark 2 juga muncul di IRON-MAN (2008), Tony Stark akhirnya membuat rancangan baru baju besinya yang mengkilat dan krom. Kostum ini masih dalam penyesuaian, tidak memiliki senjata dan hanya bisa terbang. 

3. Mark 3

Mark 3 adalah bentuk yang sudah disempurnakan dari Mark 2. Sudah dipersenjatai lengkap dengan sistem navigasi serta warna yang sesuai dengan Iron-Man yaitu, emas dan merah. Armor ini muncul pertama di IRON-MAN (2008). Dan dengan kostum inilah Tony Stark mendeklarasikan diri bahwa dirinya adalah Iron-Man.

4. Mark 4

Pertarungan Iron-Man dengan Obadiah Stane menghancurkan Mark 3. Dan di film kedua IRON-MAN 2, Mark 4 diciptakan. Baju besi ini termasuk yang paling awet dari semua yang dimiliki oleh Tony Stark. Kemudian dipakai oleh James 'Rhodey' Rhodes dan menjadi War Machine.

5. Mark 5

Mark 5 pertama kali dikenalkan pada film IRON-MAN 2. Kostum ini sangat mudah dibawa karena bentuk awalnya adalah sebuah koper dan kemudian menjadi baju tempur. Namun akhirnya hancur saat Tony harus melawan musuhnya Ivan Vanko yang juga menggunakan energi yang sama seperti Tony.

6. Mark 6

Tony Stark akhirnya menciptakan Mark 6 setelah ia menemukan sumber energi baru yang tidak membunuh dirinya. Energi tersebut sangat cocok dengan arc reactor yang ia pakai selama ini. Mk. 6 adalah kostum pertama Iron-Man yang mampu menyelam ke dalam air.

7. Mark 7

Mark 7 dikenalkan oleh Tony Stark di film THE AVENGERS (2012). Tony menggunakan tekhnologi baru dengan menggunakan sepasang gelang di tangan kiri dan kanannya. Gelang tersebut mampu memanggil armor Iron-Man dari jauh. Ketika gelang tersebut dipindai, armor tersebut akan langsung menyelimuti tubuhnya.

8. Mark 42

Di IRON-MAN 3, Tony Stark membangun bermacam-macam kostum Iron-Man. Sekitar 30 kostum sudah ia buat sebagai penghilang rasa panik dan cemas yang dinamakan Iron Legion, dan salah satunya adalah Mark 42. Tony Stark menanam chip komputer di dalam tangannya, sehingga bisa memanggil baju besinya tersebut kapan saja dan dimana saja. tak hanya itum Mark 42 bisa digunakan secara jarak jauh dengan seperti remot kontrol.

9. Mark 43

Mark 43 muncul pada AVENGERS: AGE OF ULTRON. Pada film IRON-MAN 3, Tony menghancurkan seluruh kostumnya kecuali Mark 42. Di film Avengers yang kedua tersebut, Mark 43 adalah Mark 42 yang diwarna ulang menjadi emas dan merah.

10. Mark 44

Mark 44 atau yang biasa disebut Hulkbuster ini diciptakan untuk mengatasi Hulk yang sedang mengamuk. Huklbuster pertama kali muncul di film AVENGERS: AGE OF ULTRON saat itu, Tony dan Hulk sedang bertarung. Meski hancur karena Hulk, Mark 44 akhirnya diperbaiki dan muncul kembali di AVENGERS: INFINITY WAR.

11. Mark 45

Di film AVENGERS: AGEOF ULTRON, Iron-Man akhirnya kembali menggunakan rancangan barunya yaitu Mark 45. Mark 45 digunakan Stark saat menghancurkan Sokovia, negara yang melayang. Di kostum inilah Tony Stark memperkenalkan AI (Artificial Intelligence) bernama Friday, karena Jarvis sudah menjadi Vision.

12. Mark 46

Mark 46 digunakan oleh Tony Stark di film CAPTAIN AMERICA: CIVIL WAR. Armor ini termasuk portable atau mudah dibawa kemana mana. Bisa berbentuk jam tangan, atau di bawah kursi helikopter. Tony menggunakan Mark 46 untuk bertarung melawan Captain America.

13. Mark 47

Pada film SPIDER-MAN: HOMECOMING, Tony Stark muncul untuk menemui Peter Parker dengan armor Mark 47. Armor tersebut bisa digunakan jarak jauh seperti Iron Legion. Tak hanya itu, Mk. 47 juga memiliki peluncur misil di seluruh tubuhnya.

14. Mark 50

Mungkin ini adalah teknologi yang paling keren dari seluruh armor Iron-Man. Menggunakan nanoteknologi, yang membuatnya seolah seperti cairan yang menyelimuti tubuhnya yang bisa membentuk apa saja sesuai yang Tony inginkan. Mark 50 pertama kali muncul pada film AVENGERS: INFINITY WAR.

Tak hanya itu, Mark 50 mampu mewujudkan sayap penguat nano sebagai penambah kecepatan. Senjata eksternal kerena yang mampu menembakkan laser, dan mampu menyegel luka saat ia ditusuk oleh Thanos

15. Mark 85

Ini adalah armor terakhir yang digunakan oleh Tony Stark. Mark 85 adalah rancangannya yang khusus ia buat untuk melawan Thanos. Dengan nanoteknologi kostum ini mampu menambah kemampuan tempur Iron-Man yang bertarung dengan Thanos.

Tak hanya itu saja, dengan nanoteknologi yang dimiliki oleh armor ini, Iron-Man mampu memasang infinity stones seperti infinity gauntlet yang dimiliki Thanos. Dan dengan Mark 85, Iron-Man berkorban untuk menyelamatkan dunia dari serangan Thanos meski harus kehilangan nyawanya.

(kpl/dim)

Editor: Dhimas Nugraha


REKOMENDASI
TRENDING