Black Mamba, Julukan Untuk Kobe Bryant Selama Hidupnya, Bagaimana Kisahnya?

Jum'at, 07 Februari 2020 09:08 Penulis: Editor KapanLagi.com
Black Mamba, Julukan Untuk Kobe Bryant Selama Hidupnya, Bagaimana Kisahnya? Photo by Kapanlagi.com

Kapanlagi.com - Legenda NBA dan Los Angeles Lakers Kobe Bryant meninggal dunia, Minggu (26/1) akibat kecelakaan helikopter di Calabasas, California. Bryant mengalami kecelakaan saat menumpangi helikopter yang akan menuju ke Mamba Academy. Peraih gelar Most Valuable Player NBA 2008 itu meninggal di usia 41 tahun, bersama dengan anak keduanya Gianna Maria-Onore dan empat orang lainnya dalam kecelakaan tersebut. Berikut profil dan karir Bryant semasa hidupnya. 

Kobe Bean Bryant atau yang sering dijuluki Black Mamba adalah pemain basket profesional Amerika Serikat dan salah satu pemain basket terbaik sepanjang masa jebolan National Basketball Association (NBA), yang memiliki segudang prestasi selama masa hidupnya.

instagram.com/vanessabryantinstagram.com/vanessabryant

Ia menikahi Vanessa Laine Bryant pada 2001 silam dan dikaruniai 4 anak perempuan yang diberi nama Natalia Diamante (Januari 2003), Gianna Maria-Onore (Mei 2006), Bianka Bella (Desember 2016), dan yang terakhir Capri Kobe (Juni 2019).

Kobe Bryant mendedikasikan hidupnya sebagai pemain basket selama 20 tahun di National Basketball Association (NBA) bersama dengan Los Angeles Lakers. Bryant terpilih masuk ke NBA secara langsung setelah lulus dari SMA.

Bryant telah terpilih menjadi All-Star sebanyak 18 kali, anggota All-NBA Team sebanyak 15 kali, anggota All-Defensive team sebanyak 12 kali dan meraih gelar NBA's Most Valuable Player (MVP) pada tahun 2008.

Bryant dianggap sebagai salah satu pemain basket terbaik sepanjang masa, dia mencetak skor terbanyak di NBA selama dua musim, menduduki posisi keempat pada daftar pencetak skor musim reguler terbanyak sepanjang masa dan keempat pada daftar pencetak skor playoff terbanyak sepanjang masa.

Bryant adalah bintang besar setelah Michael Jordan dan merupakan salah satu ikon olahraga basket NBA selama dua dekade terakhir. Bryant memainkan 1.346 pertandingan sepanjang karirnya dan gantung sepatu dengan menyandang status pencipta poin terbanyak ketiga sepanjang sejarah NBA dengan 33.643 poin.

Tak hanya sebagai pemain basket, dikutip dari The Irish Times, Kobe pernah meraih Oscar untuk film animasi pendek terbaik berjudul “Dear Basketball” berdasarkan judul puisi yang dia tulis sebelum pensiun dari basket. Bryant pensiun pada 2016 silam.

Selama karirnya, ia kerap disapa sebagai Black Mamba. Julukan Black Mamba ini muncul karena kasus yang menimpanya pada tahun 2003. Bryant dituduh telah memperkosa pegawai hotel berumur 19 tahun yang bernama Katelyn Faber. Akibat dari kasus ini, Bryant selalu mendapat ejekan yang membawa namanya setiap kali bertanding.

Performa Bryant selama di lapangan kerap membuat orang kagum. Tak hanya cepat, Kobe juga agresif sehingga membuat lawan kesulitan untuk menjegalnya. Dalam sebuah wawancara tahun 2007, kobe mengaku ingin meniru kemampuan ular Black Mamba yang mampu menyerang tepat dengan akurasi 99% dalam kecepatan maksimum. Itu juga yang membuatnya dijuluki The Black Mamba. Ular dari Afrika itu memang memiliki sifat seperti Kobe, cepat, lincah dan sangat agresif. Nama Black Mamba juga terinspirasi dari karakter pembunuh mematikan bernama Sandi pada film "Kill Bill" karya Quentin Tarantino.

Sosok Black Mamba dalam film itu dikenal memiliki kelincahan dan keagresivitasan mirip dengan gaya permainan Kobe Bryant saat di lapangan. Meskipun kini sang legenda sudah tiada, namun namanya akan selalu dikenang. The Black Mamba akan selalu ada di hati penggemar basket, khususnya NBA.

Rest In Peace, Kobe Bean Bryant.

Penulis: Wela Firda Latifah

 

 

 

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING