HOLLYWOOD

Ikut Demo Suarakan Perubahan Iklim Bareng Jane Fonda, Joaquin Phoenix dan Banyak Seleb Hollywood Ternama Ditangkap Polisi

Minggu, 12 Januari 2020 13:15 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Jane Fonda © instagram/janefonda dan Joaquin Phoenix © splashnews

Kapanlagi.com - Sejak beberapa waktu lalu, aktris senior Hollywood Jane Fonda melakukan demonstrasi bersama gerakan Fire Drill Friday. Setiap Jumat, para demonstran menyuarakan pendapat mereka agar masyarakat dan dunia bisa lebih peduli pada isu perubahan iklim yang sedang terjadi di Bumi.

Demo tersebut berfokus pada bank-bank besar dan investor yang membiayai eksplorasi bahan bakar fosil. Mereka menuntut tindakan Green New Deal agar segera dilakukan untuk memotong karbon emisi hingga setengahnya pada tahun 2030, mengganti dengan energi bersih yang terbarukan dan tidak ada eksplorasi atau pengeboran baru untuk bahan bakar fosil.

Jane Fonda aktif ikut pergerakan ini dan ia sempat ditahan polisi pada akhir Desember 2019 lalu. Setelah dibebaskan, Jane tidak kapok dan kembali berorasi di Washington dan beberapa selebritis papan atas Hollywood ikut serta dalam gerakannya.


1. Joaquin Phoenix Ikut Demo

Salah satu seleb papan atas Hollywood yang ikut demo menuntut perhatian pada perubahan iklim ini adalah aktor Joaquin Phoenix. Pria yang baru saja menerima piala Golden Globe sebagai Aktor Terbaik di film JOKER itu merasa dirinya perlu turun tangan langsung agar semua orang lebih peduli pada perubahan iklim.

Dilansir dari Hollywoodreporter.com, Joaquin merasa sedih atas kebakaran hutan yang melanda Australia. Ia mengirimkan doa kepada semua korban, namun merasa harus bertindak secara nyata juga untuk mengatasi perubahan iklim.

"Kita bisa melakukan lebih dari itu," ujarnya.

Dalam orasinya di lokasi demo, Joaquin berkata bahwa semua orang bisa berkontribusi untuk menyelamatkan iklim. Termasuk dengan meminta kepada masyarakat untuk bijak mengonsumsi makanan dan ikut dalam gerakannya menjadi vegetarian untuk menyelamatkan lingkungan.

"Sesuatu yang seringkali tidak dibicarakan dalam gerakan lingkungan atau dalam percakapan tentang perubahan iklim adalah bahwa industri daging dan susu adalah penyebab utama ketiga perubahan iklim. Saya pikir kadang-kadang kita bertanya-tanya, 'Apa yang bisa kita lakukan dalam perang melawan perubahan iklim?'. Dan ada sesuatu yang bisa kamu lakukan hari ini, saat ini dan besok dengan membuat pilihan tentang apa yang kamu konsumsi," ujarnya.

"Kadang-kadang, saya sangat berjuang dengan apa yang bisa saya lakukan. Ada hal-hal yang tidak bisa saya hindari. Saya menerbangkan pesawat ke sini tadi malam. Tapi satu hal yang bisa saya lakukan adalah mengubah kebiasaan makan saya. Jadi saya hanya ingin untuk mendesak kamu semua untuk bergabung dengan saya dalam hal itu," lanjutnya.

2. Banyak Selebritis Ikut

Selain Joaquin Phoenix, beberapa nama besar Hollywood lain juga ikut dalam gerakan ini. Mulai dari aktris senior Susan Sarandon, Maggie Gyllenhaal, Martin Sheen hingga Amber Valetta.

Mereka melakukan gerakan demo setiap Jumat di Washington, DC. Dan semua orang yang ikut dalam gerakan ini, disebut Jane sebagai 'Datang atas kemauan sendiri', tanpa paksaan dari siapapun.

3. Ditangkap Polisi Lagi

Demo yang dilakukan Jane dan kawan-kawan pada Jumat, (11/1) lalu kembali berlangsung dengan ramai. Polisi Washington pun kembali menangkapi mereka, seperti yang terjadi awal tahun 2020 lalu.

Total ada 147 orang yang ditangkap karena berkerumun dan menghalangi jalan umum. Polisi menahan para demonstran, namun tidak memasukkan mereka ke dalam penjara.

Di antara ratusan orang itu, Jane Fonda dan Joaquin Phoenix termasuk di antara yang ditahan. Namun Jane menegaskan bahwa ia tidak akan berhenti melakukan demonstrasi sampai ada tindakan tegas dari Pemerintah Amerika dan para investor dunia untuk mengubah kebijakan mereka.

(hol/phi)


REKOMENDASI
TRENDING