HOLLYWOOD

Kim Kardashian Didiagnosa Idap Penyakit Autoimun dan Lupus, Begini Penjelasannya

Jum'at, 13 September 2019 22:15 Penulis: Rezka Aulia

© Splash

Kapanlagi.com - Kim Kardashian kini tengah resah karena penyakit yang diidapnya. Ibu empat anak ini baru saja divonis mengidap Lupus dan Rhematoid Arthritis. Kabar ini terungkap ke publik dalam episode terbaru Keeping Up With The Kardashian yang telah memasuki musim ketujuh belas.

Penyakit ini bermula dari gejala bengkak di tangan dan mual. Hasil tes darah yang diambil Kim menyatakan ia mengidap gangguan autoimun. 

"Aku sungguh merasa hancur. Tanganku mati rasa," terang Kim dalam reality shownya.

1. Bisa Jadi False Positive

Kondisi penyakit autoimun sendiri merupakan kondisi kronis saat antibody yang kita miliki malah menyerang balik organ tubuh. Namun dilansir dari Refinery29, memiliki penyakit autoimun tak berarti kematian loh KLovers. Menurut Dr. Brad Rovin, seorang nephrologist dari The State University Wexner Medical Center, orang bergangguan autoimun tak selalu berakhir dengan Lupus.

"Positif mengidap masalah antibody yang erat dengan Lupus tak berarti kamu positif mengidap Lupus. Bisa jadi test yang keluar adalah false positive (tidak akurat). Beberapa orang yang mengalami masalah autoimun dan antibody berada di level yang rendah dan tidak benar-benar memiliki penyakit lupus," terang sang dokter.

2. Bisa Ditangani dengan Obat

Seandainya pun nanti benar-benar mengidap Lupus, penyakit ini bisa ditangani dengan obat bersteroid yang bernama corticosteroids. Namun obat ini tak bisa menghilangkan efek samping bengkak dan mual, hanya sedikit mengurangi. Gejala lain yang biasa dialami pengidap masalah autoimun antara lain adalah ruam di kulit, nyeri sendi dan dalam kasus parah bisa menyerang organ tubuh.

"Cukup banyak kemajuan yang dibuat (dunia kesehatan) terutama untuk masalah rheumatoid arthritis. Tapi tentu saja tak ada orang yang mau terdiagnosa," pungkas dokter Rovin.

 


REKOMENDASI
TRENDING