Quote & Lelucon Terbaik di Oscar 2018: Dari Sindiran Sampai Curhatan

Selasa, 06 Maret 2018 15:58 Penulis: Editor KapanLagi.com
Quote & Lelucon Terbaik di Oscar 2018: Dari Sindiran Sampai Curhatan Oscar 2018

Kapanlagi.com - Oscar sebagai ajang yang selalu menjadi perhatian dunia, tak pernah lepas dari kutipan dan jokes yang dilontarkan para insan perfilman yang hadir disana. Kutipan dan lelucon tersebut tak jarang menuai pujian maupun hujatan. Terkadang malah mengandung sindiran dan curhatan. Kali ini akan diulas kutipan dan jokes apa aja sih yang turut mewarnai Academy Award ke-90 kemarin? Simak di bawah ini!

“I’ve got some things to say”

Frances McDormand memberikan pidato yang paling bersemangat pada malam itu. "Jika saya jatuh selama pidato saya," ujarnya, "seseorang harus menjemput saya karena saya punya beberapa hal untuk dikatakan" lanjut pemenang dalam kategori actress in a leading role ini. Dia kemudian meminta semua nomine wanita pada malam itu untuk berdiri. McDormand juga mencuri perhatian dunia dengan kutipannya yakni "inclusion rider". Kutipan McDormand itu mengandung tuntutan diversitas yang lebih banyak dalam proyek-proyek hiburan Hollywood.

“Put the kettle on. I’m bringing Oscar home”

Gary Oldman memberikan penghormatan kepada ibunya yang berusia 98 tahun dalam pidato kemenangannya sebagai aktor terbaik. Ia mengatakan "Terima kasih atas cintamu dan dukunganmu. Panaskan ketelnya. Saya membawa pulang Oscar. " uh, terharu!

“These four men and Greta Gerwig”

Greta Gerwig adalah satu dari sedikit wanita yang pernah dinominasikan sebagai sutradara terbaik. Hal tersebut merupakan suatu penghargaan tersendiri bagi para wanita dalam sejarah Oscar. Untuk itu, Emma Stone dengan sangat tegas mengatakan “These four men and Greta Gerwig” ketika memperkenalkan para nomine.

“This is for my old buddy”

Sam Rockwell mendedikasikan kemenangannya atas kategori actor in a supporting role untuk teman lamanya, almarhum Philip Seymour Hoffman. Rockwell menjelaskan bahwa dirinya dan Philip  adalah teman dekat. "Sangat dekat ... Dia mengilhami saya dan saya bisa terus (berbicara) selama satu jam tentang Phil Hoffman" pungkas aktor yang bermain di film THREE BILLBOARDS OUTSIDE EBBING, MISSOURI ini. What a sweet bromance, huh?

“A country with a black leader, wouldn’t that be swell?”

Academy Awards lagi-lagi diwarnai dengan kritik rasisme pada Presiden Trump. Masih melibatkan Jimmy Kimmel (tahun lalu Jimmy Kimmel memberikan kritik kepada Trump melalui jokesnya), kritik kali ini juga disertai dengan klip salah satu pemain film BLACK PANTHER, Chadwick Boseman.

Jimmy Kimmel tidak hanya mengatakan “Sebuah negara yang dipimpin orang kulit hitam, bukankah itu sangat bagus?” tapi juga menambahkan “Biarlah badai twit yang datang dari toilet presiden dimulai," tutupnya. Kritik ini dirasa begitu menyentil di tengah segala kebijakan rasis yang dibuat oleh Trump.

In praise of Dreamers

Saat Lupita Nyong'o dan Kumail Nanjiani tampil bersama, merek bercanda tentang menjadi seleb dengan nama yang sulit diucapkan. Nanjiani menjelaskan bahwa nama aslinya adalah Chris Pine. "Anda bisa membayangkan betapa kesalnya saya saat si (kulit) putih Chis Pine muncul" katanya sambil melibatkan nama pemain STAR TREK itu dalam jokesnya.

Lupita Nyong'o kemudian berbicara tentang menjadi pemimpi serta tentang imigran anak-anak tak berdokumen yang tiba di Amerika Serikat. Mereka harus berada di bawah perlindungan The Deferred Action for Childhood Arrivals (DACA). Lupita berujar “Kami adalah pemimpi. Kami tumbuh bermimpi suatu hari bekerja di film. Mimpi adalah fondasi Hollywood. Dan mimpi adalah fondasi Amerika.” Ucapan yang bersemangat dari aktris sukses berkulit hitam ini ditimpali oleh Nanjiani dengan berkata "Dan untuk semua pemimpi di luar sana, kami berdiri bersamamu." Ya, siapapun berhak menaruh mimpi besar untuk Hollywod.

“Representation matters”

Lee Unkrich, co-direktur dalam film COCO ini dalam pidatonya menekankan tentang pentingnya keragaman. "Dengan COCO, kami mencoba melangkah maju menuju dunia di mana semua anak bisa tumbuh melihat karakter di film yang terlihat dan dibicarakan dan hidup seperti yang mereka lakukan. Orang-orang marjinal pantas merasa seperti mereka. (ini adalah sebuah) Representasi penting." Sementara Guillermo del Toro juga berbicara tentang imigrasi. Ia mengatakan "Saya adalah seorang imigran. Hal terbesar yang dilakukan seni dan industri kita adalah menghapus garis. We should continue doing that when the world tells us to make them deeper."

“I made a promise”

Rachel Shenton mengungkapkan janjinya pada seorang anak dalam pidatonya setelah memenangkan penghargaan untuk live action terbaik atas film THE SILENT CHILD. "Saya berjanji kepada aktris utama kami yang berusia enam tahun bahwa saya akan melakukan pidato ini dengan menggunakan bahasa tanda (British Sign Language). Tanganku gemetar, jadi aku minta maaf. Film kami adalah tentang anak tunarungu yang lahir dalam dunia keheningan. Ini terjadi, jutaan anak di seluruh dunia hidup dalam keheningan,’ ujar aktris kelahiran 1987 ini. Ya, unsur-unsur moral terus mewarnai perfilman Hollywood dari tahun ke tahun.

“Don’t say LA LA LAND. Don’t say LA LA LAND

Mark Hamill yang merupakan aktor STAR WARS ini menyinggung kesalahan tak terlupa tahun lalu dengan bergumam pada dirinya sendiri "Jangan katakan LA LA LAND. Jangan katakan LA LA LAND" saat membuka amplop untuk mengumumkan pemenang. Host Kimmel juga bercanda tentang kekacauan tahun lalu dalam monolog pembukaannya. “Tahun ini, saat Anda mendengar nama Anda dipanggil, jangan segera bangun. Beri kami waktu sebentar.” Ujar Kimmel. Seperti yang diketahui, tahun lalu terjadi insiden salah sebut dalam pembacaan pemenang kategori best picture. Pemenang dalam kategori itu adalah MOONLIGHT tapi yang disebut malah LA LA LAND.

Founder #MeToo Tarana Burke menyinggung absennya Harvey Weinstein

Tarana Burke yang merupakan pencipta kampanye pelecehan seksual dengan menggunakan hastag ‘#MeToo’ itu menjadi tamu di Oscar 2018. Dalam pidatonya ia mengungkapkan rasa syukurnya atas ketidakhadiran Harvey Weinstein malam itu. “Saya telah mendengar ada aktris yang bilang, 'Anda tidak mengerti betapa anehnya dia berada di sini karena (Weinstein) selalu hadir.' Mereka mengungkapkan rasa lega karena tidak harus melihatnya dan tidak harus berpura-pura lagi” ucap Burke. Issue mengenai pelecehan seksual ini memang selalu mewarnai Hollywood. Harvey Weinstein sendiri juga merupakan salah seorang yang melakukan itu menurut banyak aktris (dilansir dari bbc).

“All my old friends are dead”

Christopher Plummer kembali ke Oscar. Sebelumnya ia pernah menang dalam kategori aktor pendukung atas ALL THE MONEY IN THE WORLD di tahun 2011. Ia menyatakan pandangannya tentang ajang-ajang bergengsi semacam Academy Award ini. “Itu selalu berbeda karena waktu berubah sepanjang waktu. Sekarang ada begitu banyak anak muda, semua teman lama saya meninggal, mereka sudah mabuk sampai mati atau mereka telah secara alami menelur dari pohon anggur.” Ungkapnya. Pria kelahiran 1929 ini memang selalu bisa membuat jokes yang penuh ironi.

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING