HOLLYWOOD

Mac Miller, Rapper dengan Segudang Karya yang Ditemukan Meninggal Dunia Diduga OD

Sabtu, 08 September 2018 14:57 Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary

Mac Miller © instagram.com/macmiller

Kapanlagi.com - Kabar meninggalnya rapper Mac Miller tengah menggemparkan industri musik dunia. Kemarin, Jumat (7/9) Mac ditemukan tak lagi bernyawa di dalam kediamannya di kawasan Studio City, Kalifornia. Mac Miller disebut-sebut meninggal dunia karena over dosis akibat pecanduan obat-obatan telarang.

Jauh sebelum kabar kecanduannya akan obat-obatan terlarang, Mac Miller adalah seorang pria yang lahir dengan nama Malcolm James McCormic pada 19 Januari 1992 di Pittsburg, Pennsylvania. Ayahnya adalah seorang arsitek, sedangkan ibunya seorang fotografer. Dari sinilah darah seni ia dapatkan.

Di usia SMP, Mac telah menemukan jati dirinya. Masih berkutat di dunia seni, namun Mac tidak memilih untuk menjalani profesi seperti ayah dan ibunya. Melainkan menjadi seorang rapper sejak ia menemukan kecintaannya pada musik hip hop.

1. Mixtape 1, 2, 3

Sebelumnya kecintaannya pada musik sudah tumbuh. Ia sempat bercita-cita sebagai penyanyi di tahun 2006. Hingga pada usia 14 tahun di tahun 2007 Mac Miller mulai belajar cara rapp dan mengubah namanya menjadi EZ Mac. Bukan hanya itu, ia juga merilis sebuah mixtape berjudul How High di tahun 2008.

Di tahun ini Mac sungguh produktif. Ia meluncurkan 2 mixtape di tahun yang sama. Mixtape ke dua berjudul The Jukebox: Prelude to Class Clown dan mixtape ke tiganya berjudul The High Life.

2. Nama Mac Miller & Rostrum Records

Di tahun 2010 ia mulai karirnya sebagai seorang musisi dengan nama Mac Miller. Di tahun itu Mac menandatangani kontrak rekaman dengan sebuah label indie bernama Rostrum Records yang berada di lingkungan tempat tinggalnya, Pittsburg. Selain itu label ini juga menaungi rapper besar Wiz Khalifa. Karena itulah Mac tertarik untuk masuk label ini.

3. Tour pertama & mixtape 5

Kemudian Mac Miller membuat sebuah mixtape keempatnya, K.I.D.S. Mixtape ini dibuat karenan terinspirasi dari film dengan judul yang sama. Di tahun 2010 inilah Mac Miller memulai tour pertamanya yang bertajuk The Incredibly Dope Tour. Semua tiket habis terjual, Mac juga memenangkan 2 penghargaan di Pittsburgh hip hop awards.

Mixtape ke lima juga meluncur di tahun 2010. Mixtape ini berjudul Best Day Ever dengan 3 lagu populer di dalamnya. Donald Trump, Wear My Hat dan All Around The World.

4. EP pertama

22 November 2010 Mac Miller merilis single pertamanya yang berjudul Knock Knock lewat kanal Youtube. 29 Maret 2011 EP pertamanya yang berisi 6 lagu rilis. EP ini berjudul On And On And Park.

5. Album pertama

Mac Miller sungguh produktif. 5 Juli 2011 Mac Miller ia mengumumkan kalau ia akan merilis album debutnya. Sambil menunggu albumnya rilis, Mac Miller berkolaborasi 
dengan Maroon 5 dalam lagu Moves Like Jagger. Yang dilanjutkan dengan keluarnya mixtape ke enam I Love Life, Thank You. Bertajuk Blue Slide Park sebagai tajuk album perdananya akhirnya dirilis pada 8 November 2011.

Album pertamanya ini rupanya mendapatkan apresiasi yang luar biasa. Meski bisa dibilang pendatang baru, tapi album ini berhasil menembus U.S Billboard 200 di urutan teratas! Sehingga tidak heran jika album ini menjadi album independen pertama yang mampu menjadi jawara pada chart lagu ternama tersebut setelah Dogg Food, album Tha Dogg Pound yang dilepas ke pasaran di tahun 1995.

6. Sorotan media-Larry Fisherman

Selain itu Mac Miller juga mulai disorot media. Tahun 2011 tersebut ia masuk ke dalam jajaran 11 rapper pada Freshman Class Magazine, tampil dalam acara TV Single Ladies, dan masuk dalam MTV Jams Fab Five artists.

15 Februari 2012 Mac merilis trailer music videonya yang berjudul Missed Calls. 23 Maret 2012 mixtape ke tujuhnya Macadelic rilis dengan single Loud sebagai ujung tombaknya. Loud sendiri berhasil menduduki posisi ke 53 di US Billboard 100 chart. Di bulan Juni prestasinya kembali tercatat. Ia mengeluarkan sebuah lagu berjudul Onaroll yang diproduseri oleh Pharell Williams dan video clip Missed Calls resmi tayang secara penuh pada 22 Juni 2012.

Selanjutnya ada single Pink Slime dan Glow di bulan Agustus, lagu PlaneCarBoat di bulan Agustus dan iTunes exclusive EP berjudul You di 21 November 2012. Lanjut dengan mixtape ke delapan yang berisi deretan lagu instrumental, Run-On Sentences Vol.1 rilis dibawah nama alisnya Larry Fisherman.

7. REMember Music.

Kemudian Mac membuat labelnya sendiri yang diberi nama REMember Music. Label ini sendiri ia resmikan di awal tahun 2013. Uniknya ternyata nama label ini terinspirasi dari nama seorang temannya yang telah meninggal dunia.

8. Album ke dua

Di tahun itu Mac kembali membuat gebrakan. Ia mengeluarkan album ke duanya, Watching Movies with the Sound Off. Album ini ia rilis di tanggal 18 Juni 2013. 17 Desember 2013 album live pertamanya dilepas ke pasaran, yaitu Live from Space.

9. Bergabung bersama Warner Bros. Records

14 Januari 2013 Mac Miller membuat sebuah keputusan besar. Setelah bertahun-tahun bernaung di bawah label yang membesarkan namanya, ia memilih untuk hengkang dari Rostrum Recoreds. 11 Mei 2014 ia me rilis mixtape ke sepuluhnya, Faces. 21 Oktober 2014 ia dan REMember Records yang dibuatnya bergabung dengan Warner Bros. Records. Berlanjut dengan membintangi reality show MTV2: Mac Miller and teh Most Dope Family, merilis album studio ke tiga, GO:OD AM di bulan September. Pada 16 September 2016 Mac Miller kembali dengan album ke empatnya, The Divine Feminine.

10. Kecanduan obat-obatan terlarang & kisah cinta dengan Ariana Grande

Di tahun 2016 ini kehidupan pribadinya mulai terbongkar. Fakta kalau Mac kecanduan obat-obatan jenis promethazine dan codeine mulai tahun 2012 mulai terendus. Ia mengaku menggunakan obat-obatan itu karena mengalami stress saat menjalani tour Macadelicnya di tahun yang sama. January 2013 sebuah pengakuan keluar darinya. Dilansir dari Complex ia mengatakan, "Aku suka obat-obatan karena rasanya enak. Aku mengonsumsinya ketika aku sedang sedih dan teman-temanku tidak ada bersamaku, jadi aku mengonsumsinya banyak sekali."

Tak sampai di situ saja. Di tahun 2016 ia juga berpacaran dengan Ariana Grande. Bahkan mereka sempat membuat sebuah lagu kolaborasi, The Way. Keduanya tampak romantis pada music videonya.

Sayangnya jalinan cintanya dengan Ariana harus kandas di tahun 2018. Ariana Grande memilih putus karena beberapa hal. Salah satunya adalah karena Mac kecanduan obat 
terlarang.

"Aku bukan baby sitter atau ibu Mac. Dan aku rasa seorang wanita tak boleh merasa seperti itu. Aku sudah memberi perhatian dan dukungan untuk kesembuhannya. Tentunya aku akan terus berharap untuk kesembuhannya," ungkap Ariana melalui twitter setelah putus.

11. Kabar meninggalnya Mac Miller

Rupanya Ariana telah lelah dengan Mac yang tak kunjung 'sembuh'. Usut punya usut Mac juga telah masuk di dalam lingkaran narkoba dan juga mempunyai beberpa catatan kriminal sejak beberapa tahun sebelumnya. Misalnya ditangkap dan dipenjara di tahun 2011 karena marijuana, masalah di dunia recording tahun 2012 dan 2015, serta yang paling baru tentang masalah tabrak lari di bulan Mei 2018.

Putus dari Ariana Grande, Mac Miller menyibukkan diri dengan musik yang selalu jadi kecintaannya sejak kecil. Ia menggarap album baru, Swimming, dan mempersiapkan tour Amerikanya. Bahkan setelah album ini dirilis tanggal 3 Agustus lalu ia sempat menjalani sejumlah aktivitas bersama para rekan musisinya. Seperti menghabiskan waktu dengan bertemu dengan Steve Lacy, Mac Demarco, Jaden Smith, Kehlani hingga Kodak Black.

Satu hari sebelum ia ditemukan meninggal dunia, Mac Miller sempat memposting 2 buah foto dan bercerita kalau ia baru saja menjalani wawancara dengan New York Magazine tentang album barunya. Sayangnya hasil wawancara ini adalah 'jejak' terakhirnya di industri musik dunia. Hingga saat ini kepolisian setempat masih menyelidiki penyebab kematiannya. Sejumlah sahabat mengucapkan bela sungkawanya atas meninggalnya Mac Miller, Sebut saja Ed Sheeran dan Khalid. Selamat jalan, Mac Miller.


REKOMENDASI
TRENDING