Pangeran William, Calon Raja Inggris Ganteng Berhati Mulia

Jum'at, 25 November 2016 09:08 Penulis: Helmi Romadhon
Pangeran William, Calon Raja Inggris Ganteng Berhati Mulia Pangeran William © Splashnews.com

Kapanlagi.com - Siapa yang akan menduduki tahta sebagai pemimpin Inggris ketika Ratu Elizabeth II pensiun nanti memang masih belum ditentukan. Sampai saat ini pun, bahkan belum ada tanda-tanda wanita 90 tahun itu akan turun dari jabatannya.

Meski begitu, sempat muncul rumor kalau Pangeran William-lah yang akan menjadi raja Inggris selanjutnya. Suami Kate Middleton ini sempat disebut bakal melewati sang ayah, Pangeran Charles untuk naik tahta. Benar atau tidaknya, masih akan jadi rumor sampai ada pengumuman resmi dari pihak Kerajaan.

Terlepas dari siapa yang akan menjadi raja, yang pasti Pangeran William mamang punya hati mulia. Sifat yang pastinya diinginkan rakyat ada pada seorang raja Inggris.

Akankah Pangeran William naik tahta? © Dailymail.co.ukAkankah Pangeran William naik tahta? © Dailymail.co.uk

Selama ini, Pangeran William dikenal akan tingkat kepeduliannya yang amat tinggi. Layaknya seorang pahlawan, ayah dua orang anak ini juga sudah terlibat dalam beberapa misi penyelamatan. Rasa empati Pangeran William bahkan muncul semenjak dirinya masih muda.

Terlahir dari keluarga yang juga peduli akan sesama, membuat William muda sadar akan pentingnya membantu sesama. Termasuk kepeduliannya terhadap pengidap HIV/AIDS sampai saat ini yang disebut-sebut ditularkan dari sang ibu, mendiang Putri Diana.

Sejak muda, Pangeran William sudah peduli pada sesama © PopsugarSejak muda, Pangeran William sudah peduli pada sesama © Popsugar

Pekerjaan Pangeran William pun masih tak jauh-jauh dari kepedulian antar sesama. Selain menjalankan tugas dari Kerajaan, ia menjadi pilot ambulance udara di East Anglian Air Ambulance. Sebelumnya, ia juga menjadi pilot helikopter satuan penyelamat (SAR) dari Angkatan Udara Kerajaan Inggris.

Dalam menjalankan tugasnya, Pangeran William telah berhasil menyelamatkan nyawa manusia. Di tahun 2010 misalnya, ia pernah menolong seorang pendaki gunung yang tiba-tiba mengalami serangan jantung.

Pangeran William bertugas sebagai pilot di ambulance udara © Dailymail.co.ukPangeran William bertugas sebagai pilot di ambulance udara © Dailymail.co.uk

Kejadian itu bukan yang pertama dan terakhir. Sebelumnya ia juga pernah menolong seorang pria yang tertembak pada bagian perutnya. Pria tersebut kemudian dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Oktober tahun lalu, sang Pangeran juga pernah menolong seorang gadis 9 tahun yang mengalami kecelakaan ketika hendak menyebrang. Gadis tersebut dibawa Pangeran William dan tim-nya ke RS. Kondisinya cukup kritis. Namun jika saja tidak ditolong cepat, mungkin keadaannya akan semakin parah.

Pangeran William pernah menyelamatkan penebang pohon © Youtube.comPangeran William pernah menyelamatkan penebang pohon © Youtube.com

Dan pada Maret 2016 kemarin, Pangeran William juga menyelamatkan seorang penebang yang mengalami kecelakaan tertimpa pohon. Tak ada perlakuan spesial dari orang-orang terhadap Pangeran William. Ia menjalankan tugasnya seperti rekan-rekan kerjanya. Karena sangat membaur, sang penebang pohon bahkan awalnya tak menduga bahwa yang menolongnya adalah calon pewaris tahta Inggris.

Dalam membantu, Pangeran William tak pandang bulu bahkan ketika harus 'mengorbankan' hartanya. Dilaporkan, setiap tahunnya Pangeran William menyumbangkan seluruh gajinya sebagai pilot East Anglian Air Ambulance yang diperkirakan mencapai £40,000 (sekitar 673 juta rupiah)  untuk keperluan amal di bidang ambulance udara.

Kepedulian Pangeran William bukan hanya sebatas karena tuntunan pekerjaannya! Ia juga terlibat aktif dalam mendukung kasus kekerasan, bully-ing, kanker, tunawisma, perdagangan manusia, kemiskinan, pengungsi, bahkan pendidikan.

Pangeran William juga aktif dalam lembaga yang bergerak di bidang pendidikan © Splashnews.comPangeran William juga aktif dalam lembaga yang bergerak di bidang pendidikan © Splashnews.com

Pangeran William juga kerap kali ikut membantu korban bencana alam. Seperti apa yang ia lakukan di tahun 2004, di mana tsunami dahsyat meluluhlantakkan beberapa daerah, termasuk juga Aceh di Indonesia. Ia bersama adiknya Pangeran Harry mengajukan diri untuk membantu bersama Palang Merah Inggris.

Sejumlah lembaga kemanusiaan dan badan amal pun didukung oleh pria 34 tahun itu. Mulai dari National AIDS Trust, Help for Heroes, UNICEF, Child Bereavement Charity, The Countryside Foundation For Education, BeatBullying, hingga Teenage Cancer Trust.

Bukan hanya kepada manusia, Pangeran William juga peduli pada hewan. Kalau binatang bisa berpikir seperti kita, mungkin mereka sudah akan mengeluh-eluhkan nama Pangeran William senagai pahlawan. Sejauh ini, Duke of Cambridge diketahui mendukung beberapa badan seperti African Wildlife Foundation, Elephant Family, WildAid, dan Save the Elephants.

Dengan berbagai macam kepeduliannya terhadap sesama, nggak salah banget kan kalau menyebut Pangeran William sebagai pahlawan modern?

(kpl/mhr)

Editor:

Helmi Romadhon


REKOMENDASI
TRENDING