Wyclef Jean Tak Lagi Calonkan Presiden Haiti

Rabu, 22 September 2010 07:55 Penulis: Anton
Wyclef Jean Tak Lagi Calonkan Presiden Haiti Wyclef Jean
Kapanlagi.com - Bintang hip-hop Wyclef Jean mengumumkan penghentian upayanya untuk mencalonkan diri dalam pemilihan Presiden Haiti pada November, satu bulan setelah pencalonannya secara resmi ditolak oleh pihak berwenang Haiti.

"Setelah berpekan-pekan renungan yang tenang tapi menyakitkan bersama putri dan istriku, aku telah memilih untuk mengakhiri upayaku untuk jadi Presiden Haiti," kata penyanyi dan penulis lagu tersebut di dalam satu pernyataan yang dikeluarkan pada hari Selasa (21/9).

"Ini bukan kesimpulan yang mudah untuk dicapai; tapi ini adalah keputusan yang dibuat melalui pertimbangan seksama," kata Wyclef.

Wyclef, yang dilahirkan di Haiti tapi telah menjalani sebagian besar hidupnya di Amerika Serikat, mengatakan, ia sekarang akan memusatkan perhatian pada musik. Ia mengatakan, ia berencana meluncurkan album baru tahun depan dengan judul If I were President, the Haitian Experience.

Komisi pemilihan umum Haiti bulan Agustus memutuskan bahwa Wyclef Jean gagal memenuhi persyaratan yang mengharuskan calon presiden selama lima tahun berturut-turut menetap di negeri itu sebelum mencalonkan diri.

Beberapa hari setelah keputusan pengadilan pemilihan umum, Wyclef meluncurkan satu lagu di radio Haiti yang menuduh Presiden Rene Preval, yang akan mengakhiri masa jabatannya, merekayasa penolakan dia sebagai calon.

Wyclef mengatakan ia akan mengajukan banding atas putusan tersebut, tapi para pejabat mengatakan keputusan badan pemilihan umum itu sah berdasarkan hukum di Haiti.

Wyclef meninggalkan Haiti bersama keluarganya untuk menetap di New York pada usia 9 tahun dan meluncurkan karir musiknya di Amerika Serikat. 

(antara/bun)

Editor:

Anton

REKOMENDASI
TRENDING