SELEBRITI

10 Potret Rachel Vennya Didik Xabiru, Kreatif - Islami

Rabu, 29 April 2020 13:33 Penulis: Puput Saputro

Rachel Vennya; Niko Al Hakim; Xabiru (credit: instagram @rachelvennya)

Kapanlagi.com - Awal mula nama Rachel Vennya dikenal sebagai salah satu beauty vlogger kenamaan di Indonesia. Tapi, setelah menikah dengan Niko Al Hakim dan dikaruniai putra pertama yang diberi nama Xabiru, Rachel kini jadi lebih banyak membagikan konten tentang keluarga dan parenting.

Cara Rachel Vennya dalam mendidik anak memang kerap mendapatkan sorotan dari netizen. Banyak orang yang kagum dengan cara Rachel mendidik Xabiru. Di akun instagramnya, ibu dari dua orang anak ini kerap membagikan tips seputar parenting pada followers-nya.

Seperti apa sih potret Rachel Vennya dalam mendidik anak yang inspiratif? Berikut beberapa potretnya.

 

 

1. Didik Bertanggung Jawab

Sejak lahir pada Desember 2017 lalu, putra pertama Rachel Vennya, Xabiru memang sudah banyak menarik perhatian. Bukan hanya karena ketampanan dan tingkah polahnya yang lucu. Bocah berambut keriting itu juga kerap dipuji karena kepintarannya.

Seperti di video yang diposting Rachel ini, Xabiru berinisiatif membersihkan air yang dia tumpahkan menggunakan pel. Hebatnya, Xabiru melakukan aksi ini atas inisiatifnya sendiri. Meski masih sangat kecil ternyata Xabiru sudah tahu artinya tanggung jawab. Keren ya KLovers.

2. Melibatkan Anak dalam Berbagai Aktivitas

Melibatkan anak dalam setiap kegiatan sepertinya jadi salah satu kunci dalam mendidik anak ala Rachel Vennya. Karena, bisa sekalian memberikan contoh sekaligus mengajak anak untuk aktif. Seperti di foto ini, Rachel mengajak Xabiru membuat kue roll. Sepertinya Rachel beda dengan ibu kebanyakan yang tidak suka kalau anaknya main kotor-kotoran.

3. Kreatif Membuatkan Anak Mainan

Rachel Vennya ternyata adalah sosok ibu yang kreatif. Hal ini terbukti dalam sebuah postingan. Rachel mengajak Xabiru membuat play dough untuk pengganti malam atau plastisin. Rachel membuatnya dari bahan makanan, jadi lebih aman jika diam-diam anak diam-diam memasukkan mainannya ke mulut. Kreatif sekali ya.

4. Mengajari Agama

Rachel Vennya juga tidak lupa membekali putra kesayangannya dengan pendidikan agama. Dalam beberapa video, terlihat Xabiru yang belajar pengetahuan soal agama seperti rukun islam dan keluarga nabi.

Pendidikan agama itu disampaikan dalam alunan lagu yang menyenangkan. Jadi tidak mengherankan bukan kalau di usia yang sekecil itu Xabiru sudah bisa melakukan gerakan sholat.

5. Mendongeng

Satu lagi metode mendidik anak yang bisa dicontoh dari Rachel Vennya. Rachel sepertinya rutin membacakan dongeng untuk Xabiru. Alhasil, Xabiru menjadi anak yang pintar dalam berperilaku dan berimajinasi. Bahkan, Xabiru juga sudah mulai bisa mendongeng lho.

6. Melatih Anak Bersabar

Meski hidup serba berkecukupan, ternyata Rachel Vennya tidak serta-merta menuruti semua kemauan Xabiru. Sosok yang dipanggil Buna oleh anaknya ini kerap menunda-nunda ketika sang anak meminta sesuatu. Bukan karena pelit, melainkan untuk melatih anak agar jadi lebih penyabar.

7. Memberikan Mainan Edukatif

Untuk lebih melatih kreativitas anak, Rachel Vennya menyediakan mainan edukatif untuk Xabiru dan adiknya kelak. Berbagai mainan edukatif yang dipunyai Xabiru, di antaranya puzzle, balok, miniatur hewan, dan lain-lain. Dan, dari video yang diposting Rachel ini, Xabiru terlihat sangat bergembira memainkan mainannya.

8. Memperhatikan Perkembangan Anak

Sebagai sosok ibu yang mengerti parenting, Rachel Vennya selalu memperhatikan perkembangan anak. Tidak hanya soal kesehatan dan pertumbuhan yang bersifat fisik seperti tinggi dan berat badan. Melainkan perkembangan anak lainnya, seperti perkembangan sensorik.

9. Mengajak Wisata Edukatif

Rachel Vennya dan Niko Al Hakim selama ini juga dikenal sebagai pasangan yang suka berpergian. Nah dalam beberapa kesempatan itu, Rachel dan Niko mengajak Xabiru ke tempat wisata edukatif seperti kebun binatang dan akuarium. Bahkan, dalam vlog perjalanan mereka ke Afrika Rachel dan Niko terlihat sangat berusaha mendekatkan Xabiru dengan alam.

10. Banyak Memberi Contoh

Rasanya setiap orang pasti akan sangat setuju kalau cara mendidik anak yang paling tepat adalah dengan memberikan contoh langsung. Nah, sepertinya inilah yang dilakukan Rachel Vennya dan Niko Al Hakim dalam mendidik Xabiru dan adiknya. Terbukti, Xabiru tumbuh dengan mencontoh orangtuanya.

Foto ini contohnya, Xabiru yang biasa dibacakan dongeng oleh ibunya, sekarang gantian membacakan dongeng untuk adiknya. Di postingan lain, Xabiru terlihat memijat teman bermainnya. Rachel menyebut, memijat adalah kebiasaan suami saat dirinya sakit. Xabiru benar-benar bocah yang pintar ya KLovers.

Nah, itulah 10 potret Rachel Vennya dalam mendidik anaknya. Sepertinya banyak yang bisa ditiru dari cara Rachel Vennya mendidik Xabiru. Jadi nggak sabar buat lihat cara Rachel Vennya dalam mendidik adik Xabiru nanti. Siapa tahu masih bakal ada tips-tips parenting baru lagi dari Rachel.


REKOMENDASI
TRENDING