SELEBRITI

12 Fakta Sarwendah yang Jarang Diketahui, Berprestasi di Luar Negeri - Pernah Jadi Pelayan Resto

Kamis, 04 Juni 2020 12:21 Penulis: Tantri Dwi Rahmawati

Sarwendah © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Sosok Sarwendah selama ini begitu diidolakan publik. Bukan cuma karena cantik dan bersuara merdu, istri Ruben Onsu ini juga dikenal sederhana. Namun di balik itu semua, ada sejumlah fakta tentangnya yang jarang diketahui publik lho! Apa saja? Intip yuk!

1. Sekolah di Luar Negeri

Dilansir dari kanal kanal Youtube Perspektif MetroTV pada Selasa (10/3) silam, Sarwendah mengaku pernah bersekolah di luar negeri. Mulai dari bangku SMP hingga kuliah semua dijalani di luar negeri.

"Aku dulu kan kuliahnya sastra Mandarin. Di Beijing. Jadi aku SMP itu di Malaysia, SMA di Taiwan, Kuliahnya di Beijing," ujar penyanyi tiga anak ini.

Negara-negara itu dipilih karena ada saudara di sana. "Kalau Malaysia itu papi yang pilih karena aku masih 13 atau 14 tahun dan di situ ada saudara," lanjutnya.

2. Dapat Beasiswa

Selama sekolah di luar negeri, Sarwendah merupakan siswa yang berprestasi. Tak heran kalau beasiswa pun sempat ia sabet.

"Aku dulu orangnya dapat beasiswa di sekolah. (Beasiswa dari SMA) sih. Dari SMP aku udah rangking terus," tukas wanita 30 tahun ini.

3. Jadi Asisten Guru

Kecerdasan Sarwendah menarik perhatian para guru. Tak tanggung-tanggung nyaris semua guru menjadikan Sarwendah sebagai asisten.

"Sampai di Taiwan tuh ada guru yang deket banget sama aku. Jadi aku tuh, misal sekolah ada asisten dosen, asisten guru lah. Rata-rata guru asistennya aku semua," terang Sarwendah.

4. Sempat Jadi Waiters

Segudang kesibukannya sebagai asisten guru ternyata tak menghalangi Sarwendah jajal hal lain. Ia malah masih sempat jadi waiters juga.

"Aku malah kayak gitu masih ada kerja part time. Jadi waiters di Malaysia di Taiwan juga," ujar wanita kelahiran 29 Agustus 1989 ini.

"Aku kerja jadi waiters terus nambah duit jajan sendiri, sebenarnya senang-senang aja. (uangnya untuk) Jalan-jalan, makan," lanjutnya.

5. Pernah Jadi Translator Mandarin dan Guru Les

Setelah kembali ke Indonesia, Sarwendah sempat bekerja secara freelance sebagai translator.

"Aku sebenarnya translator Mandarin sebelum (jadi guru les). Misalnya ada orang dari China dateng mereka mau kerjasama sama orang Indonesia aku yang translate. Freelance," jelas pelantun lagu Patah Jadi Dua ini.

6. Bercita-Cita Jadi Desainer

Kini Sarwendah sudah menggeluti dunia entertainment dan bisnis bersama sang suami. Siapa sangka, ia dulu malah ingin jadi desainer dan model.

"Dulu tuh aku cita-citanya pengen jadi desain interior sama pengen jadi model," tutur Sarwendah.

7. Gabung Cherrybelle Karena Antar Teman Audisi

Selain jadi translator Mandarin, Sarwendah juga bergabung dengan Cherrybelle setelah kembali ke Indonesia. Rupanya, saat audisi, ia sebenarnya hanya mengantar teman.

"Sebenarnya itu ceritanya adalah aku nemenin temen aku. Ternyata aku disuruh ikut audisi aja sama orang castingnya. Terus ternyata temen aku nggak dipilih, aku yang dipilih," jelas Sarwendah.

"Pada saat audisi aku bilang 'Sorry aku nggak begitu hapal lagu Indonesia', karena emang bener-bener baru balik kan. Ya udah aku sambil lihat teks gitu," imbuhnya.

8. Belajar Nyanyi

Setelah lolos audisi Cherrybelle, Sarwendah persiapkan diri untuk terjun di dunia entertainment. Ia lantas belajar menyanyi dengan sungguh-sungguh.

"Aku belajar nyanyi. Belajar sebelajar-belajarnya dengan proses sampai bisa sekarang," tutur bintang film LOVE IS U ini singkat.

9. Jadi Penyanyi Mandarin

Getol belajar nyanyi membuahkan hasil. Sarwendah lantas dipercaya jadi penyanyi Mandarin hingga kini.

"Lebih banyak off air-nya Mandarin. Orang bilang nada aku lebih enak pada saaat ngomong Mandarin itu terdengar lebih cocok gitu," terang Sarwendah seraya tertawa kecil.

10. Nggak Kuat Pakai Kostum

Kendati pun sekarang sudah jadi penyanyi dengan banyak job, Sarwendah tak kuat berdandan cantik dengan kostum yang menawan.

"Aku tuh orangnya nggak kuat pakai baju cantik. Jadi kalau misalnya aku abis perform nyanyi aku tuh turun langsung ganti baju. Langsung buka rambut. Aku nggak bisa tuh dijepit, kepalaku pusing," ujarnya pada Atiek.

11. Awalnya Nggak Bisa Masak

Selama ini, Sarwendah dikenal pandai memasak. Rupanya, ia dulu nggak bisa masak dan malah banyak belajar saat masih tinggal di luar negeri.

"Dulu, awalnya aku nggak bisa masak. Tapi karena waktu sekolah di luar (negeri) aku kangen masakan Indonesia, jadi aku masak sendiri," ujarnya dalam kanal Youtube Atiek Nur Wahyuni pada 14 Mei silam.

12. Subuh-Subuh Sudah Masak

Sudah bergelimang harta rupanya nggak bikin Sarwendah doyan bangun siang. Ya, subuh-subuh ia sudah bangun dan langsung berjibaku di dapur.

"Aku bangun setengah 5 jam 4-an. Tergantung masakannya yang mau dimakan anak itu apa," tuturnya.


REKOMENDASI
TRENDING