SELEBRITI

Analisa Ahli IT, Foto Abraham Samad - Elvira Devinamira Rekayasa

Rabu, 14 Januari 2015 14:20 | 

Elvira Devinamira


Analisa Ahli IT, Foto Abraham Samad - Elvira Devinamira Rekayasa




Kapanlagi.com - Foto-foto mirip Abraham Samad dan juga Elvira Devinamira menghebohkan publik dengan berbagai pose mesra yang dihadirkan. Sekilas pose-pose mesra itu seperti foto asli karena sangat detail dalam berbagai angle berbeda.

Namun ketika dikonsultasikan dengan ahli IT, banyak kejanggalan ditemukan dalam foto-foto mirip Abraham Samad dan Elvira Devinamira itu. Janner Simarmata, yang merupakan Sekjen Forum Akademisi IT (FAIT) mengungkap berbagai keanehan yang ia temukan.

"Sebenarnya untuk melakukan pembuktian terhadap keaslian foto bisa kita lakukan dengan cara pengamatan secara visual, dan metode ini tentu lah membutuhkan kepekaan dalam melihat sebuah object. Dengan demikian kita tidak membutuhkan alat bantu berupa aplikasi pengolah foto yang mampu memperlihatkan dan memperjelas bagian-bagian yang ganjil dengan menggunakan metode tersebut, sudah dapat dipastikan bahwa foto mesum Abraham Samad adalah hasil dari sebuah rekayasa," jelas Janner seperti dilansir merdeka.com.

Analisa IT terkait foto mesra mirip Abraham Samad - Elvira Devinamira. ©merdeka.comAnalisa IT terkait foto mesra mirip Abraham Samad - Elvira Devinamira. ©merdeka.com

Pria yang juga dosen Komputer di Universitas Negeri Medan itu mengatakan foto yang ada bisa dengan mudah direkayasa. Dalam kasus mirip Abraham Samad, foto itu ia sebut diedit dengan metode Blurring (mengaburkan), Smoothing (memperhalus tepi), dan Smudging (memperhalus permukaan objek).

"Ini sebuah tindak kejahatan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi tanpa batas dan tanpa izin. Pihak berwenang harus mengusut kasus penyebaran foto rekayasa ini dan mencari tahu siapa penyebarnya," ungkapnya.

Selain itu Jenner menyebutkan pelaku editing foto bisa dijerat dengan beberapa tuntutan yaitu Pasal 72 angka 5 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Hak Cipta dan Pasal 72 angka 5, serta Pasal 35 ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Teknologi Elektronik.

Simak Juga:

Ahli Sebut Foto Mesra Asli, KPK - Abraham Samad Malah Bantah
Abraham Samad, Ketua KPK Yang Diduga Tersandung Skandal
6 Fakta Heboh Elvira Devinamira, Terduga Skandal Ketua KPK
Elvira Diduga Skandal, Sejarah Kelam Puteri Indonesia Terulang?
Sebelum Foto Beredar, Elvira Devinamira Kerap Digandeng KPK

(mer/sjw)

Rekomendasi Pilihan





Lihat Arsip Selebriti

- - -