Anang Hermansyah Belajar Musik Dari Almarhum Rinto Harahap

Rabu, 11 Februari 2015 12:25 Penulis: Ahmat Effendi
Anang Hermansyah Belajar Musik Dari Almarhum Rinto Harahap Almarhum Rinto Harahap ©KapanLagi.com®/Busan
Kapanlagi.com - Penyanyi yang kini aktif sebagai anggota DPR, Anang Hermansyah turut kehilangan sosok almarhum Rinto Harahap. Banyak memori yang diingat Anang tentang sosok yang dikenal sebagai legenda musik ballad ini. Rinto tidak mampu bertahan dari penyakit yang dideritanya dan meninggal pada Senin (09/02/2015), di RS Mount Elizabeth, Singapura.

"Dia (Rinto) yang ngajarin aku jadi seniman di industri musik Indonesia. Sering diskusi, nongkrong di studio rumahnya," ujar Anang saat ditemui di rumah duka, Cilandak, Jakarta Selatan (10/2).

Banyak karya yang ditelurkan Rinto sebagai seorang musisi. Lagu-lagunya seperti Ayah, Nasibku Nasibmu, dan Benci Tapi Rindu seolah tidak lekang oleh zaman. Bahkan untuk generasi yang berada jauh di bawah Rinto seperti Ashanty.

Anang menganggap almarhum Rinto sebagai guru yang banyak mengajarinya tentang bermusik. ©KapanLagi.com®Anang menganggap almarhum Rinto sebagai guru yang banyak mengajarinya tentang bermusik. ©KapanLagi.com®

"Dia (Rinto) seseorang musisi legend. Kalau karaoke aku suka nyanyiin lagu-lagunya. Mudah-mudahan meski sudah tidak ada, karya-karyanya tetap melegenda," ungkap Ashanty.

Rinto yang membangun perusahaan rekaman Lollypop selama hidupnya memang menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia musik. Salah satunya ketika RBT distop dan pendapatan sejumlah musisi lenyap, ia banyak memberikan masukan untuk para sahabatnya.

"Yang selalu saya ingat, dia pernah bilang 'Harus bagaimana musik Indonesia dan senimannya. Seniman Indonesia harus mendapat kehidupan yang seharusnya. Pekerja seni itu sebenarnya sama dengan pekerja profesional," tambah Anang yang sudah jarang bertemu Om Rinto semenjak sakit.

(kpl/rhm/sjw)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING