Istri Rinto Harahap Salat di Samping Jenazah Almarhum

Rabu, 11 Februari 2015 11:52 Penulis: Ahmat Effendi
Istri Rinto Harahap Salat di Samping Jenazah Almarhum Lily Kuslolita - Rinto Harahap ©KapanLagi.com®/Busan
Kapanlagi.com - Dunia musik Indonesia kehilangan sosok musisi legendaris Rinto Harahap yang meninggal akibat penyakit kanker tulang belakang. Almarhum Rinto meninggalkan seorang istri bernama Lily Kuslolita, dan tiga orang anak yaitu Cindy Claudia Harahap, Ratna Harahap dan Astrid Harahap.

Rinto menikah dengan Lily yang berasal dari Solo pada tanggal 9 November 1973 silam. Hubungan itu tetap bertahan di tengah perbedaan keyakinan, hingga maut memisahkan. Rinto adalah seorang Kristen Protestan dan bahkan ayahnya pernah berharap ia menjadi seorang pendeta. Sementara itu istrinya Lily merupakan seorang muslim dan berasal dari keluarga Muslim.

Sebelum sang suami dimakamkan hari ini di TPU Kampung Kandang, Lily sempat menunaikan salat jenazah di samping almarhum. Pemandangan itu cukup kontras karena Rinto dimakamkan bukan dengan prosesi Islami. Selain Lily, putrinya Cindy pada tahun 1991 silam memilih menjadi mualaf ketika tengah menempuh pendidikan di Australia.

Lily salat jenazah di samping almarhum Rinto Harahap. ©KapanLagi.com®/Busan Lily salat jenazah di samping almarhum Rinto Harahap. ©KapanLagi.com®/Busan

Jenazah Rinto sendiri tiba di Indonesia sejak kemarin, Selasa (10/02) dari Singapura. Sebelumnya Rinto yang mengidap multiple miloma atau kanker tulang sumsum belakang dirawat di RS Mount Elizabeth, Singapura sebelum meninggal. Meski menderita kanker, penyebab kematian Rinto disebut karena infeksi paru.

Banyak pihak yang merasa kehilangan sosok Rinto Harahap. Sebagai seorang legenda di dunia musik, ia telah menciptakan lebih dari 500 lagu sejak awal karirnya di tahun 1969 silam. Pada tahun 70-an, nama Rinto begitu populer bersama grup The Mercy bersama Erwin Harahap, Charles Hutagalung dan Reynold Panggabean.

Rinto yang sangat populer dengan lagu-lagu ballad seperti Ayah dan Benci Tapi Rindu juga pernah membangun perusahaan rekaman bernama Lolypop. Dari perusahaan rekaman itu nama-nama populer seperti Betharia Sonata, Christine Panjaitan, Eddy Silitonga, Iis Sugianto dan Nia Daniati dimunculkan.

(kpl/sjw)

Editor:

Ahmat Effendi


REKOMENDASI
TRENDING