SELEBRITI

Arumi Bachsin: Industri Kerajinan Makin Terwadahi dari Hulu Sampai Hilir

Minggu, 24 April 2022 10:00 Penulis: Dian Eka Ryanti

© KapanLagi.com/Darmadi Sasongko

Kapanlagi.com - Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Jawa Timur, Arumi Bachsin menilai kehadiran Rumah UMKM Shopee semakin menguntungkan pelaku industri kerajinan yang selama ini menjadi binaan lembaganya. Mereka menjadi semakin terwadahi dari hulu sampai hilirnya.

"Sekarang jadi punya rumah, bukan hanya sebagai binaan kami dari Dekranasda tetapi juga e-comercenya, punya wadah dari hulu sampai hilir," tegas Arumi Bachsin dalam peresmian Rumah UMKM Shopee Malang di UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur di Kota Malang, Selasa (12/4).

Arumi mendampingi Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dalam peresmian Kampus UMKM Shopee di Malang. Kampus tersebut didirikan sebagai langkah mendorong dan mempermudah digitalisasi bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

1. Kampus UMKM Akan Mempermudah

Kampus UMKM tersebut akan mempermudah digitalisasi lebih banyak pelaku UMKM di Provinsi Jawa Timur, khususnya Kota Malang dan sekitarnya. Para pelaku UMKM bisa semakin memperluas jangkauan pemasaran produknya.

"Biasanya di Dekranasda itu kami punya quality control di produknya, bagaimana perizinan dan sertifikasinya seperi BPOM Haki, Branding dan sebagainya. Itu biasanya quality controlnya dari kami, tapi sekarang ada yang menyambut di sisi marketing dan juga pemasarannya langsung yakni Shopee," jelasnya.

2. Memiliki Harapan yang Bagus

Arumi menjabat Ketua Dekranasda Periode 2019-2025 yang merupakan wadah untuk mengembangkan dan membangun industri kerajinan yang memiliki citra budaya lokal di Provinsi Jawa Timur. Lewat lembaga tersebut mengajak para perajin untuk bergabung dan mengembangkan potensi produk kerajinan Jawa Timur bersama-sama.

"Jadi harapannya terjadi kerjasama dari hulu sampai hilir. Sekarang sudah ada dukungan program melalui anggaran, " ungkap Arumi yang mengaku tetap lancar berpuasa di tengah aktivitasnya.


REKOMENDASI
TRENDING