SELEBRITI

Asal Muasal Nama Jokowi, Pemberian Warga Prancis

Jum'at, 12 April 2019 16:22 Penulis: Guntur Merdekawan

Joko Widodo © Istimewa

Kapanlagi.com - Kita semua sudah tahu jika Jokowi merupakan singkatan dari Joko Widodo. Namun pertanyaannya, siapa yang pertama kali memberikan nama tersebut? Salah jika kalian mengira itu adalah nama pemberian dari sang istri, Iriana. Ternyata ada sejarah di balik nama Jokowi.

Tahun 19887, Jokowi dan Iriana dikaruniai anak pertamanya, Gibran Rakabuming. Dan lahirnya Gibran lantas memicu semangat Jokowi untuk mendirikan perusahaan pertamanya, CV Rakabu yang bergerak di bisnis mebel.

Di tengah-tengah keseriusan membesarkan perusahaan, Jokowi malah kena tipu dan rugi banyak. Seorang pembeli lari tanpa membayar setelah mendapatkan barang pesanannya.

1. Semangat Untuk Bangkit

Jokowi baru sadar jika ternyata membangun usaha sendiri ternyata juga tak semudah yang diperkirakan. Namun kegagalan yang dialami itu tak lantas membuat ayah 3 anak ini patah arang.

"Kalau kita jatuh ya harus bangkit lagi. Tidak lama setelah itu, saya mendapatkan pinjaman modal usaha. Dengan semangat untuk bangkit dan berkembang dan bergerak cepat untuk mencari pesanan sampai luar negeri dengan cara ikut pameran-pameran mebel," ujar Jokowi dalam sebuah video animasi yang diposting di channel Youtube-nya.

2. Asal Nama Jokowi

Saat usahanya makin besar dan dikenal, datanglah seorang pembeli dari Prancis. Dan sosok bernama Bernard Chene itulah yang akhirnya memberikan nama 'Jokowi' untuk Joko Widodo karena sebuah alasan yang lucu.

"Di sini saya bertemu dengan pembeli dari Prancis bernama Bernard Chene. Dia yang memberi sebutan Jokowi untuk saya, untuk membedakan Joko Widodo dengan Joko-Joko lainnya yang banyak beliau kenal. Sejak saat itu, orang-orang lingkungan pengusaha mebel mulai memanggil saya Jokowi," pungkasnya.

3. Simak Videonya!


Video by: Presiden Joko Widodo

REKOMENDASI
TRENDING