ASI Sempat Tak Lancar, Cynthia Lamusu Dapat 'Bantuan' Dari Suami

Kamis, 03 Agustus 2017 12:44 Penulis: Cinthya Septavy
ASI Sempat Tak Lancar, Cynthia Lamusu Dapat 'Bantuan' Dari Suami Cynthia Lamusu © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Keputusan penyanyi cantik Cynthia Lamusu untuk menjadi ibu ASI memang tak tergoyahkan, sekali pun cukup banyak tantangan yang dihadapinya. Personel B3 itu kini mengaku senang lantaran kedua anak kembarnya, Tatjana dan Bima sudah memasuki fase konsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI).

"Jadi bayi prematur BB gak boleh berlebihan Alhamdulillah DSA (dokter spesialis anak) saya bilang anak saya normal gak kegemukan gak kekecilan. Makanya sekarang udah MPASI, MPASI-nya udah dipikirin banyak makanan yang nutrisinya bagus," ujar Cyntia Lamusu ditemui di Raffles Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (1/8).

"Seru banget, itu tadi aku sempet share misalnya awal-awal saya suka duka menyusui ada dilema waktu kenyataannya dicoba breastfeeding langsung Bima ada penolakan. Harusnya lebih gigih tapi ada situasi dimana ibu punya keputusan yang terbaik. Kita memang pengen ideal, tapi niat kita mau yang terbaik. Keseruan lain mereka udah gulet-guletan, padahal dikasih mainan tapi pada rebutan. Tatjana lebih agresif, Bima jadi korban tendang Tatjana. Sekarang saya harian singkirin tempat tidur karena harus di bawah sebab mereka gerakannya aktif banget," tambahnya.

Pijatan Surya Saputra bantu Cynthia Lamusu terhindar dari rasa capek dan stres © KapanLagi.com®/Bayu HerdiantoPijatan Surya Saputra bantu Cynthia Lamusu terhindar dari rasa capek dan stres © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto


Cynthia merasa bersyukur memiliki suami siaga seperti Surya Saputra yang selalu perhatian, bahkan membantu lancarnya produksi ASI dengan memijat ibu dua anak tersebut. "Mas Surya papa siaga banget dari aku hamil dia suami siaga, setiap ke mall ditanyain ke satpam dia masuk toilet perempuan untuk bersihin toilet sebelum aku pake. Proteksinya dia kayak gitu, sekarang jadi bapak Alhamdulillah gak berkurang. Begitu ada waktu di rumah sama anak-anak dia hampir total mendampingi gantian gendong walau mas Surya ada keterbatasan gak boleh lama gendong karena ada cidera punggung," ungkap personel B3 tersebut.

"Itu di rumah sakit hari ketiga saya keluar, nah hari ke-6 jelang masa opname habis karena stres mau pulang rawat bayi saya drop lagi ASI tinggal dikit dan kita konsultasi sama dokter dikasih diajarin cara pijet di punggung mas Surya ada juga, dia langsung praktekan. Biasa dibantu suster saya pede gak pake suster eh bener malah deres setelah dipijet mas Surya. Akhirnya saya percaya diri pulang karena udah ASI-nya lancar," imbuhnya.

Sempat stres dan kecapekan, Cynthia pun kini lebih fokus lagi dalam memperhatikan kesehatannya demi produksi ASI-nya lancar. "Sempet naik turun. Jadi memang buat ASI itu ada beberapa faktor, nutrisi, dari fisik kayak misalnya istirahat sama tingkat stres. Kalo saya mungkin nutrisi itu udah pasti dipikirin dari makanan sayuran, buah, minum susu. Tapi kenapa up & down itu ternyata dilihat juga dari kata dokter stres mempengaruhi. Mungkin itu salah satu yang mempengaruhi saya karena ketika saya konsen ngurus anak dua, tidur jadi berkurang. Ketika istirahat kurang, jadinya kecapekan dan jadi stresnya muncul," tandasnya.

(kpl/pur/cvn)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING