Asyiknya Para Seniman Ikut Aksi 'Blusukan' Bareng di IKJ

Kamis, 26 Juni 2014 14:37 Penulis: Arai Amelya
Asyiknya Para Seniman Ikut Aksi 'Blusukan' Bareng di IKJ Hanung Bramantyo - Mira Lesmana - Didi Petet foto: KapanLagi.com®
Kapanlagi.com - Dalam masa Pemilu 2014 ini, blusukan sepertinya sudah menjadi hal yang tidak asing lagi. Ada yang menilai aksi blusukan ini sangat tepat untuk melihat kondisi langsung rakyat. Namun tak sedikit yang menuding blusukan tak ubahnya aksi pencitraan.

Baiklah, lupakan segala hal soal politik. Sejatinya blusukan tidak hanya dilakukan oleh para calon Presiden. Karena rupanya bagi Pasca Sarjana Institut Kesenian Jakarta (IKJ), hal itu bukanlah sesuatu yang baru dilakukan.

IKJ bahkan kembali mengadakan aksi blusukan bertajuk Bluzuggan Bloes Betawi yang digelar pada Kamis (26/6) hari ini. Event ini bakal dilangsungkan di kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Dalam acara yang direncanakan mulai jam 10.00 pagi itu, ada sekitar 350 seniman kampus dan seniman kampung yang berkolaborasi dalam berbagai aksi seni. Nantinya bakal ada arak-arakan tanjidor, angklung anak jalanan, palang pintu sampai video mapping serta story telling oleh Didi Petet.

Seniman-seniman besar Indonesia yang sudah dikenal namanya pun antusias terlibat dalam perayaan ulang tahun Jakarta ke-487, sekaligus ulang tahun IKJ ke-44 tersebut. Tercatat, ada Sapardi Djoko Damono, Otto Sidharta, Sardoni W. Kusumo sampai Ivan Gunawan. Tentunya sebagai kampus pencetak seniman, para alumni IKJ pun tak mau kalah menampilkan aksi, seperti Hanung Bramantyo, Mira Lesmana, Aksan Sjuman dan Happy Salma.

"Kami akan mengemasnya seperti Kampung Betawi, dan musik yang akan kami tampilkan di antaranya, musik tanjidor asli, gabungan keroncong, jazz, blues. Spesial, ada lagu yang saya ciptakan sendiri yaitu Minan Anak Betawi, yang saya persembahkan khusus untuk anak pak Said," kata Irianto, salah seorang seniman, dalam press rilis, merujuk pada seorang pemusik tanjidor asal Kampung Jagakarsa, Jakarta.

(kpl/rea/aia)

Reporter:

Renata Angelica


REKOMENDASI
TRENDING