Ayu Soraya: Kita Ingin Budaya Betawi Tetap Lestari

Selasa, 10 Desember 2013 10:01 Penulis:
Ayu Soraya: Kita Ingin Budaya Betawi Tetap Lestari Ayu Soraya
Kapanlagi.com - Lagu-lagu Betawi perlahan-lahan mulai tergerus oleh zaman. Tantangan berat atas munculnya ekspansi budaya asing membuat bangsa ini dipandang perlu melakukan penyelamatan warisan para leluhur tersebut.

Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) DKI Jakarta tergerak untuk menggelar ajang bertajuk Lomba Cipta Lagu Betawi.

Ayu Soraya, selaku Ketua DPD PAPPRI DKI Jakarta ingin budaya Betawi tetap lestari. Apalagi sejak kepergian tokoh Betawi, Benyamin S, sudah tidak ada lagi seniman yang menciptakan lagu Betawi.

"Kita ingin budaya Betawi tetap lestari. Salah satunya lewat seni suara dan musik. Kami ingin memunculkan pencipta-pencipta muda yang kreatif seperti Bang Benyamin masa dulu," ujar Ayu Soraya melalui surat elektronik, Senin (9/12).

Sementara selaku panitia pelaksana, Roro Rachmawati menjelaskan lomba terbuka bagi umum dan setiap peserta dipersilakan mengirim materi lagu sebanyak tiga lagu dan tidak dibatasi genre musik tertentu.

"Masing-masing peserta paling banyak mengirimkan tiga materi lagu. Pokoknya lagunya bersifat menghibur dan tidak menyinggung SARA. Sampai saat ini sudah 100 lebih yang mendaftar. Dewan juri masih melakukan penilaian," jelas Roro.

Pemenang lomba akan mendapat hadiah uang dan tropy tetap dari Gubernur DKI Jakarta. Untuk malam puncak akan digelar di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat pada Selasa, 17 Desember 2013.

(kpl/hen/dis/dar)

Editor:


REKOMENDASI
TRENDING