Balapan di China, Keanon Santoso Dapat Dukungan Dari Yuki Kato

Selasa, 17 April 2018 11:37 Penulis: Galuh Esti Nugraini
Balapan di China, Keanon Santoso Dapat Dukungan Dari Yuki Kato Keanon Santoso - Yuki Kato © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Pembalap muda Indonesia, Keanon Santoso akan mengikuti ajang Asia Formula Renault 2018 di Shanghai, China pada Jumat (20/4) mendatang. Berbagai persiapan dilakukan Keanon sebelum bertanding di ajang tersebut. Mulai dari sering berlatih dan persiapan mental.

"Persiapan fisik, mengal, latihan simulator. Karena ini trek pertama kali. Jadi simulator penting bantu banget. Jadi semangat terus," kata Keanon di Teabags Coffe, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (16/4/2018).

Keanon Santoso pun juga meminta saran kepada seniornya Ryo Haryanto. Sebagai junior Keanon mengaku banyak diskusi dengan Rio mengenai ajang yang akan ia ikuti. Ia pun tak sungkan untuk bertanya. Setiap saran dan masukan coba ia dengar dan terapkan.

"Aku juga nanya-nanya tikungan ini gimana. Terus bgeremnya gimana, tekniknya gimana, dia orangnya open lah, dia mau membantu. Spotifitasnya besar. Dia tuh usahanya keras, fisiknya luar biasa, staminanya luar biasa. Gara-gara itu, aku mengidolakan dia," kata Keanon Santoso.

Keanon Santoso merupakan teman kecil Yuki Kato © KapanLagi.comKeanon Santoso merupakan teman kecil Yuki Kato © KapanLagi.com

Sebagai pembalap muda berbakat yang dimiliki Indonesia, remaja 17 tahun ini juga mendapat banyak dukungan. Selain dari keluarga dan teman sekolah, Keanon didukung oleh semua sahabatnya. Bahkan sahabat kecilnya, Yuki Kato pun memberikan dukungan.

"Aku terakhir chatting sama dia pas dia ulang tahun. Aku ucapin ke dia, seminggu baru bales lagi. Jadi sama gantian, begitu dibales aku balesnya lama juga. Dia juga sering nanya ke aku balapannya kapan lagi. Ya gitu, lah," ungkap pria kelahiran 19 Juni 2000 ini.

Kejuaraan Asia Formula Renault 2018 menjadi agenda balap Keanon selanjutnya. Sesi latihan pramusim Asia Formula Renault 2018 telah diikuti Keanon sejak akhir tahun 2018. Dari sesi latihannya tersebut, Keanon meraih cacatan waktu 1:56,2 detik.

Di tahun 2016, Keanon meraih double winner sebagai Juara Nasional Eshark Rok Cup Indonesia dan Juara Asia Rok Cup di kelas senior Rok GP. Tak hanya itu, Keanon juga sempat meraih penghargaan sebagai pebalap terbaik versi IMI Award.

Di kejuaraan seri F4 SEA 2016, Keanon harus absen dari lintasan balap lantaran kesibukannya di dunia pendidikan. Namun, di awal tahun 2017 lalu, Keanon kembali mewakili Indonesia di kejuaraan Rok Final Cup yang digelar di South Garda Karting Lonanta, Italia.

(kpl/far/gen)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING