SELEBRITI

Berikan Santunan, Ini Jumlah Uang Yang Diberi Lion Air Kepada Keluarga Korban JT 610

Kamis, 01 November 2018 16:45 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Dirut Lion Air Group Edward Sirait © Liputan 6

Kapanlagi.com - Sementara ini, baru satu jenazah korban Lion Air JT 610 yang berhasil diidentifikasi oleh Tim Disaster Victim Identification Kepolisian Republik Indonesia (DVI POLRI). Jenazah tersebut bernama Jannatun Shintya Dewi.

Tim DVI Polri berhasil mengidentifikasi Jannatun Shintya Dewi setelah mencocokkan data forensik dan antemortem dengan DNA dari pihak keluarga. Lion Air secara resmi telah menyerahkan jenazah almarhumah Jannatun Shintya Dewi kepada pihak keluarga.

"Atas nama Lion Air, mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga dan handai taulan almarhumah Jannatun Shintya Dewi," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, Kamis (1/11) dilansir Liputan 6.

1. Berikan Santunan

Lion Air pun juga bertanggung jawab memberikan santunan. Mereka memberikan uang tunggu kepada keluarga Rp 5 juta, uang kedukaan Rp 25 juta, serta uang santunan meninggal dunia sesuai PM 77 Tahun 2011.

Selain itu, pihak Lion Air juga melakukan pendampingan kepada keluarga. Beberapa manajemen Lion Air juga terus berada di posko Cawang, posko RS POLRI, Jakarta Timur dan Tanjung Priok, Jakarta Utara, guna memberikan dukungan moril.

"Lion Air tetap melakukan pendampingan kepada keluarga (family assistant) pada setiap posko JT-610," ucap Danang.

2. Baru 1 Bagian Black Box Yang Diangkat

Setelah lama mencari, black box pesawat Lion Air yang terjatuh di perairan Tanjung Karawang akhirnya ditemukan. Black box tersebut berhasil diangkat ke permukaan oleh tim penyelam.

Meski begitu, black box yang berhasil diangkat baru satu bagian saja. Seperti diketahui, ada 2 bagian dari black box, yaitu Flight Data Recorder dan Cockpit Voice Recorder.

"Black box ada dua, FDR (flight data recorder) sama CVR (cockpit voice recorder), satu merekam pembicaraan, satu merekam perjalanan dari pesawat. Satu sudah ditemukan, sehingga diharapkan satu lagi ditemukan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Kemenhub, Jakarta, Kamis (1/11) seperti dilansir Liputan 6.

 

3. Confidential

Dirinya menambahkan jika informasi apapun yang berada di dalam black box tersebut, pastinya bersifat rahasia. Black box tersebut akan dianalisa untuk mengetahui apa penyebab kecelakaan tersebut.

"Perlu diketahui, info yang ada dalam black box itu confidential," kata Budi.

Black box tersebut ditemukan oleh penyelam dari TNI AL bernama Sertu Hendra. Saat ditemukan, posisi kotak berwarna oranye tersebut tidak berada di dalam badan pesawat Lion Air.

Liputan6.com Visual Stories: Misteri Jatuhnya Pesawat Lion Air JT-610

(kpl/lip/frs)


REKOMENDASI
TRENDING