SELEBRITI

Bicara Soal 17 Agustus, Enda Ungu Punya Kenangan Manis Semasa Kecil

Jum'at, 17 Agustus 2018 13:25 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Enda Ungu © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - 17 Agustus merupakan tanggal bersejarah bagi Republik Indonesia. Pasalnya, pada 17 Agustus 1945, Presiden Soekarno memproklamirkan kemerdekaan Republik Indonesia. Mulai dari situ, setiap 17 Agustus diperingati sebagai hari kemerdekaan Indonesia dengan upacara bendera dan juga berbagai perlombaan.

Bicara soal 17 Agustus, gitaris Ungu, Enda ternyata memiliki banyak kenangan manis sejak kecil. Di bangku SMP, Enda selalu terpilih menjadi salah saru pengerek bendera saat upacara hari kemerdekaan di Sekolah meskipun sebenarnya ia ingin sekali menjadi pemimpin upacara.

"Sebenernya 17 Agustus tuh selalu melekat di pala gua karena gua selalu jadi pengerek bendera apapun itu selama upacara pasti jadi pengerek bendera, padahal pengennya jadi pemimpin tapi gak pernah kepilih," ungkap Enda Ungu saat ditemui di Musica Studio, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (16/8).

1. Mimpi Jadi Tentara

Selain itu, Enda juga mengaku saat berusia 5 tahun, ia selalu antusias jika ikut kakeknya yang merupakan tentara melakukan upacara bendera. Pasalnya, saat itu dirinya bermimpi menjadi seorang tentara. Ia ingin melihat lebih dekat sosok tentara lebih dekat saat upacara bendera.

"Sama gua inget dulu waktu umur 5 tahun kan kakek gua masih bertugas, kebetulan kakek gua komandan kodim tuh, nah gua selalu ikut dia upacara. Jujur gua sangat mengagumi tentara, karena cita-cita dari kecil pengen jadi tentara dan selalu dari kecil pengen ikutan upacara, karena pengen liat tentara pake seragam lengkap," tutur Enda bercerita.

 

2. Tak Ikuti Perlombaan

Selain upacara bendera, pada saat 17 Agustus juga digelar berbagai jenis perlombaan, seperti makan kerupuk, balap karung, panjat pinang, dan sebagainya. Kegiatan ini pun menjadi daya tarik bagi anak-anak kecil. Namun, hal ini tak dirasakan Enda saat dirinya kecil. Kegemarannya bermain musik membuat dirinya hampir tidak pernah mengikuti lomba 17 Agustus melainkan dirinya selalu diminta untuk tampil bermain musik.

"Gue jarang sih ikut lomba karena sejak kecil udah ngeband ya. Jadi kalau 17an pasti disuruh ngeband bukan ikut lomba," kata Enda.

3. Kemerdekaan Harus Dirayakan

Setiap tahunnya pun perayaan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan banyak cara. Bagi Enda, hal tersebut sangat baik untuk mengekspresikan kecintaannya terhadap Indonesia. Ia pun berharap, perayaan kemerdekaan Indonesia harus selalu digelar karena 17 Agustus merupakan moment bersejarah bagi Indonesia.

"Hari kemerdekaan itu harus tetep dirayakan, harus tetep diinget, karena momentumnya itu yang harus kita jaga," harap Enda.


REKOMENDASI
TRENDING