Boy Hamzah: Tindak Tegas Otak di Balik Pembukaan Lahan

Senin, 17 Maret 2014 08:21 Penulis: Darmadi Sasongko
Boy Hamzah: Tindak Tegas Otak di Balik Pembukaan Lahan Boy Hamzah © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Bencana asap di Riau yang diakibatkan pembukaan lahan sekarang ini bukan kali pertama terjadi. Artis Boy Hamzah mengklaim, bencana itu sudah menjadi langganan karena terjadi di luar musim kemarau, tepatnya saat pembukaan lahan baru.

Boy ingin ada tindakan tegas pemerintah untuk menangani kejadian ini. "Di sini nggak ada ketegasan dari Pemda kepada pemilik atau perusahaan yang melakukan pembakaran lahan," katanya, Jumat (14/3).

Ia pun membandingkan dengan wilayah lain yang juga membuka lahan secara profesional. "Bandingkan dengan Kalimantan, Sulawesi dan daerah lain yang berbuat sama. Di sana lebih profesional walau di sana juga di ada titik panas," sambungnya kepada KapanLagi.com.

Boy Hamzah © KapanLagi.comBoy Hamzah © KapanLagi.com

Namun demikian Boy gembira karena bencana asap ini mendapat perhatian presiden secara langsung. Selama ini tidak ada tindakan dari pemerintah setempat. "RI 1 akhirnya turun. Itu sudah bagus. Daripada Pemda tak bertindak tegas," katanya.

"Lucunya, gubernur bilang serahkan pada Tuhan. Mestinya diambil tindakan tegas pada para pemilik yang kebanyakan asing. Jangan cuma dibom dari pesawat. Itu hanya menghabiskan anggaran. Lebih baik dicegah," jelas pria yang anggota keluarganya jadi korban asap di Riau ini.

(kpl/dis/dar)


REKOMENDASI
TRENDING