SELEBRITI

Dilaporkan ke Polisi Karena Singgung Marga Prilly Latunconsina, Rina Nose Minta Maaf

Selasa, 19 Mei 2020 12:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Rina Nose dan Prilly Latuconsina © KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Rina Nose terkejut ketika ia mendapatkan teguran lantaran bercanda dengan Andre Taulany mengenai nama Prilly Latuconsina. Dalam sebuah tayangan televisi, Andre memberi tebakan kepada Rina mengenai artis yang suka diundang, dan jawabannya adalah Prilly Latukondangan.

Ternyata, Rina tidak tahu bahwa Latuconsina adalah nama marga. Ia bahkan sempat mengira bahwa nama belakang Prilly masih ada tambahan lagi.

"Iya saya juga kaget pas tahu ada teguran soal ini, di luar dugaan dan pengetahuan saya. Karena saya sama sekali nggak tahu kalau Latuconsina itu nama marga. Karena satu-satunya nama Latuconsina yang saya tahu itu ya cuma Prilly Latuconsina. Malah saya kira nama belakang Prilly Latuconsina itu nama bule indo gitu. Jadi murni dari ketidaktahuan saya, dan kami berdua (Andre Taulany)," ujar Rina ketika dihubungi via WhatsApp, Senin, (18/5).

1. Keluarga Prilly Sudah Memaafkan

Rina pun menegaskan bahwa ia tidak dengan sengaja melecehkan nama marga atau suku. "Sama sekali tidak ada niat atau kesengajaan untuk melecehkan atau menghina. Apalagi kalau tahu itu adalah sebuah nama marga atau suku, jelas saya tidak mungkin melakukannya," terang Rina.

"Kali ini saya benar-benar terkejut dengan kemarahan pemilik marga Latuconsina. Karena selama ini saya sendiri termasuk orang yang sangat concern menolak apabila dalam sebuah komedi terdapat unsur menghina, merendahkan seseorang, apalagi menyangkut suatu daerah atau suku yang lebih luas. Gaya komedi dengan ledekan fisik aja udah lama saya buang, mengingat itu tidak pantas. Bahkan lelucon dengan mengolok-olok kehidupan artis aja sangat saya hindari. Saya termasuk yang sangat hati-hati dan penuh rasa tanggung jawab setiap kali bicara atau melontarkan humor di hadapan publik," lanjutnya.


2. Kaget

Dari kasus ini, Rina kemudian belajar mengenai nama-nama marga dari Maluku. Ia tak mau lagi salah memplesetkan nama seperti yang baru saja terjadi.

"Makanya saya kaget banget ada peristiwa ini. Saya langsung cari tahu tentang sejarah nama Latuconsina di Indonesia. Sejarah nama-nama marga di Maluku. Apakah ada nama-nama tertentu yang mungkin pernah saya plesetkan tanpa mengetahui asal usulnya," tulis Rina.


3. Rina Nose Minta Maaf

Rina sendiri sudah meminta maaf secara langsung kepada Prilly dan keluarganya mengenai insiden ini. Ia bersyukur karena keluarga Prilly sangat bijaksana dan memberinya maaf.

"Saya berterima kasih dan sangat menghargainya. Bahkan permintaan maaf saya juga sudah diteruskan oleh keluarga Prilly ke pihak-pihak yang merasa tersinggung. Untuk itu saya ucapkan terima kasih banyak kepada Prilly dan keluarga," tulisnya.

Rina juga akan meminta maaf kepada seluruh pemilik marga Latuconsina dan masyarakat Ambon dan Maluku. "Saat ini saya juga sedang menyusun narasi untuk membuat video permintaan maaf secara langsung. Dan kepada seluruh masyarakat yang bersangkutan, khusunya masyarakat Ambon/Maluku, pemilik nama marga tersebut, saya, kami sangat menyesal dan mohon maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian ini. Saya sangat mengerti dan memahami kekecewaan itu. Saya pun pasti akan merasakan hal yang sama jika ada di posisi seperti kalian semua. Ini keteledoran kami dengan segala keterbatasan pengetahuan," tutupnya.

 

(kpl/abs/phi)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING