SELEBRITI

Dinyatakan Bersalah Atas Kasus Ujaran Kebencian, Ahmad Dhani Dihukum 1 Tahun 6 Bulan

Senin, 28 Januari 2019 16:47 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

Ahmad Dhani ©KapanLagi.com/Deki Prayoga

Kapanlagi.com - Rasa optimis Ahmad Dhani sebelum vonis kasus ujaran kebencian ditetapkan oleh majelis hakim pupus. Dalam sidang yang berlangsung hari ini, Senin (28/1) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Ahmad Dhani dinyatakan bersalah.

Atas kesalahannya, Dhani dijatuhi hukuman penjara selama 1 tahun 6 bulan. Dhani pun diminta untuk memusnahkan semua bukti atas kasus ujaran kebencian yang sidangnya sudah berlangsung selama beberapa bulan ini.

"Mengadili. 1. Menyatakan terdakwa saudara Dhani Ahmad Prasteyo alias Ahmad Dhani terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyuruh melakukan, menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antar golongan. Menjatuhkan pidana Dhani Ahmad Prasteyo alias Ahmad Dhani dengan pidana penjara selama 1 tahun dan 6 bulan, menerintahkan terdakwa ditahan, menerapkan barang bukti untuk dimusnahkan," demikian bunyi putusan dari hakim.

1. Tanggapan Pihak Ahmad Dhani

Keputusan dari majelis hakim ini langsung ditanggapi oleh kuasa hukum Ahmad Dhani. Ketika ditemui usai sidang, Hendarsam Marantoko, pengacara Dhani menyebut bahwa putusan hakim adalah sebuah balas dendam.

"Ini merupakan keputusan balas dendam. Dalam arti, sebelumnya Ahok dilakukan penahanan. Kedua, kami melihatnya, kami berharap majelis hakim untuk menguraikan. Hakim tidak menjelaskan. Yang kami sangat kecewa, tidak ada dasar hukum secara akademis yang mana," ujar Hendarsam.

Lebih lanjut, Hendarsam pun menyatakan bahwa dalam kasus ini ada dua korban. "Dari sana ada Ahok, dan dari pihak sini Ahmad Dhani," lanjutnya.


2. Tidak Adil

Sementara itu, pengacara Dhani yang lain, Aldwin Rahadian menyebut bahwa keputusan ini tidak adil. Menurutnya, tidak ada pihak yang secara spesifik jadi korban dalam ujaran kebencian yang dituduhkan kepada Ahmad Dhani.

"Majelis hakim tidak menjelaskan sama sekali ujaran kebencian itu terhadap siapa. Majelis hakim tidak menjelaskan secara spesifik. Keputusan ini rasanya tidak adil. Sekali lagi saya kelaskan, majelis hakim tidak menjelaskan ujaran kebencian Ahmad Dhani itu untuk siapa," tukasnya.

(kpl/apt/phi)


REKOMENDASI
TRENDING