Diperiksa Sebagai Saksi, Zaskia Gotik Ditodong 17 Pertanyaan

Rabu, 30 Maret 2016 20:15 Penulis: Risang Sudrajad
Diperiksa Sebagai Saksi, Zaskia Gotik Ditodong 17 Pertanyaan Zaskia Gotik © Kapanlagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Penyidikan kasus Bebek Nungging yang menyeret nama Zaskia Gotik sampai saat ini masih terus berjalan. Pedangdut 25 tahun itu pun baru saja memenuhi pangilan penyidik untuk diperiksa sebagai saksi.

Eddie Ribut selaku kuasa hukum Zaskia Gotik mengungkapkan bila terdapat dugaan tindakan pidana pasal 54 A UUD 24 tahun 2009. Sampai saat ini, Zaskia Gotik masih berstatus sebagai saksi.

"Saya jelaskan, Neng Zaskia Gotik melakukan pemeriksaan sebagai saksi dalam perkara adanya dugaan tindak pidana pasal 54 A UUD 24 tahun 2009. Sementara ini, penyelidikan sudah cukup menurut Polda. Panggilan nantinya akan disampaikan secara resmi. Persoalan ini, Neng tidak akan berbicara mengenai pertanyaan-pertanyaan yang bersifat normatif lagi. Selaku kuasa hukum dari Nagaswara, saya bicara proses penyelidikan dan sebatas subtansi saja," ujar Eddie Ribut saat ditemui di Polda Metro Jaya, Rabu (30/3).

Zaskia Gotik diperiksa sebagai saksi © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoZaskia Gotik diperiksa sebagai saksi © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Ada 17 pertanyaan dari penyidik. Nantinya, penyidik pula yang akan menentukan apakah ada unsur delik serta unsur perbuatan pidana terhadap lambang negara di kasus Zaskia Gotik ini.

"Ada dua pertanyaan esensi pokok, mengenai tanggal kemerdekaan dan lambang sila ke-5. Saya jelaskan, pertanyaan yang diajukan host memang secara disengaja dijawab dengan menghibur, karena dia sebagai talent yang tampil di acara musik dan menghibur. Tapi tegas perbuatannya benar tapi tidak ada itikad menghina atau melecehkan lambang negara," kata Eddie.

"Terkait masalah Bebek Nungging, itu adalah jawaban Zaskia secara serta spontanitas dijawab. Memang tidak ada briefing, meski pertanyaan ringan bagi masyarakat, bagi Neng itu pertanyaan berat, dan dia spontanitas menjawab dengan brandnya, yakni Bebek Nungging. Dan Bebek Nungging itu adalah brandnya Zaskia Gotik yang sudah di hak patenkan dan sudah ada lagunya berjudul Bebek Ngambang sejak tahun 2012," tambahnya.

Surat Zaskia Gotik untuk Presiden Jokowi © Kapanlagi.com®/Agus ApriyantoSurat Zaskia Gotik untuk Presiden Jokowi © Kapanlagi.com®/Agus Apriyanto

Eddie juga menambahkan bila Zaskia Gotik sama sekali tak bermaksud untuk menghina lambang negara. Semua yang dilakukan murni hanya spontanitasnya saja.

"Neng tidak bermaksud menghina lambang negara, kalau dilihat pasal 54 huruf A, kan tertulis 'Barang siapa, mencoret, menulis, merusak lambang negara, tapi dalam acara itu, Zaskia menulis Bebek Nungging, tidak ada maksud menodai lambang negara melainkan sifatnya spontanitas. Jadi tidak ada itikad buruk menghina lambang negara," tutur Eddie.

Seolah ingin segera menyelesaikan masalah, Zaskia Gotik pun akhirnya memohon maaf kepada Presiden Jokowi terkait masalah ini. Berikut petikan permohonan Zaskia Gotik kepada beliau.

'Assalamualaikum, Kepada Bapak Jokowi saya Zaskia Gotik warga negara Indonesia, saya mau meminta maaf sebesar-besarnya menjawab lambang negara yang kurang sopan. Saya tidak ada niat sedikit pun untuk menghina atau melecehkan. Saya mohon keadilan untuk saya sebagai warga negara Indonesia yang meminta maaf, atas ketidakmampuan saya dan keterbatasan saya. Hormat Saya, Zaskia Gotik'.

(kpl/hen/abl)

Editor:

Risang Sudrajad


REKOMENDASI
TRENDING