SELEBRITI

Fakta & Perkembangan Kasus Nunung, Tutupi Kecanduan Selama 20 Tahun?

Senin, 22 Juli 2019 12:39 Penulis: Rezka Aulia

Perkembangan kasus narkoba Nunung. © KapanLagi - PMJ

Kapanlagi.com - Nunung Srimulat masih terus menjalani pemeriksaan setelah ditangkap pada Jumat (19/7). Komedian ini mengungkat fakta dan alasan mengapa ia mengonsumsi sabu-sabu. Tri Retno Prayudati alias Nunung ditangkap bersama suaminya di kediaman mereka di kawasan Tebet, Jakarta Selatan.

Penangkapan wanita kelahiran Surakarta ini berawal dari laporan dan kecurigaan masyarakan sekitar. Saat dilakukan penangkapan, Nunung tertangkap tangan baru melakukan transaksi dengan penjualnya. Barang bukti yang diamankan antara lain sabu seberat 0.36 gr serta alat hisap, bong, empat ponsel dan sejumlah uang tunai.

"Hasil interogasi Nunung dan suami, sabu dibeli dari Hady alias Tabu seharga Rp 1,3 juta per gram," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Jumat, 19 Juli 2019.

KapanLagi telah merangkum beberapa fakta dan perkembangan kasus narkoba yang dialami Nunung.

1. Perubahan Keterangan 5 Bulan Jadi 10 Tahun

Pada awalnya Nunung mengaku baru mengonsumsi sabu selama 5 bulan. Mendompleng stamina jadi alasan Nunung berurusan dengan barang haram ini. Namun setelah menjalani pemeriksaan intensif, terbuka fakta baru bahwa Nunung sudah 20 tahun terjerumus ke lembah narkoba.

"Nunung mengakui menggunakan sabu sudah sejak 20 tahun yang lalu. Bahkan suami Juli sekitar 24 tahun yang lalu," kata Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Minggu, 21 Juli 2019.

2. Pakai Narkoba Setiap Pagi

Calvijn juga mengungkap kebiasaan Nunung dalam mengonsumsi narkoba. Komedian ini memakai sabu setiap pagi hari.

"Kerap kali selalu menggunakan pagi hari sebelum beraktivitas," ucap Calvijn.

Nunung telah aktif berkesenian sejak tahun 1986, awalnya ia dikenal bersama grup Srimulat. Namun namanya melejit setelah membintangi sinetron Si Doel Anak Sekolahan di tahun 90-an. Bila mengaku telah memakai narkoba selama 20 tahun bisa jadi Nunung sudah mengenal barang haram ini sejak terjun ke dunia sinetron/

3. Ajak Suami Pakai Narkoba

Nunung bahkan kerap mengajak suaminya untuk mengonsumsi sabu bersama.

"Komedian Nunung aktif memesan narkoba. Juga mengajak suaminya dengan berbagai alasan," kata Calvijn.

Iyan Sambiran merupakan suami keempat Nunung, keduanya resmi menikah di tahun 2012. Dari pernikahan ini Nunung tak memiliki keturunan, namun ia telah memiliki empat anak dari pernikahan sebelumnya. 

4. Kurir Langganan Nunung

Kasubdit 1 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Jean Calvijn Simanjuntak menjelaskan, selama kurun waktu Maret 2019 hingga Juli 2019, Nunung sudah lima kali membeli sabu melalui seorang kurir bernama Hadi Moheriyanto alias Tabu.

Pemesanan terakhir adalah pada Jumat lalu saat polisi menggerebek Nunung tengah mengonsumsi sabu bersama suaminya.

"Pada saat itu, Hadi Moheriyanto sudah menyerahkan sabu sebanyak 2 gram kepada tersangka Nunung," kata Jean Calvijn Simanjuntak di Polda Metro Jaya, Minggu (21/7/2019).

Polisi mendapati uang Rp 3,7 juta saat menangkap Hadi Moheriyanto. Uang itu diberikan oleh Nunung.

5. Transaksi Narkoba Pakai Kode

Untuk menutupi transaksi narkoba yang dilakukan, Nunung menggunakan kode. Ia menggunakan istilah perhiasan saat minta barang haram itu diantar ke rumahnya. Kode perhiasan ini telah disepakati dengan kurir narkoba yang jadi langganan selama 5 bulan ini.

"Jika bertemu dengan tetangga sekitar rumah dan ada pertanyaan, bisa disampaikan bahwa saya (Hadi Moheriyanto, sang kurir) mengantarkan perhiasan. Dan itu pun sudah diakui keduanya di dalam BAP," ujar Calvijn di Polda Metro Jaya, Minggu (21/7/2019).

Calvijn mengatakan, Nunung aktif memesan sabu ke Hadi. Modusnya pun selalu sama.

"Tersangka Hadi Moheriyanto menyerahkan langsung ke rumah tersangka Nunung di Tebet, kemudian dengan pembayaran secara cash," katanya.

 

6. Anak Tak Tau Nunung Pemakai?

Di tempat terpisah, Bagus Permadi, anak Nunung sempat memberi pernyataan pers. Didampingi beberapa rekan Nunung seperti Tarsan, pria bertato ini menangis di hadapan awak media. 

"Saya sangat sedih dengar berita ini. Saya nggak tahu apa-apa tentang kejadian ini. Saya masih kaget, kaget sekali, tidak tahu akan terjadi seperti ini. Dan saya juga baru sampai di Jakarta tadi pagi, saya habis dari Solo. Begitu denger kabar, malam saya balik naik kereta, baru tadi pagi sampai Jakarta," ujar Bagus saat menggelar jumpa pers di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7/2019).

Bagus tinggal serumah dengan Nunung namun tak menyadari gelagat ibunya. Bila benar Nunung telah mengonsumsi narkoba selama 20 tahun, berarti Nunung menyimpan rapi rahasia gelapnya.

7. Dukungan Sesama Pelawak, Siapkan Pengacara

Tiga pemain Srimulat yakni Polo, Tessy dan Tarzan baru saja menggelar jumpa pers didampingi Siswandi selaku Ketua Umum Gerakan Peduli Anti Narkoba (GPAN). Mereka menyatakan keinginan membantu proses hukum Nunung dengan menyiapkan kuasa hukum.

"Kita mau membantu Mbak Nunung dari upaya hukum, jadi kita dari GPAN sudah siapkan lawyer. Saya harapkan penyidik berlaku yang proporsional, mendudukan masalah ini pada porsinya," kata Siswandi ditemui di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan, Sabtu (20/7/2019).

 

Dengan pengembangan dari: Liputan6.com/Flora Maria/Nafisyul Qodar


REKOMENDASI
TRENDING