SELEBRITI

Garap Sistem Akustik Masjid, Vadi Akbar Keluarkan Semua Ilmunya

Jum'at, 08 Februari 2019 10:27 Penulis: Rezka Aulia

Vadi siapkan sistem akustik yang baik. © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Ilmu yang kita dapat harus digunakan untuk hal baik dan positif. Mungkin begitu ungkapan yang tepat disematkan ke penyanyi Vadi Akbar. Belum lama ini, adik kandung Vidi Aldiano itu menerapkan ilmu yang didapat selama ini dibidang elektro untuk penataan akustik sebuah masjid.

Setelah rampung, bersama ayahnya, Harry Kiss dan keluarga Johny Tanoto, Vadi turut serta meresmikan Masjid Al Karim yang terletak di Komplek Studio Kreatif Militer, di kawasan Kapuk Kamal, Jakarta Barat.

1. Perbaiki Sistem Akustik

"Selain tampak indah, masjid ini mempunyai rancangan akustik yang sangat baik, gaungnya diukur hanya 0.5 detik, sementara masjid-masjid lain rata-rata di atas 2.5 detik, malah ada yang diatas 6 detik, sehingga saat khatib ceramah tidak bisa dipahami, karena akustik yang buruk," ucap Vadi Akbar yang menggeluti dunia tata suara dan akustik.

Tidak hanya itu, dalam proses pembangunannya yang lain, Vadi dan keluarganya juga turut andil. Tentu saja hal tersebut agar siapa saja yang melakukan ibadah, merasa nyaman dan tentunya indah.

"Batu-batu tersebut berasal dari South Africa, Amerika, Jerman, Swiss, India, Nepal, Turki, China dan tentunya dari Indonesia," kata Vadi.

2. Terinspirasi Masjid di Uzbekistan

Sementara itu Harry Kiss menambahkan kalau masjid tersebut mengambil ide dari Masjid Imam Bukhori di Uzbekistan, yang juga dikenal sebagai Masjid Soekarno.

"Tadinya saya mempunyai niatan untuk membangun 80 masjid, tapi disarankan oleh Pak Laksamana Ade Supandi bangunlah 88 Masjid, alasan beliau, 8+8= 16, 1+6= 7, Tujuh= Pitu dalam Bahasa Jawa, nanti akan banyak Pitulungan-pitulungan (pertolongan) yang muncul' kata Pak Ade Supandi," tutup Harry Kiss.

 

 


REKOMENDASI
TRENDING