SELEBRITI

Hak Asuh Gala Sky Jadi Rebutan Keluarga Mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Gus Miftah Angkat Bicara

Selasa, 23 November 2021 21:05

Gus Miftah dan Naga di acara Kajian Omah Asa, Jakarta © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Soal anak mendiang Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, Galasky masih jadi perbincangan. Pasalnya kedua keluarga sama-sama mengajukan hak asuh atas Galasky pasca sepeninggalan kedua orangtuanya.

Oleh karena itu, Gus Miftah pun angkat bicara soal kabar tersebut. Menurutnya, dari pandangan hukum Islam, Gus Miftah menjelaskan bahwa orang yang pantas mengasuh Gala adalah orang terdekat.

"Orang yang paling dekat dengan si anak, entah itu mbahnya, siapanya, yang merupakan mufakat keluarga. Jangan sampai anak-anak jadi korban gara-gara hak asuh," ungkap Gus Miftah, usai kajian di Omah Asa, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, (23/11) Selasa sore.

1. Berharap Keluarga Tak Rebutan

Lelaki yang membimbing Deddy Corbuzier masuk Islam itu pun meminta kepada pihak keluarga untuk tidak memperebutkan hak asuh anak. Selain itu, Galasky sudah dianggap sebagai anak yatim jadi siapa pun boleh mengurusnya, namun semua keputusan diserahkan kepada keluarga besar.

"Siapa yang paling berhak untuk mengurusi anak ini itu adalah orang yang paling dekat dengan yang bersangkutan.  Jangan jadi rebutan, kalau bisa diurus bareng," ujarnya.

"Bahkan konteks anak yatim termasuk kita ini. Anak almarhumah Vanessa kita bantu. Tinggal dengan siapa itu keluarga yang bisa memutuskan yang terbaik untuk anak ini. Yang lebih dekat dan masih satu nasab. Mbahnya, kalau nggak mampu bisa kakak atau adiknya, yang paling berhak jadi wali kalau cewek, misalnya bapaknya nggak ada jadi pamannya yang berhak," Pungkasnya.

Diketahui polemik hak asuh Gala Sky Ardiansyah hingga saat ini masih terus berlanjut antara keluarga Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah. Ayah almarhum Bibi Ardiansyah, H. Faisal mengajukan hak asuh anak di Pengadilan Agama Jakarta Barat, sedangkan ayah almarhumah Vanessa Angel, Doddy Sudrajat mengajukan ke Pengadilan Agama Jakarta Pusat.

(kpl/irf/phi)


REKOMENDASI
TRENDING