Sederet Bintang Indonesia Yang Ternyata Merupakan Lulusan Pondok Pesantren

Selasa, 24 Oktober 2017 16:15 Penulis: Ahmat Effendi
Sederet Bintang Indonesia Yang Ternyata Merupakan Lulusan Pondok Pesantren Artis Indonesia dan Pesantren ©istimewa

Kapanlagi.com - Sejak tahun 2015 silam, setiap tanggal 22 Oktober ditetapkan sebagai Hari Santri Nasional. Ternyata hal ini berkaitan erat dengan sejarah yang pernah berlangsung di Indonesia. Terutama dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan melawan para penjajah yang dahulu sempat berniat datang kembali. 

Awalnya sekitar tahun 2014 silam Presiden Jokowi berniat mencanangkan tanggal 1 Muharram sebagai Hari Santri Nasional. Namun hal itu ia urungkan, dan keputusan penetapan Hari Santri ini dilakukan lewat pertemuan 13 Ormas Islam pada tanggal 22 April 2015 silam di Hotel Salak Bogor, Jawa Barat. 12 Dari 13 Ormas tersebut setuju Hari Santri ditetapkan pada tanggal 22 Oktober dan berlaku hingga sekarang.

Sejarah di Balik Hari Santri Nasional & Resolusi Jihad KH Hasyim Asyari

Pada masa-masa awal pasca kemerdekaan tahun 1945 silam, Indonesia menghadapi tantangan yang luar biasa. Saat itu tentara Sekutu hadir diboncengi oleh NICA (Netherlands Indies Civil Administration) berusaha menjajah kembali Indonesia.

Untuk merespon tindakan NICA, KH Hasyim Asy'ari dan ulama lain di Jawa dan Madura berkumpul di Surabaya pada 21- 22 Oktober 1945. Para ulama akhirnya mendeklarasikan perang mempertahankan kemerdekaan Indonesia sebagai perang jihad. 

Isi dari resolusi jihad pada pertemuan tersebut adalah menegaskan bahwa hukum membela tanah air adalah fardhu ain bagi setiap umat Islam di Indonesia. Selain itu dalam resolusi jihad juga ditegaskan setiap Muslim yang berada di radius 94 km dari pusat pertempuran wajib berperang melawan Belanda. 

Pasca resolusi jihad tersebut, para santri bahu membahu dengan pejuang di tanah air untuk mempertahankan kemerdekaan. Mereka turut bertempur melawan Belanda dan Sekutu hingga puncaknya dalam pertempuran hebat pada tanggal 10 November 1945, rakyat Indonesia berhasil memenangkan pertempuran yang berlangsung alot di Surabaya, sehingga hari tersebut ditetapkan sebagai Hari Pahlawan. 

Lepas dari peristiwa bersejarah tersebut, hingga saat ini pondok pesantren berkembang dengan cukup pesat di Indonesia. Bahkan menariknya sejumlah selebriti Indonesia ternyata merupakan lulusan dari ponpes. Lantas siapa saja sih mereka? Berikut di antaranya: 

1. Mohammad Abidzar Al-Ghifari

Abidzar bersama sang ibu yaitu Pipik Dian Irawati dan keluarga mereka. ©instagram.com/_ummipipik_Abidzar bersama sang ibu yaitu Pipik Dian Irawati dan keluarga mereka. ©instagram.com/_ummipipik_

Sosok Abidzar Al Ghifari selama ini lebih dikenal sebagai putra almarhum Ustaz Jeffry Al Buchori dari Umi Pipik Dian Irawati. Abidzar juga terjun ke dunia hiburan sebagai penyanyi, dan sebelumnya ia pernah jadi bagian dari boyband The Oncom's. 

Sementara untuk sekolah, pada bulan Juni 2017 silam Abidzar baru saja menyelesaikan pendidikan di pondok pesantren modern Insan Cendekia Madani. Pipik pun berharap apa yang didapat putranya tersebut menjadi hal yang positif di masa depan.

"Mau jadi siapapun yg terpenting sholeh ya mas... mau jadi pilot ya pilot yg sholeh.. mau jd aktor ya aktor yg sholeh... mau jd penyanyi ya penyanyi yg sholeh yg gak pernah ninggalin sholat 5 waktu.. ummi mendukung apapun yg akan kamu capai... sukses dunia akherat ya اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن #graduation#anaksholeh#hafidzquran#," tulis Pipik di instagram ketika putranya lulus.

2. Syakir Daulay

Syakir Daulay bersama Muhammad Alvin Faiz dan Muzzamil Hasballah. 姆nstagram.com/syakirdaulaySyakir Daulay bersama Muhammad Alvin Faiz dan Muzzamil Hasballah. 姆nstagram.com/syakirdaulay

Satu lagi sosok yang erat dengan pendidikan di pesantren yang cukup menyita perhatian ada sosok hafiz muda Syakir Daulay. Remaja kelahiran Bireuen, Aceh, 10 Januari 2002 tersebut saat ini dikenal juga lewat aktingnya di sinetron terbaru SCTV yaitu Anak Masjid. 

Syakir memiliki suara emas yang begitu merdu ketika melantunkan ayat-ayat suci Al Quran. Syakir bahkan pernah muncul dalam adzan menjelang berbuka yang tayang di Trans 7. Selain itu ia juga terlibat dalam program ceramah Da'i Cilik yang dulu tayang di Trans TV.

Kemampuan Syakir yang cukup luar biasa bagi anak-anak di usianya ini ternyata tak datang begitu saja. Ia menempuh pendidikan di Pesantren Tahfizh Daarul Quran di Tangerang yang merupakan ponpes dari Ustaz Yusuf Mansyur. Tak heran saat melakukan ceramah di depan audience, remaja ini memiliki kemiripan dengan sang Ustaz. 

3. Wali Band

Wali Band saat bersama Menpora mengunjungi Pondok Pesantren La Tansa. ©KapanLagi.comWali Band saat bersama Menpora mengunjungi Pondok Pesantren La Tansa. ©KapanLagi.com

Grup band Wali dikenal memiliki empat orang personel yaitu Faank, Apoy, Tomi dan Ovie. Menariknya keempatnya merupakan lulusan dari sejumlah pesantren yang ada di Indonesia. Sebagian dari personel Wali juga merupakan alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Faank dan Apoy sudah lama saling mengenal dan pernah mengenyam pendidikan di pondok pesantren modern La Tansa, Pandegelang, Banten. Sementara itu Tomi adalah lulusan pondok pesantren Al Fatah, Lampung, sedang Ovie merupakan alumni ponpes Al Hikmah Annajiyah Bogor.

Sebagai band, Wali kerap menghadirkan aura positif untuk penggemarnya. Mereka juga mampu menghadirkan karya-karya membumi yang begitu lekat dengan keseharian masyarakat. Tak hanya itu, para personel Wali yang merupakan lulusan Pondok Pesantren itu pun tak pernah terlibat sejumlah skandal negatif seperti misalnya terjerat narkoba.

4. Aura Kasih

Aura Kasih termasuk artis yang pernah belajar di pesantren. 姆nstagram.com/aurakasihAura Kasih termasuk artis yang pernah belajar di pesantren. 姆nstagram.com/aurakasih

Mungkin banyak yang tidak menyangka bahwa artis cantik Aura Kasih dulunya merupakan lulusan pesantren. Sejak masa SMA, pemilik nama asli Sanny Aura Syahrani ini telah hidup jauh dari orang tuanya. Kala itu ia tinggal di Tasikmalaya dan masuk pondok pesantren. 

"Hampir setiap hari sih (masak), aku dari kecil kalau Mamaku masak aku suka lihatin. Akhirnya karena tinggal sendirian kan di Jakarta, akhirnya kayak cobain masak deh. Aku soalnya dari SMA sudah tidak tinggal dengan orang tua. Aku di Tasik, ikut pesantren," tutur Aura Kasih suatu ketika sedang membintangi satu acara masak di televisi yang dipandu oleh Indra Herlambang.

Pengalaman sebagai santri ini tentu sangat jauh berbeda dengan hari-hari yang dijalani oleh Aura Kasih  di dunia hiburan. Selama in Aura Kasih lebih dikenal sebagai artis dengan image seksi. Namun pernah dalam satu wawancara ia menyebutkan suatu saat nanti ingin berjilbab jika sudah siap untuk konsisten

5. Almarhum Julia Perez

Foto Jupe saat di pesantren. @412uM_JPLiziousFoto Jupe saat di pesantren. @412uM_JPLizious

Sama seperti Aura Kasih, almarhum Jupe dulunya juga dikenal dengan image yang seksi. Namun sayang usia bintang tersebut tidak lah panjang karena Jupe meninggal dunia pada usia 36 tahun pada tanggal 10 Juni 2017 silam. 

Membahas tentang Jupe dan pesantren, pernah suatu ketika wanita cantik tersebut diketahui oleh publik belajar di ponpes karena foto lamanya yang beredar. Jupe menempuh pendidikan di Pesantren Al Ihya Insan Kamil di Bogor, Jawa Barat saat masih belia. 

"Itu di pesantren Al Ihya Bogor," jawab Jupe menjawab pertanyaan dari fans pada tahun 2014 silam ketika fotonya saat masih kecil dan berjilbab tersebar.

6. Andika Kangen Band

Andika Kangen Band pernah ikut pesantren singkat mengikuti jejak Sakti eks Sheila On 7. ©KapanLagi.com/Bayu HerdiantoAndika Kangen Band pernah ikut pesantren singkat mengikuti jejak Sakti eks Sheila On 7. ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kehidupan sebagai seorang artis cukup lah berat, ada kalanya mereka terjerat kontroversi yang datang silih berganti. Salah satu bintang yang erat dengan kontroversi adalah Andika Kangen Band. Apalagi terkait masalah dirinya dengan sejumlah wanita yang pernah dinikahi. 

Pada tahun 2012 silam misalnya, Andika sempat melepaskan diri dari media yang mengejarnya dengan memilih belajar di pesantren. Saat itu ia dikabarkan menikah dengan seorang model dan bakal bercerai dari sang istri. Saat itu Andika mengikuti jejak dari seniornya di dunia musik yaitu Sakti mantan personel Sheila On 7.

"Aku lagi di pondok pesantren ikut mas Sakti (mantan) Sheila On 7. Sudah hampir satu minggu. Sampai sekitar 1 bulanan, rencananya, " ujar Andika saat dihubungi wartawan lewat Blackberry messenger, Selasa (9/10/2012) silam.

7. Nikita Mirzani

Nikita Mirzani pernah tempuh pendidikan di pesantren. ©KapanLagi.comNikita Mirzani pernah tempuh pendidikan di pesantren. ©KapanLagi.com

Satu lagi artis yang tak disangka-sangka pernah belajar di pondok pesantren adalah Nikita Mirzani. Saat masih SMA ia pernah tinggal di pesantren selama 2 tahun. Kala itu Nikita mengaku dirinya masih sangat jauh dari image seksi dan nakal seperti saat ini. 

"SMA nggak bandel sama sekali, orang baru keluar dari pesantren gimana mau bandel? Penurut, anak manis dan masih diantar jemput sama orang tua. Pokoknya nggak gaul, nggak tahu apa-apa. Pulang sekolah di rumah terus," ucap Nikita Mirzani pada tahun 2016 silam.

Selain itu Nikita dikabarkan menempuh pendidikan tersebut di pondok pesantren Gontor. Selama ini Pondok Pesantren tersebut dikenal sebagai salah satu ponpes terbaik di Indonesia dan terletak di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Well, background seseorang memang ada kalanya mengejutkan. 

(kpl/sjw)

Editor:

Ahmat Effendi


REKOMENDASI
TRENDING