SELEBRITI

Heboh Aliando Syarief Akui Idap OCD, Prilly Latuconsina Ungkap Salut Karena Fakta Ini...

Senin, 31 Januari 2022 22:05

Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina pada tahun 2014 silam © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Beberapa hari lalu aktor Aliando Syarief mengeluarkan pernyataan mengejutkan saat live Instagram. Ia mengungkap fakta di balik alasan menarik diri dari peredaran selama dua tahun terakhir.

Aktor berusia 25 tahun itu mengaku mengidap OCD atau Obsessive Complusive Disorder. Di mana gangguan mental tersebut membuat pengidapnya merasa harus melakukan sesuatu dalam pola yang berulang.

"Saya kena OCD, makanya kenapa nggak keluar-keluar selama dua tahun. Dan maksudnya jangan sampai ada berita aneh-aneh juga. Yang akurat berita langsung dari akunnya Ali ini," kata Ali seperti dikutip oleh KapanLagi.com dalam siaran live-nya.

1. Salut Pengakuan Aliando

Pengakuan Aliando Syarief ditanggapi ungkapan salut oleh Prilly Latuconsina. Sebagaimana diketahui, Ali dan Prilly sempat dekat saat terlibat dalam proyek sinetron.

"Nggak mudah untuk menerima (kondisi) lalu speak up ke orang lain. Aku salut banget," kata Prilly ditemui di Plaza Senayan, Jakarta Pusat, Senin (31/1/2022).

2. Tak Mudah Mengaku

Rasa salut Prilly Latuconsina akan pengakuan Aliando Syrief karena dirinya juga ada di posisi tersebut. Sebagaimana diketahui, Prilly mengaku didiagnosa post traumatic stres disorder.

"Aku salut banget karena aku juga salah satu orang yang ngaku. Dan aku tahu itu nggak mudah," ungkap Prilly.

3. Jangan Mendiagnosa Seenaknya

Prilly Latuconsina mengatakan gangguan mental seperti itu tidak boleh didiagnosa oleh diri sendiri. Namun setelah melakukan pemeriksaan terhadap ahlinya.

"Jangan mendiahnosa diri sendiri dan mendianosa orang lain. Karena kalau kita bukan psikiater atau psikolog kita nggak punya hak bilang 'lo kayaknya ini deh', 'lo mood swing kayaknya bipolar deh'. Harus ke psikolog atau psikiater dulu," tuturnya.

4. Sulit Beraktivitas

Aliando Syarief secara mengejutkan mengumumkan dirinya mengalami gangguan mental Obsessive Compulsive Disorder (OCD). Karena gangguan yang dideritanya, Aliando sampai kesulitan menjalani aktivitas dan memutuskan untuk mundur dari sejumlah proyek pekerjaannya.

Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) adalah sejenis gangguan mental. Orang dengan OCD memiliki pikiran dan dorongan yang tidak dapat dikendalikan dan berulang (obsesi), serta perilaku (paksaan) kompulsif. Contoh perilaku kompulsif adalah mencuci tangan 7 kali setelah menyentuh sesuatu yang mungkin kotor (via halodoc.com).

5. OCD Sejak SD

Aktor yang namanya melejit lewat sinetron GANTENG-GANTENG SERIGALA ini menjelaskan bahwa dirinya sudah mengidap OCD sejak duduk di bangku sekolah dasar. Sempat sembuh, namun beberapa tahun belakangan dirinya harus kembali berurusan dengan gangguan tersebut.

"Dulu sudah pernah kelas 2 SD, tapi balik lagi umur 25 sekarang. Kelas 2 SD tuh sudah selesai. Habis itu kena OCD lagi baru 2019 akhir di 2020 kemarin," ujar Aliando, dikutip dari kanal YouTube Populer Seleb via Liputan6.com Jumat (28/1).

(kpl/abs/phi)


REKOMENDASI
TRENDING