Idris Sardi Sang MaestroIdris Sardi Diberi Pangkat Letkol Agar Bisa Bentak-Bentak Tentara

Kamis, 08 Mei 2014 13:31 Penulis: Darmadi Sasongko
Idris Sardi Diberi Pangkat Letkol Agar Bisa Bentak-Bentak Tentara Idris Sardi © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Oleh: Darmadi Sasongko

Tidak banyak yang tahu kalau musisi Idris Sardi seorang perwira ABRI (TNI) berpangkat Letnan Kolonel. Karena memang sejak awal dia tidak pernah berkarir sebagai tentara, kecuali menggembleng ratusan prajurit di Satuan Musik Militer (Satsikmil) yang hanya sekitar tiga tahun.

Pangkat Letkol, tepatnya Letnan Kolonel Corp Ajudan Jenderal Tituler (Letkol CAJ. Tit) diberikan sebagai pangkat kehormatan.

Buku berjudul Idris Sardi, Perjalanan Maestro Biola Indonesia karya budayawan dan politisi Fadli Zon, mengisahkan di balik seorang Idris Sardi mendapatkan pangkat tersebut.

Idris Sardi © KapanLagi.comIdris Sardi © KapanLagi.com

Pangkat itu diberikan untuk mempermudah Idris Sardi menjalankan tugasnya sebagai pelatih dan supervisi musik di lingkungan militer. Karena sulit bahkan tidak mungkin, seorang sipil memberikan komando atau perintah kepada satuan pasukan.

Para Jenderal di Mabes ABRI saat memutuskan menerima Idris Sardi sebagai supervisi di Satsikmil berpikir mencari cara agar Idris Sardi bisa menjalankan tugasnya tanpa masalah.

"Mas Idris melatih tentara. Tak bisa bentak-bentak tentara seenaknya kalau bukan dari tentara dan menjadi atasan mereka. Tentara tak akan respect. Makanya Mas Idris harus mendapatkan gelar kepangkatan. Mendapatkan Bintang. Tapi harus melalui proses pengangkatan yang diputuskan oleh Presiden," kata Idris menirukan Jenderal-Jenderal ketika itu.

Undang-undang memang memungkinkan Presiden memberikan kepangkatan kepada sipil atau orang yang tanpa menempuh pendidikan militer.

Letkol Idris Sardi (Gatra.com)Letkol Idris Sardi (Gatra.com)

Mayjend Tanribali Lamo, yang pernah menjabat sebagai Komandan Pusdik semasa Idris Sardi bertugas, mengungkapkan pertimbangan para Jenderal memberikan pangkat Letkol saat itu. Lamo, pada 2012 saat menjabat sebagai Dirjen Kesbangpol di Kementrian Dalam Negeri membuka cerita masa lalunya selama mendampingi Idris.

"Mas Idris kita berikan pangkat Tituler. Dalam Undang-undang hanya Tituler yang dimungkinkan. Karena Komandan Satuan Musik di Pusdik Ajen pangkatnya Mayor, maka Mas Idris kita berikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, supaya nanti bisa memberikan perintah. Jadi Mas Idris kita berikan pangkat Letkol Tituler," kata Tanribali Lamo.

(kpl/dar)


REKOMENDASI
TRENDING