Ini Rahasia Lokasi 'Dunia Terbalik' Dipadati Warga & Jadi Sumber Rezeki Pedagang

Jum'at, 01 September 2017 07:15 Penulis: Rahmi Safitri
Ini Rahasia Lokasi 'Dunia Terbalik' Dipadati Warga & Jadi Sumber Rezeki Pedagang Dunia Terbalik © Istimewa

Kapanlagi.com - Ditulis oleh: Nuzulur Rakhmah

Sejak ditayangkan di RCTI sejak 5 Januari 2017, sinetron Dunia Terbalik yang diproduksi oleh MNC Pictures itu sukses mencuri perhatian masyarakat dan berhasil merajai rating untuk seluruh program televisi Indonesia. Sinetron ini bercerita tentang para suami yang ditinggalkan istrinya bekerja sebagai TKW dan mau tak mau mereka harus mengurus anak dan urusan rumah tangga yang biasanya dikerjakan para wanita. Para suami yang biasa disebut 4 Sekawan, yakni Akum (Agus Kuncoro), Aceng (Sutan Simatupang), Idoy (Bambang Chandra Bayu) dan Dadang (Indra Birowo) itu pun mendadak menjadi idola baru.

Selain mereka, sinetron Dunia Terbalik juga dibintangi oleh Mieke Amalia (Ceu Yoyoh), Felicya Angelista (Tuti), Ryana Dea (Kokom), Syahnaz Sadiqah (Dokter Clara), Faby Marcelia (Cucu) dan masih banyak lagi dengan karakter-karakter yang unik. Cerita yang ringan, lucu dan dekat dengan kehidupan penonton serta tim yang solid itulah yang membuat sinetron ini menjadi tontonan favorit masyarakat karena memberi warna baru bagi sinetron Indonesia. Seperti yang diungkapkan para pemainnya, yakni Agus Kuncoro dan Mieke Amalia.

Agus Kuncoro foto bareng fans © KapanLagi.com®/Nuzulur RakhmahAgus Kuncoro foto bareng fans © KapanLagi.com®/Nuzulur Rakhmah

"Simple sih, ketika melakukan bersungguh-sungguh hasilnya sungguh-sungguh. Kalau untuk hasilnya yang baik, kita nggak tahu sebaik apa. Tapi yang jelas kalau semua tim produksinya baik, hasilnya insya allah baik. Membuat sesuatu harus bangga dengan apa yang kita buat. Gue bangga buat sesuatu. Dunia Terbalik, karakternya dekat dengan penonton, terima kasih untuk membuat sesuatu yang bermanfaat," ujar Agus Kuncoro.

"Kita bisa rating satu ini bukan hanya kehebatan kita semua, ini tim juga, yang bekerja tuh tim. Pasti penulis yang luar biasa yang nggak ada abis habisnya, menciptakan cerita yang nggak pernah sama setiap episode selalu beda-beda. Semua saling berhubungan," ungkap Mieke Amalia.

Kesuksean sinetron Dunia Terbalik rupanya tidak hanya dirasakan oleh para pemain dan para kru, tetapi juga band Wali yang lagunya dijadikan soundtrack sinetron tersebut. "Kita juga jadi ketibanan berkah, lagu kita dipakai soundtrack di sinetron tersebut. Pemain sinetronnya berkah, kita juga Alhamdulillah. Yang lucu kalau ke luar kota, orang-orang suka request lagu ini dong Dunia Terbalik. Padahal judul lagunya Ada Gajah Di Balik Batu," kata sang vokalis Faank.

Lokasi Syuting Seperti Tempat Wisata

Karena banyaknya warga yang penasaran bertemu dengan para pemainnya serta ingin melihat proses syuting, lokasi syuting yang terletak di Jl. Mandiri, Harjamukti, Cimanggis, Depok, Jawa Barat itu pun sudah seperti tempat wisata karena banyak pedagang yang berjualan mulai dari minuman, makanan bahkan ada fasilitas bermain untuk anak-anak. Terutama setiap hari Sabtu dan Minggu yang selalu ramai.

"Luar biasa sih. Setiap hari penuh. Apalagi kalau sudah (hari) Jumat, Sabtu, Minggu tuh sudah penuh banget. Padat banget. Kita nggak bisa lewat kadang-kadang. Iya jadi malah kayak tempat wisata. Haha. Wisata baru. Banyak yang jual apaan saja. Tapi sudah diatur sama unit jadi tertib, dagangan juga nggak boleh masuk ke basecamp karena mengganggu set. Kalau penonton nggak masalah. Kita enjoy saja," ujar Vivien, salah satu unit sinetron Dunia Terbalik.

Begini ramainya lokasi syuting Dunia Terbalik © KapanLagi.com®/Nuzulur RakhmahBegini ramainya lokasi syuting Dunia Terbalik © KapanLagi.com®/Nuzulur Rakhmah

Meski setiap harinya lokasi syuting selalu dipadati warga dan banyak yang berebut minta foto bareng para pemain, mereka tak pernah mengeluh karena sudah terbiasa. "Nggak ada masalah sih. Kalau penonton (banyak) minta foto itu yang kadang mengganggu. Pemain keluar mau take dikerubungin sama penonton. Tapi kan ada unit jadi sudah diatasi, terkendali lah, sudah biasa. Jadi seru saja lihat banyak penonton," papar Vivien.

"Aku senang banget setiap ada orang (penonton) yang datang ke lokasi Dunia Terbalik. Pernah parah banget (ramai) sampai nggak bisa lewat," ujar salah satu pemain, Felicya Angelista yang makin sukses karirnya setelah bermain sinetron Dunia Terbalik.

Kebanyakan warga yang datang adalah ibu-ibu beserta anak-anaknya. Menurut mereka ke lokasi syuting tersebut bisa menjadi alternatif tempat hiburan selain ingin bertemu dan foto bersama para pemain. "Buat hiburan saja. Suka saja sama sinetronnya. Pemainnya ramah-rumah, baik-baik. Ngefans sama Aceng," ujar Ibu Yanti dari Cilodong, Depok yang sudah beberapa kali datang ke lokasi syuting bersama anak-anaknya.

Tempat Mengais Rezeki Bagi Pedagang

Yang buka usaha dan berjualan di lokasi syuting Dunia Terbalik © KapanLagi.com®/Nuzulur RakhmahYang buka usaha dan berjualan di lokasi syuting Dunia Terbalik © KapanLagi.com®/Nuzulur Rakhmah

Banyaknya warga yang datang ke lokasi syuting, tempat tersebut pun menjadi ladang duit bagi beberapa penjual. Misalnya Ibu Erry yang kebetulan tinggal di dekat tempat lokasi syuting tersebut yang menjual merchandise baju bergambar Dunia Terbalik. Awalnya ia tak berniat berjualan, namun melihat banyaknya warga, ia tak ingin membuang kesempatan untuk mendapatkan rezeki.

"Dunia Terbalik itu berkah buat semuanya, buat pedagang, termasuk saya. Awalnya sih saya nggak niat jualan. Tapi pas saya keluar rumah, ini penonton banyak banget, motor saya nggak bisa keluar rumah. Wah ini ladang duit, kalau kita bisa manfaatin. Apa nih yang harus saya kerjain nih. Oh iya jual merchandise (baju Dunia Terbalik) yang belum ada," ujar Ibu Erry yang sudah memproduksi kurang lebih 270 baju.

Ibu Erry dan usaha kausnya © KapanLagi.com®/Nuzulur RakhmahIbu Erry dan usaha kausnya © KapanLagi.com®/Nuzulur Rakhmah

Bahkan Ibu Erry juga lah yang memproduksi baju Dunia Terbalik untuk dipakai para pedagang yang berjualan di lokasi syuting tersebut agar terlihat lebih rapi dan membedakan mana penjual dan pembeli. Berbeda lagi dengan penjual bakso bernama Pak Ikhsan yang mengaku mendapat penghasilan lebih setelah berjualan di lokasi syuting Dunia Terbalik.

"(Dagang bakso) dari awal mereka syuting. Saya di sana kalau Sabtu Minggu atau hari libur. Lumayan bisa tiga kali lipat. Sehari bisa 2,5 juta sama 3 juta dari jam 9 pagi sampai Maghrib. (Jualan di lokasi syuting) bayar lima ribu buat kebersihan," pungkas Pak Ikhsan.

Para pedagang memakai baju yang sama © KapanLagi.com®/Nuzulur RakhmahPara pedagang memakai baju yang sama © KapanLagi.com®/Nuzulur Rakhmah

(kpl/rhm/pit)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING