SELEBRITI

Jika Jadi Menteri, Tasya Kamila Ingin Buat Kebijakan Yang Sejahterakan Bangsa

Minggu, 09 September 2018 11:00 Penulis: Tyssa Madelina

Tasya Kamila © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Tasya Kamila memang tidak main-main dalam pendidikan maupun karirnya. Usai mendapat gelar magister di Columbia University, kini Tasya Kamila mulai bicara soal keinginannya untuk menjadi salah satu menteri di Indonesia. Diakui oleh Tasya, jika dirinya nanti jadi menteri, ia ingin membuat kebijakan-kebijakan yang bisa sejahterakan bangsa.

"Iya jadi aku dari dulu memang cita-citanya pengin jadi menteri. Soalnya kan aku udah jadi duta lingkungan terus banyak ketemu menteri, banyak bekerjasama dengan kementerian. Yang aku lihat kebijakan menteri tuh berhubungan langsung dengan hajad hidup orang banyak," ujar Tasya Kamila, saat ditemui di Epicentrum, Kuningan, Jaksel, Jumat (7/9).

"Aku juga pengin bisa berkontribusi di Indonesia dengan kebijakan yang lebih menyejahterakan bangsa lagi. Makanya aku juga S2 kemarin belajarnya tentang public administration atau analisis kebijakan publik," imbuhnya.

1. Ingin Terjun Langsung di Masyarakat

Tasya mengaku tak ada ambisi untuk jadi menteri tertentu. Menurutnya itu adalah kebijakan dari Presiden Jokowi sendiri. Yang ia lakukan sekarang adalah membuktikan bahwa ia mampu untuk melaksanakan tanggung jawab besar.

"Yang penting ilmu background aku accounting, habis itu aku banyak belajar soal lingkungan dan energi. Terserah deh nanti Presiden mau tempatkan aku dimana, Menteri Lingkungan dan Kehutanan atau bisa Menteri ESDM mungkin. Jadi Menteri Pemberdayaan Perempuan, kan aku juga perempuan. Terus Pemberdayaan Perempuan dan Anak kan aku juga sangat peduli dengan anak," ungkap Tasya.

"Aku juga banyak melakukan project di bidang energi atau lingkungan yang bekerjasama dengan Pemda dengan kementerian. Selain itu sebagai public figure aku memiliki kesempatan dan privilage untuk bisa kenal langsung dengan menteri dan bisa terinspirasi dari mereka," tegasnya.

2. Cita-Cita Dari Lama

Mantan penyanyi cilik Tasya Kamila berhasil membuktikan prestasinya di bidang pendidikan. Yap, wanita berusia 25 tahun tersebut baru saja menyelesaikan pendidikan S2-nya di Columbia University, Amerika. Ketika ditanya rencana selanjutnya, Tasya mengaku ingin mengabdi di Indonesia sebagai menteri.

"Sebenernya aku kan rada-rada terobsesi pengen jadi menteri, jadi yang penting kalau sekarang aku udah tahu dulu ilmunya karena di sekolah aku udah di trainee atau udah dilatih bagaimana caranya memformulasikan dan juga mengimplementasikan kebijakan gitu. Fokusnya aku sendiri memang di energi dan lingkungan," ujar Tasya Kamila, saat ditemui di kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (4/6).

3. Alasan Ingin Jadi Menteri

Keinginan Tasya untuk menjadi seorang menteri sendiri berawal dari sepak terjangnya di kementerian Tanah Air. Sebelumnya, ia pernah didaulat menjadi duta lingkungan dan duta konsumen Indonesia. Diakui oleh pelantun lagu Libur Telah Tiba ini, ia ingin ilmunya membawa manfaat bagi orang banyak.

"Aku terinspirasi awalnya karena aku jadi duta lingkungan, duta konsumen, aku banyak kerja sama dengan kementrian, banyak mendampingi bapak atau ibu menteri dan aku melihat betapa para menteri itu bisa membentuk arah kebijakan di Indonesia dan juga berpengaruh pada hajat hidup orang banyak. Aku pengen menjadi orang yang seperti itu. Semoga saja kesampean, semoga saja apa yang aku pelajari dan apa yang aku usahakan bisa bermanfaat juga buat bangsa dan negara ini," pungkasnya.


REKOMENDASI
TRENDING