SELEBRITI

Kahiyang Ayu Lulus S2 di IPB, Raih Predikat Cum Laude dengan IPK 3,90

Kamis, 26 September 2019 12:40 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Kahiyang Ayu © KapanLagi.com/Deki Prayoga

Kapanlagi.com - Sebuah kabar bahagia datang dari keluarga Presiden Indonesia, Joko Widodo. Pasalnya anak kedua Presiden yang lebih akrab disapa Jokowi ini telah menyelesaikan pendidikan S2-nya di Institut Pertanian Bogor (IPB). Kini, Kahiyang Ayu pun baru saja diwisuda.

Seperti yang dilansir dari merdeka.com, anak perempuan satu-satunya Jokowi dan Iriana ini berhasil merampungkan pendidikan S2 selama 23 bulan. Yang membanggakan, Kahiyang Ayu pun meraih nilai yang memuaskan. Ia memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,90.

Thesis yang Kahiyang susun yakni soal analisis daya saing di salah satu Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN). Perusahaan itu bergerak dalam bisnis tebu dan gula yang berada di Jawa Timur.

 

1. Kahiyang di Mata Dosen Pembimbing

Dr Arief Daryanto selaku dosen pembimbing pun merasa kagum dengan keseriusan Kahiyang, "Selama proses bimbingan thesis, ia termasuk mahasiswa yang tidak terlalu merepotkan. Ia memilih topik yang sangat relevan dengan portfolio program studinya".

Arief juga mengenal Kahiyang sebagai sosok yang miliki komitmen tinggi. Kahiyang pun selalu menyelesaikan tugasnya tepat waktu. Tak hanya itu, Arief juga mengungkap jika Kahiyang tak mau diistimewakan hanya karena anak Presiden.

"Kahiyang juga mudah bersosialisasi dengan berbagai pihak selama menempuh program pendidikan S2-nya. Sebagai anak Presiden ia tidak mau diistimewakan. Ia ingin tampil bersahaja seperti mahasiswa-mahasiswa lain di kampusnya," lanjutnya.

2. Pesan Dosen Untuk Kahiyang Ayu

Setelah menyelesaikan masa pendidikan, Arief selaku dosen pembimbing pun berikan pesan pada Kahiyang. Ya, agar ia terus belajar, apalagi mengingat pendidikan diperlukan sepanjang hayat.

"Karena manusia terus menerus harus dapat menyesuaikan diri supaya dapat tetap bersaing dan memiliki daya resiliensi yang tinggi di tengah lingkungan masyarakat yang selalu berubah," tutupnya.


REKOMENDASI
TRENDING