SELEBRITI

Kaleidoskop 2019: Kasus Hukum 3 Pedangdut yang Menghebohkan Publik

Selasa, 31 Desember 2019 21:21 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Kapanlagi

Kapanlagi.com - Sejumlah pedangdut tersangkut masalah hukum di sepanjang tahun 2019. Bahkan di antaranya harus meringkuk dalam penjara. Kasusnya beragam, mulai dari perseteruan yang berujung aksi saling lapor ke polisi, masalah narkotika, hingga kepleset lidah.

Kasus hukum para pedangdut tersebut tak luput dari sorotan media dan sempat menghebohkan publik. Siapa saja pedangdut tersebut? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Dewi Perssik dan Rosa Meldianti

Perseteruan antara dua pedangdut yang masih memiliki ikatan keluarga ini, sempat menyita perhatian khalayak. Tak hanya perang kata-kata hingga membuka aib masing-masing, keduanya bahkan sampai lapor ke polisi.

Konflik antara tante dan keponakan itu sebenarnya terjadi pada 2018. Namun terus bergulir hingga 2019. Dewi Perssik yang tak terima dihina dan dilecehkan Rosa Meldianti karena menyebut bagian tubuhnya KW atau tiruan, melaporkan keponakannya tersebut ke Polda Metro Jaya dengan dugaan pencemaran nama baik pada 5 November 2018.

Selang satu hari setelah dilaporkan, Meldi dan orang tuanya juga melaporkan balik Dewi Perssik dengan pasal yang sama. Laporan mereka sama-sama diproses kepolisian hingga keduanya ditetapkan sebagai tersangka. Pada 7 Juli 2019, kisruh keluarga tersebut, akhirnya berujung damai dengan saling mencabut laporan.

2. Ridho Rhoma

Kasus hukum Ridho Rhoma yang terjerat kasus penyalahgunaan narkotika kembali diungkit pada 2019. Mahkamah Agung (MA) mengabulkan kasasi Jaksa Penuntut Umum (JPU) dan memperberat hukuman bagi anak dari sang raja dangdut Rhoma Irama tersebut.

Sempat tak terima, Ridho yang dua kali mangkir dari panggilan Jaksa, akhirnya menerima putusan MA dan ia pun harus menjalani sisa masa hukumannya dengan meringkuk dalam penjara Rutan Salemba, Jakarta sejak 12 Juli 2019.

Ridho Rhoma yang ditangkap polisi karena kedapatan membawa narkoba jenis sabu pada 24 Maret 2017, sejatinya telah menghirup udara bebas sejak 25 Januari 2018 setelah mendapat vonis hukuman 10 bulan rehabilitasi. Namun JPU naik banding sampai akhirnya MA mengabulkan. MA menjatuhkan hukuman selama satu tahun enam bulan penjara kepada Ridho.

3. Fairuz A Rafiq

Galih Ginanjar harus merasakan getir dari perkataannya sendiri. Akibat kepleset lidah, ia harus berurusan dengan hukum. Sang mantan istri, Fairuz A Rafiq yang tak terima aibnya diungkap ke publik melaporkan Galih ke pihak berwajib, Juli 2019.

Bagi Fairuz, ucapan Galih dirasa tak pantas dengan mengungkap masa lalu dan menyebut-nyebut bau ikan asin. Pablo Benua dan Rey Utami sebagai pihak yang mengunggah video percakapan antara Galih dan Rey di saluran video berbagai pun ikut dilaporkan. Kasus yang dikenal sebagai kasus Ikan Asin tersebut kini sudah masuk meja hijau.

Galih, Rey, dan Fablo didakwa Jaksa Penuntut Umum dengan Pasal berlapis. Ketiga terdakwa dikenai pasal alternatif Tentang Asusila, Penghinaan, dan Pencemaran Nama Baik yang semuanya masuk dalam UU ITE.


REKOMENDASI
TRENDING