#KartiniDalamLelaki; Anpa Suha MUA Berbakat Yang Berkarya Dari Hati

Rabu, 09 Mei 2018 11:56 Penulis: Rezka Aulia
#KartiniDalamLelaki; Anpa Suha MUA Berbakat Yang Berkarya Dari Hati Anpa Suha telah jatuh cinta pada dunia kecantikan sejak dini. © instagram.com/anpasuha_official

Kapanlagi.com - Menjadi aktris, penyanyi, ataupun selebriti tak hanya membutuhkan talenta seni dan imej yang baik. Penampilan selebritis akan selalu dipantau oleh bidikan kamera jurnalis dan masyarakat. Para seleb selalu berusaha menampilkan citra diri yang baik melalui pemilihan penampilan yang sesuai dan pantas.

Dibalik usaha para seleb menjaga penampilan mereka, terdapat sosok-sosok berjasa yang memastikan tampilan mereka selalu on point. Mereka adalah penata rambut, fashion stylist, dan tentunya make up artist yang berjasa menyempurnakan penampilan para seleb.

Salah satu make up artist berbakat yang berjasa menyempurnakan penampilan para seleb adalah Anpa Suha. Pria ganteng yang sering mengenakan kacamata ini memang sosok penyempurna paras Syahrini, Krisdayanti, bahkan pada pernikahan cicit keluarga Cendana baru-baru ini.

Make up karya Anpa yang flawless dan rapi menjadi ciri khasnya. © instagram.com/anpasuha_officialMake up karya Anpa yang flawless dan rapi menjadi ciri khasnya. © instagram.com/anpasuha_official

Ternyata ketertarikan Anpa pada dunia kecantikan dimulai dari kekagumannya pada sang ibunda. Sosok ibunda Anpa yang gemar merias diri dengan cara seksama nan rapih membuat Anpa kecil semakin tertarik. Bahkan bakat alaminya telah mengalir sejak dini, di usia SD Anpa sudah mulai mencoba menggambar alis ibunya.

Anpa Suha mulai dikenal dan diperhitungkan sejak tangan dinginnya merias Vina Panduwinta untuk mini konsernya. Mulai dari situlah banyak pesohor lain yang mempercayakan penampilan mereka pada pria satu ini.

Tak pernah ada keraguan melintas di benak Anpa Suha ketika akan memulai karir profesionalnya. "Saya tidak pernah ragu sedikit pun untuk menjadi makeup artist, terbukti saat ini pekerjaan menjadi makeup artist sangat dihargai," tutur Anpa saat dihubungi oleh KapanLagi.com

Kemantapannya dalam memulai karir ini ternyata karena didukung oleh orangtua dan orang-irang terdekatnya. Berbekal restu orangtua dan bakat, Anpa masih mengalami pasang surut, namun ia selalu menyikapi rintangannya dengan positif.

"Tetapi yg namanya pekerjaan pasti ada pasang surutnya tetapi selagi kita bisa bertanggung jawab dan mencintai pekerjaan tersebut tidak akan menjadi masalah besar," jawab Anpa bijaksana.

Anpa Suha bersama Anne Avantie dan Tinuk Riefki. © instagram.com/anpasuha_officialAnpa Suha bersama Anne Avantie dan Tinuk Riefki. © instagram.com/anpasuha_official

Berkat berkarya dengan cinta dan profesionalisme inilah kini Anpa bisa bekerja dengan para legenda kecantikan Indonesia. Sebut saja Anne Avantie sang maestro kebaya kontemporer dan perias pengantin legendaris Tinuk Riefki. Anpa kini melayani klien-klien yang sebelumnya ia idolakan dan hanya bisa ia lihat melalui layar kaca.

Meskipun Anpa berkarir di dunia yang lekat dengan perempuan, ia tak pernah merasa tertekan atau terhakimi karena stigma masyarakat. Menurutnya, tak perlu ada pandangan negatif tentang hal ini, karena sejak dahulu kala telah banyak MUA, Koki, maupun penjahit laki-laki.

"Sebenernya bukan hal baru pria menjadi MUA, dari puluhan tahun yang lalu pun sudah banyak nah saat ini justru para wanita lebih banyak lagi yg pinter dan berani untuk terjun ke dunia MUA. Bukan masalah gender tetapi bagaimana kita mempunyai tekad dan tidak malas untuk menggali potensi diri," tegas Anpa.

Anpa Suha bersama muse yang juga ia idolakan, Krisdayanti. © instagram.com/anpasuha_officialAnpa Suha bersama muse yang juga ia idolakan, Krisdayanti. © instagram.com/anpasuha_official

Anpa Suha kini memang telah menjalani karir impiannya sebagai make up artist profesional. Kini dirinya juga berbagi ilmu dengan membuka kelas workshop makeup di berbagai kota hingga ke luar negeri. Melalui kelas ini Anpa membagikan tips and trick membuat riasan wajah yang flawless khas Anpa.

Banyak artis yang telah menjadi langanan Anpa, salah satunya Krisdayanti. Bekerja sama dengan Krisdayanti sendiri menjadi salah satu impian yang terwujud. Pasalnya Anpa mengaku dirinya memang sangat ingin merias wajah diva pop Indonesia satu ini.

Anpa Suha juga menjadi salah satu make up artis di acara pernikahan beauty vlogger ternama Tasya Farasya. Ia bertugas mendandani Tasya pada malam hena, Anpa membuat Tasya terlihat seperti Queen of the Jungle. Pada akad nikah, ia bertugas mempercantik ibunda Tasya, Ala Alatas.

Anpa Suha yang menjadikan Tasya Farasya Queen of The Jungle pada malam hena. © instagram.com/anpasuha_officialAnpa Suha yang menjadikan Tasya Farasya Queen of The Jungle pada malam hena. © instagram.com/anpasuha_official

KLovers ingin didandani oleh Anpa? Pria ini pun secara terang-terangan menyebutkan range harga yang ia patok untuk jasanya tersebut. "Untuk klien biasa atau selebriti start dari 2,5 juta untuk acara party, untuk commercial di atas 8 juta dan untuk wedding make-up start dari 15 juta - 30 juta tergantung lokasinya, jika di luar Jakarta maka harganya akan lebih mahal," ungkapnya.

Perjalanan karir yang telah dilakoni selama 15 tahun ini menjadikan skill makeupnya terasah dengan baik. Anpa memiliki pesan untuk KLovers yang ingin memulai karir di bidang make up artist nih!

"Wanita indonesia maju terus, untuk era globalisasi saat ini wanita harus mandiri tidak boleh manja, harus bisa segalanya. Apalagi saat ini MUA wanita sudah banyak sekali dibanding dulu berarti saat ini memang wanita semakin banyak yang ingin berkarya," pungkas Anpa.

(kpl/rna/rna)

Reporter:

Rezka Aulia


REKOMENDASI
TRENDING