Kenalan Yuk Sama Erich Al Amin, Sosok Stylist di Balik Busana-Busana Unik Nindy

Selasa, 31 Oktober 2017 17:44 Penulis: Subi Akto
Kenalan Yuk Sama Erich Al Amin, Sosok Stylist di Balik Busana-Busana Unik Nindy Nindy & Erich Al Amin. / © via instagram.com/erichalamin/nindyparasadyharsono

Kapanlagi.com - Bukan hanya dari talenta dan juga karya mereka, selebriti juga dinilai oleh publik dari penampilan mereka. Maka dari itu tak heran jika para artis kini berlomba hadir dalam berbagai kesempatan dengan look yang menarik. Segala elemen mulai dari rambut, rias wajah, busana hingga aksesoris yang dikenakan pun selalu diperhatikan oleh mereka.

Di balik penampilan mempesona dari para artis memang terdapat beberapa sosok pekerja seni yang menuangkan talenta mereka. Mulai dari make-up artis, penata rambut hingga stylist merupakan orang-orang yang berjasa dalam gaya kece dari para seleb. Dengan talenta mereka, para artis mampu menghadirkan penampilan yang mampu menarik perhatian.

Penyanyi cantik Nindy merupakan selebiri yang dikenal dengan gaya uniknya. /©instagram.com/erichalaminPenyanyi cantik Nindy merupakan selebiri yang dikenal dengan gaya uniknya. /©instagram.com/erichalamin

Belakangan ini selebriti tanah air memang sudah aware dengan dunia mode. Dalam berbagai event, terutama saat berada di atas karpet merah, mereka kerap hadir dengan perpaduan busana dan make-up yang apik. Belum lagi barang-barang mewah dari brand terkenal yang sering menghiasi penampilan mereka.

Namun, ada pula artis yang lebih suka tampil dengan gaya ciri khas dan unik. Salah satunya ada penyanyi cantik Nindy yang belum lama ini ramai diperbincangkan oleh publik karena mengenakan piyama saat hadiri sebuah acara ultah anak artis. Dengan persetujuan Nindy pula, ternyata perpaduan busana dan aksesoris yang dikenakannya kala itu adalah pemikiran dari stylist pribadinya yakni Erich Al Amin. Yuk kenalan lebih jauh dengan sosok pria yang satu ini!

Cerita Awal Perjalanan Karir Erich Menjadi Stylist Selebriti

Erich Al Amin ternyata merupakan sosok di balik busana-busana unik yang kerap dikenakan oleh Nindy. Selain itu, ia juga kerap bekerjasama dengan selebriti lainnya seperti Raisa, Luna Maya, Titi Kamal dan masih banyak lagi. Saat dihubungi oleh tim KapanLagi.com, Erich sempat menceritakan awal karirnya menjadi seorang stylist.

"Sebelum saya menjadi seorang celebrity stylist, saya bekerja sebagai wardrobe di salah satu stasiun televisi selama hampir 2,5 tahun. Karena sudah jenuh dan ingin berkembang lagi, saya memutuskan untuk resign. Kebetulan sahabat saya penyanyi Nindy saat itu juga ingin comeback ke dunia tarik suara. Dia mengeluarkan album keduanya dan meminta saya untuk menjadi personal stylist-nya," jelas Erich.

Erich Al Amin, sosok stylist di balik busana unik Nindy. /©instagram.com/erichalaminErich Al Amin, sosok stylist di balik busana unik Nindy. /©instagram.com/erichalamin

Masih banyak memang yang belum begitu paham mengenai apa saja tugas dan hal yang dikerjakan oleh seorang stylist. Pada kesempatan kali ini Erich pun sempat menjelaskan singkat tentang pekerjaan sehari-harinya.

"Celebrity Stylist bertugas menentukan busana atau tampilan selebriti tersebut. Dari ujung rambut sampai ujung kaki. Rambutnya mau diapain, makeup-nya gimana, konsep penampilannya kayak apa, pakai sepatu apa, aksesorisnya apa, itu semua fashion stylist yang ngatur," ungkapnya.

Erich sendiri memang merupakan stylist pribadi dari Nindy. Pelantun lagu Ku Benci Kau Dengan Cintaku itu ternyata merupakan sahabat Erich dari semasa duduk di bangku kuliah dan juga merupakan selebriti pertama yang menjadi klien-nya.

Keuntungan Yang Diterima Erich Bekerja Dengan Selebriti

Bukan hanya Nindy, Erich memang bekerjasama dengan beberapa selebriti tanah air. Pada kesempatan kali ini, ia juga sempat bercerita tentang karakter berbusana beberapa artis yang ia tangani. Ternyata setiap selebriti memiliki keinginan yang cukup spesifik untuk penampilan mereka.

"Semuanya favorit. Karena karakter dan kesukaan mereka berbeda-beda. Nindy lebih berani dan percaya diri untuk pakai tipe baju apa aja asal masih cantik dan elegan. Kalau Luna Maya lebih tomboy. Dia suka pakai celana. Kalau Raisa, Ririn Ekawati, Titi Kamal tangan wajib tertutup. Ayu Dewi dan Astrid suka baju yang unik dan out of the box," tutur Erich.

Selain Nindy, Erich juga bekerjasama dengan banyak selebriti tanah air. /©instagram.com/nindyparasadyharsonoSelain Nindy, Erich juga bekerjasama dengan banyak selebriti tanah air. /©instagram.com/nindyparasadyharsono

Menjadi seorang stylist yang menangani kebutuhan penampilan artis ternyata memberikan cukup banyak keuntungan bagi Erich. Selain tentu bisa bekerja dalam bidang yang diminati, pria ini sering mendapat akses untuk menghadiri berbagai event dan juga mengenal banyak orang baru di dalam dunia panggung hiburan.

"Sedikit banyak aku jadi tau ritme pekerjaan selebriti itu seperti apa. Aku juga jadi banyak kenal orang-orang berbakat dan hebat seperti manager artis, makeup artist dan lain-lain. Kalau ada acara-acara award atau konser aku dapat akses untuk berada di belakang panggung dan itu seru banget," jelasnya.

Inspirasi Memilih Busana Selebriti dan Desainer Favorit

Dunia mode memang tak akan berjalan tanpa karya-karya indah hasil kerja keras tangan desainer. Ragam busana yang mereka hasilkan tersebut bisa dianggap sebagai tolak ukur perjalanan fashion. Erich pun sempat menyebutkan beberapa desainer yang menjadi favorit-nya.

"Designer Indonesia aku suka Rinda Salmun, Ivan Gunawan, Danny Satriadi, Billy Tjong, Dini Irawati, Hunting Fields, Stella Rissa dan masih banyak lagi. Aku juga suka sama designer-designer lulusan sekolah mode seperti sekolah Esmod atau Lasalle. Karena design mereka unik dan sangat tidak biasa dan tidak banyak quantity-nya jadi berasa eksklusif," ujarnya.

Biasanya para selebriti tanah air hadir dengan busana atau aksesoris yang datang dari rumah mode dengan harga selangit. Meski begitu, ternyata Erich mengungkapkan kalau tak ada request brand tertentu dari artis. Kecuali kalau memang ada kerjasama atau hadiri acara tertentu.

"Nggak ada sih, kebanyakan dari mereka ngikut aku saja. Percaya saja sama yang aku pilihkan. Paling kalau seleb tersebut punya brand seperti Luna Maya yang punya Luna Habit ya sesekali minta dipilihkan dari situ," jelas Erich.

Erich bercerita soal pengalaman bekerjas dengan selebriti. /©instagram.com/erichalaminErich bercerita soal pengalaman bekerjas dengan selebriti. /©instagram.com/erichalamin

"Atau jika seleb itu di endorse oleh suatu brand, ya mau gak mau aku harus pilih dari brand itu. Tapi itu jarang sekali. Paling kalo brand tersebut pas lagi ada event aja. Kayak waktu itu ada event Alexander Mc Queen dan Luna diundang, jadi ya aku pilih bajunya dari brand itu," sambungnya.

Setiap harinya tentunya Erich harus memikirkan ragam pilihan busana dan aksesoris yang dikenakan oleh para selebriti. Untuk masalah inspirasi memilih busana, nampaknya Erich mendapatkan dari karakter masing-masing kliennya. Meski begitu ia juga ingin mereka bisa eksplorasi dalam berbusana.

"Menurut aku setiap perempuan itu harus multi karakter. Harus punya sisi fun dan sassy. Tapi di sisi lain mereka juga harus bisa terlihat serius dan elegan. Karena hidup terlalu sebentar buat bergaya monoton. Jadi ya sebagai perempuan kita jangan takut untuk keluar dari comfort zone dan mengeksplor gaya berbusana. Kalau di luar negeri muse aku itu Rihanna, Diane Kruger, Olivia Culpo dan Victoria Beckham," kata Erich.

Penampilan Unik Nindy Dari Memakai Piyama Sampai Tas Mie Instan

Penyanyi cantik Nindy merupakan salah satu klien utama dari Erich. Berbagai busana dan aksesoris yang dikenakan olehnya merupakan hasil pemikiran dari Erich. Sama halnya dengan busana piyama dan juga tas mie instan yang dipakai oleh Nindy. Karena hal tersebut pula keduanya jadi sorotan.

"Nindy itu penurut sekali. Dia selalu percaya setiap apa saja yang aku pilihkan. Kasarnya, kalau aku bawa cuma 1 baju tanpa ada pilihan baju lain, pasti akan tetap dia pakai. Dia sepenuhnya menyerahkan kepada aku untuk tampilannya. Jadi dia pasrah mau aku pakein apa aja. Yang penting nyaman. Nyaman Dalam artian, bajunya tidak ketat dan seronok. Jadi ya selama ini busana unik Nindy itu memang aku yang memilihkan. Dan setiap aku kasih tau Nindy pakai busana-busana itu, Nindy setuju-setuju saja. Sesekali dia gak pede bilang "serius gue pakai ini?" tapi aku selalu kasih alasan dan memotivasi dia untuk percaya diri dan at the end tetap dia pakai," jelasnya.

Penampilan kece Nindy dengan busana dan aksesoris unik. /©instagram.com/nindyparasadyharsonoPenampilan kece Nindy dengan busana dan aksesoris unik. /©instagram.com/nindyparasadyharsono

Bukan hanya piyama dan tas mie instan, banyak busana-busana unik yang disediakan oleh Erich untuk nantinya dikenakan oleh Nindy. Erich pun sempat menyebutkan satu gaya dari Nindy yang menjadi kesukaannya. Kira-kira yang mana ya?

"Piyama kali ya. Karena nggak nyangka reaksi netizen akan sebesar itu. Soalnya pas aku pilih baju piyama ya di otak aku cuma karena cocok aja print dan warnanya dengan dress code acara itu. Bahannya juga nyaman banget. Nggak ada niatan buat cari sensasi atau biar diomongin. Aku pikirnya karena di luar negeri udah hits dari lama, ya seharusnya di Indonesia akan baik2 aja tidak menimbulkan pro dan kontra." sebutnya.

Look dengan busana piyama ini Nindy ini jadi favorit Erich. /©instagram.com/nindyparasadyharsonoLook dengan busana piyama ini Nindy ini jadi favorit Erich. /©instagram.com/nindyparasadyharsono

Banyak yang memuji, namun tak sedikit pula yang berikan kritikan kepada penampilan unik Nindy. Meski begitu Erich mengaku senang karena ia merasa bisa membuat publik tanah air lebih aware dengan dunia fashion.

"Seneng sih jadinya secara tidak langsung aku memberikan edukasi gaya berbusana ke netizen. Biar netizen lebih melek fashion dan referensi mereka lebih banyak lagi. Oh ternyata baju piyama memang sedang hits, oh ternyata ada designer tas Indomie goreng lucu banget. Gitu gitu maksudnya," tutur Erich.

Keuntungan & Hambatan Yang Dirasakan Erich Dengan Gaya Unik Nindy

Penampilan unik dari ragam busana yang dikenakan oleh Nindy mendapatkan reaksi yang beragam dari netizen. Hal tersebut pun memberikan efek positif dan negatif bagi Erich. Meski banyak yang beri kritikan, tak sedikit pula yang semakin penasaran dengan penampilan Nindy berikutnya.

"Keuntungan dan hambatan sih, keuntungannya ya Nindy dianggap sebagai salah satu selebriti yang fashionable dan berani bergaya unik. Jadi mulai sekarang apapun yang Nindy pakai pasti akan dilihat dan dinilai oleh netizen. Walaupun pakai baju dengan cuttingan biasa pun sekarang netizen menganggap Nindy bagus dipakein apa aja," ujarnya.

"Hambatannya ya berarti aku harus explore lagi gaya busana Nindy. Karena standar-nya dia udah 'beda'. Netizen pasti menunggu-nunggu lagi gaya unik yang lain," sambung Erich.

Penampilan unik Nindy menimbulkan keuntungan dan hambatan bagi Erich. /©instagram.com/nindyparasadyharsonoPenampilan unik Nindy menimbulkan keuntungan dan hambatan bagi Erich. /©instagram.com/nindyparasadyharsono

Dalam memikirkan dan memilih busana untuk seorang selebriti, Erich memperhatikan dua aspek yang dirasa penting. Pertama adalah keinginan klien, kedua adalah sisi estetis yang sesuai dengan visual yang dipikirkan oleh Erich.

"Keduanya aku pikirkan (permintaan klien dan estetis) karena gimanapun kenyamanan mereka yang paling utama. Kalau mereka gak nyaman akan kelihatan dari muka mereka. Ujung-ujungnya mereka gak percaya diri dan itu akan ngaruh ke perform mereka," tuturnya.

"Ya kayak Nindy kan bajunya menurut netizen aneh-aneh, tapi menurut aku biasa saja. Sebelum Nindy pakai pun aku tanya 'berani gak pakai ini?'. Ke artis lain pun juga begitu. Keputusan akhir tetap ada di artis dia mau pakai yang mana. Makanya aku kalau bawa baju nggak cuma 1. Aku kasih pilihan sampai maksimal 3-5 looks," pungkas Erich.

Selain itu, Erich juga menyebutkan nama satu selebriti yang ingin ia ajak untuk bisa bekerjasama. "Agnez Mo dong!" sebutnya.

Erich Al Amin, sosok stylist selebriti dengan fashion sense yang kece dan unik. /©instagram.com/erichalaminErich Al Amin, sosok stylist selebriti dengan fashion sense yang kece dan unik. /©instagram.com/erichalamin

Sosok stylist memang menjadi orang yang penting dalam penampilan mempesona seorang selebriti. Meski begitu bukan berarti para artis tak bisa memilih busananya sendiri. Hanya saja dengan bantuan stylist, penampilan mereka akan menjadi lebih berwarna.

Kehadiran sosok seperti Erich ini pun mampu membantu para artis untuk memudahkan pekerjaan mereka. Para stylist pun kerap memperkenalkan gaya-gaya unik dan yang sedang trend lewat selebriti yang menjadi klien mereka. Kira-kira kalian berminat tidak menjadi seorang stylist selebriti?

(kpl/ssm)

Editor:

Subi Akto


REKOMENDASI
TRENDING