Kisah Sukses Mario, Dari Asisten Artis Kini Jadi Manajer Tajir

Selasa, 08 September 2015 18:15 Penulis: Ahmat Effendi
Kisah Sukses Mario, Dari Asisten Artis Kini Jadi Manajer Tajir Mario ©KapanLagi.com/Dedi Rahmadi
Kapanlagi.com - Mario atau biasa disapa Markoneng alias Oneng senang dengan pencapaiannya selama ini sebagai seorang personal manajer. Terhitung ada 11 orang yang berkecimpung di dunia entertain dimanajeri oleh Oneng. Namun dia mengaku, hasilnya selama ini bukan diraih secara instan.

"Awalnya tahun 2000. Sebenarnya sebelum tahun 2000 sudah kenal beberapa artis, jadi asisten artis, tahun 1999. Sejak tahun 2000 naik jabatan, ngurusin artis dari Elma Theana, Ira Riswana, Rency Milano. Kemudian tahun 2005, diajak Arzetti Bilbina bantuin urusin artis dari nol di Zema Manajemen. Mulai dari urusan baju hingga kontrak si artis dipercaya sama Mbak Zetti," ujar Oneng kepada KapanLagi.com di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Oneng lantas menggeluti dunia manajer di manajemen Arzetty hingga tahun 2011. Selama enam tahun berkecimung di bisnis tersebut, Oneng akhirnya memutuskan untuk keluar dari Zema dan menjadi personal manajer. Akhirnya Julia Perez (Jupe), Bagus Akbar, Fardhan, Fendy Chou, Ririn Ekawati, Rini Yulianti dan Temmy Rahadi serta Indra Bruggman ada di deretan teratas artis yang dimanajerinya.

Mario atau Oneng sukses meniti karir dari asisten hingga jadi manajer sukses. ©KapanLagi.com/Dedi RahmadiMario atau Oneng sukses meniti karir dari asisten hingga jadi manajer sukses. ©KapanLagi.com/Dedi Rahmadi

"Kenal sama Jupe udah lama, dari nemenin casting sana sini, Jupe dari nol banget. Lepas dari Mbak Zetty di tahun 2011, akhirnya cuma ngurus Bagus Akbar. Alhamdulillah, ada artis lainnya. Sekarang udah ada 11 artis, ada juga yang masih mau masuk ke saya. Mereka yang minta dan tapi kan harus diklop kan sistem kita," jelas dia.

Oneng menuturkan memanjeri 11 orang tidak gampang, karena sifat dan perilaku berbeda satu sama lain. Untuk menyiasatinya, Oneng memperlakukan ke 11 artisnya layaknya keluarga dan harus berbesar hati serta mempertebal kesabaran. Dia mengaku sering menjadi pelampiasan mood buruk dari artis-artisnya.

"Pernah saya ngalamin, moodnya dia lagi nggak enak, saya yang kena. Ya nggak apa-apa, mending saya yang kena daripada orang lain atau kliennya yang kena. Pernah anak-anak saya berantem, kalau dekat saya mampirin, pas saya sampai, terus berantemnya udahan. Yang penting manajer keliatan," ungkap Oneng.

Setelah selama ini menjadi seorang manajer artis, berapa hasil dari pekerjaan yang digelutinya?

"Alhamdulillah, punya rumah lunas, mobil lunas dan apartemen nyicil serta invest yang lain," kata Oneng sambil tertawa.

(kpl/ded/sjw)

Reporter:

Dedi Rahmadi


REKOMENDASI
TRENDING