SELEBRITI

Kondisi Terakhir Mendiang Ibunda Irwansyah, Tinggalkan Wasiat Pada Keluarga Sebelum Koma

Rabu, 04 Agustus 2021 14:38

Ibunda Irwansyah meninggal dunia © instagram/irwansyah_15

Kapanlagi.com - Belum pulih setelah kehilangan sosok ayah beberapa waktu lalu, Irwansyah kembali berduka dengan meninggalnya sang ibunda. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu (4/8), Herliana sempat tersadar mengalami koma di tengah perjuangannya melawan Covid-19.

Ibunda Irwansyahsempat dirawat di rumah sakit di penghujung hidupnya. Meski sudah memakai ventilator dan mengonsumsi berbagai macam obat-obatan paling mutakhir saat ini, saturasi sang bunda terus merosot hingga di bawah 50%.

Dokter yang menangani mengatakan bahwa kondisi Herliana tergolong berat di mana obat-obatan yang masuk sudah tak diterima oleh tubuh. Hal ini tentu membuat Irwansyah semakin terpukul, mengingat sakitnya sang bunda tak berselang lama dari kepergian ayahnya.

Mengalami cobaan bertubi-tubi, Irwansyah yang biasanya selalu berusaha untuk tegar di hadapan keluarga tak kuasa membendung kesedihannya. Zaskia Sungkarmengungkapkan bahwa suaminya terus-terusan menangis sambil terus mengusahakan yang terbaik untuk Herliana.

"Aku ngadepin Irwan beberapa hari yang lalu ya, itu setiap hari bener-bener setiap 5 menit sekali Irwan tuh nangis, karena memang dari dokter mereka by datakan, berat lah, mama tuh berat banget," ungkap Zaskia Sungkar, melansir dari kanal YouTube The Sungkars Family.

1. Tinggalkan Wasiat Terakhir

Kekalutan Irwansyah dan keluarga semakin menjadi lantaran sang bunda menitipkan wasiat terakhirnya sebelum jatuh koma. Meski keluarga mengupayakan segala cara agar sang bunda bisa sehat kembali, ternyata Herliana berpesan agar tidak menggunakan alat bantu medis jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Nanti kalau misalnya mama gimana-gimana mama gamau ya dipaksain pakai alat-alat lah apa segala macem," kenang Zaskia Sungkar.

Dengan berat hati dan berbagai pertimbangan, Irwansyah dan kedua adiknya sepakat untuk mewujudkan keinginan sang bunda. Asupan obat-obatan pun perlahan dihentikan meski ventilator tetap terpasang di tubuh sang bunda.

Anak-anak Herliana pun sempat meminta maaf kepada sang bunda melalui video call. Dikatakan bahwa Herliana tetap mendengar apa yang diucapkan anak-anaknya meski sedang dalam keadaan koma.

 

2. Sempat Bangun Saat Dengar Bacaan Al-Quran

Dengan kondisi Herliana yang semakin memburuk karena tidak menerima asupan obat, Irwansyah hanya bisa berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Namun, di saat itu lah sempat terjadi sebuah keajaiban di mana Herliana sempat tersadar bahkan bisa mengangkat tangannya.

Keajaiban tersebut terjadi saat perawat menyetelkan murotal titipan Irwansyah dan Zaskia Sungkar untuk Herliana yang sedang terbaring koma. Tak lama setelah mendengarkan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran, Herliana membuka kedua matanya, mengangkat tangan dan menitipkan pesan kepada perawat.

"Mama melek, mama cuma ngomong sama perawatnya, minta jangan dimatiin murotal-nya," kata Zaskia Sungkar.

"Dia angkat tangan di video tuh nunjukin bahwasanya aku masih idup, gitu, gue masih berjuang, dan mama minta anaknya juga berjuang," sambung Irwansyah.

 


REKOMENDASI
TRENDING